Hemat internal storage dengan menghapus cache pada smartphone merupakah salah satu cara untuk menghemat ruang penyimpanan yang berkaitan dengan sistem operasi Android.

Apakah Anda termasuk pengguna aktif dari aplikasi-aplikasi seperti instagram, youtube, soundcloud? Coba deh misalnya abis buka Youtube, nonton berbagai video di sana.

Karena saking banyaknya video yang ditonton, terus tiba-tiba muncul notif di ponsel pintar Anda bahwa ada aplikasi tertentu yang sudah available untuk update.

Tetapi ketika proses update selesai. Anda mendapatkan pesan error yang mengatakan ruang penyimpanan pada internal storage penuh. Gimana jengkel ga? Hehe.

Udah download pake kuota, pas install ternyata gagal. Untuk menghindari hal tersebut. Kita memerlukan aplikasi untuk menghapus cache. Misalnya dengan menggunakan Clean Master. Anda dapat download pada halaman berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleanmaster.mguard&hl=in

Penggunaannya cukup mudah, apabila Anda ingin menghapus cache maka yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengklik tombol riwayat. Dan aplikasi akan melakukan scanning ke aplikasi-aplikasi yang memiliki cache yang besar. Selanjutnya tinggal klik tombol hapus.

Oh ya, perlu diingat juga apabila Anda install aplikasi Quran, jika tidak hati-hati. Audio yang sudah cape-cape Anda download bisa juga dihapus oleh Clean Master. Oleh karena itu, gunakan except atau pengecualian terhadap aplikasi Quran. Settingan bisa Anda lakukan ketika proses scanning yang dilakukan Clean Master berhasil.