Waktu pertama kali muncul aplikasi BBM Messanger dengan menggunakan custom PIN saya tertarik untuk coba membeli fitur tersebut di Google Playstore dengan menggunakan pulsa dari IM3 Indosat. Setelah pakai beberapa bulan, ternyata saya baru tau bahwa custom PIN BBM hanya dapat dipergunakan bagi mereka yang sudah update BBM ke versi yang terbaru saja!

Itu berarti bagi pengguna Black Berry “yang lama”, atau bagi mereka yang tidak update BBM ke versi yang terbaru. Tidak bisa melakukan invite ke mereka yang menggunakan custom PIN! Jadi ga efektif banget dong. Mendingan pakai pin BBM bawaan aja klo gitu. Singkat cerita, pada bulan berikutnya saya sengaja tidak isi pulsa di hari renewal custom PIN BBM.

Saya pikir, karena pada bulan itu saya tidak bayar. Di bulan berikutnya saya sudah tidak lagi subscribe fitur custom PIN BBM ini. Dan ternyata sampailah SMS yang berbunyi: “Subscription payment to BBM Custom PIN for Rp. 19800.00 per month collected. Cancel? myaccount.bango.net. Help? www.bbm.com.” Pas cek pulsa langsung terpotong.

Sebagai informasi tambahan, tiap kali Anda beli aplikasi android dengan pulsa. Maka perhitungannya itu ditambah 15% pajak. Nah itu bulan pertama saya mendapatkan sms tagihan untuk aplikasi Android. Bulan berikutnya juga sama, di tanggal yang sama mendapatkan sms tagihan, hingga bulan ke tiga. Alhasil pulsa yang kesedot mungkin kisaran Rp. 68.310. Dengan perhitungan (19800+15%)*3.

Kecil si ya angkanya? Betul ya. Tapi saya tida pernah tau berapa orang yang sama, pengguna aplikasi Playstore, yang menggunakan pulsa untuk membeli aplikasi di sana, yang tidak tahu bagaimana cara memberhentikan penyedotan pulsa oleh pihak Indosat.

Lapor ke Customer Care sudah, tetapi ya begitu. Ga menyelesaikan masalah, pulsa tetap tidak bisa dibalik, dan mereka bilang sudah menghubungi saya dua kali ke nomor saya. Tetapi tidak di angkat, dan itu juga saya bingung kapan nelponnya. Adakah dari pembaca blog The Target yang mengalami hal yang sama? Sharing yuk!

Update: Ketika saya menelpon CS, dari pihak indosat menyatakan mereka tidak bisa melakukan pengecekan terhadap aplikasi yang kita beli melalui Google Playstore. Mereka hanya menjadi jembatan penghubung antara pengguna indosat dengan pihak ketiga. Jadi klo Anda mau benar-benar memastikan bahwa custom PIN BBM Anda benar-benar sudah di unsubscribe Anda harus melaporkannya ke pihak Bingo.Net.