Apakah Anda termasuk dari pengguna Antivirus bajakan? Saya harap Anda membaca artikel berikut ini jika jawabannya iya. Tahukah Anda beberapa perusahaan keamanan yang menyediakan layanan antivirus berbayar tidak akan memberikan hak akses update kepada antivirus mereka yang menggunakan serial number bajakan?

Jika Anda berpikir komputer yang dipergunakan saat ini aman dari virus atau spyware dengan menggunakan antivirus bajakan, cobalah untuk berpikir dua kali. Mengapa demikian? Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda perlu berhenti untuk menggunakan antivirus bajakan:

1. Antivirus Bajakan Tidak Bisa Memperbaharui Database Virusnya

Bahaya menggunakan antivirus bajakan

Bahaya menggunakan antivirus bajakan Photo Credit: p_c_w via Compfight cc

Ya, memang ketika Anda menggunakan Antivirus dengan serial number atau crack, Anda dapat menggunakan beberapa fitur pro secara cuma-cuma. Namun yang perlu Anda sadari bahwa Antivirus yang menggunakan SN atau telah di-crack.

Jarang yang bisa update database virus terbaru. Kalau seperti ini ya sama saja Antivirus Anda tidak dapat mengenali jenis varian virus terbaru dong? Apa masih bisa kena virus? Ya, tentu saja. Virus baru yang tidak dikenal di database Antivirus tetap bisa mengeksploitasi komputer Anda.

2. Pakai Antivirus Bajakan Tidak Bisa Update Kemampuan Antivirus ke Versi yang Terbaharui

Software Antivirus juga perlu diperharui Photo Credit: Yi Shiang via Compfight cc

Software Antivirus juga perlu diperharui Photo Credit: Yi Shiang via Compfight cc

Fakta berikutnya adalah software Antivirus manapun perlu diperbaharui ke versi yang lebih sempurna. Karena mengingat tidak ada yang seratus persen aman di dunia virtual.

Well, kalau Anda menggunakan antivirus bajakan maka software tersebut bisa dibilang out-of-date alias jadul. Bisa si diperbaharui ke versi yang terbaru namun kemungkinan besar serial number atau program patch tidak akan berjalan.

3. Banyak Jebakan Terselubung jika Anda Pakai Antivirus Bajakan!

Waspadai Jebakan Tikus Bro! Photo Credit: Nathan O'Nions via Compfight cc

Waspadai Jebakan Tikus Bro! Photo Credit: Nathan O’Nions via Compfight cc

Sering berkunjung ke website atau situs yang menyediakan software crack? Tempat-tempat semacam itu bisa dibilang sarangnya virus buat menyebar dengan cepat. Banyak website yang menyediakan antivirus beserta serial number atau crack atau patch yang nyatanya mereka memberikan kepada Anda bukan secara cuma-cuma.

Tapi ada udang dibalik bakwan! Eh maksudnya ada udang dibalik batu. Bukannya komputer Anda aman, bisa jadi malah komputer Anda malah yang dimata-matai oleh mereka. Secanggih apa si virus komputer jaman sekarang? Kalau boleh saya analogikan. Anda pernah menonton sebuah pertunjukan tayangan sulap?

Ada seorang pesulap, meminta Anda maju kedepan dan Anda diajak bicara olehnya. Tiba-tiba dengan bumbu-bumbu trik sulapnya. Jam tangan Anda menghilang, dompet Anda hilang, bahkan kaos kaki Anda sendiri bisa hilang. Padahal sudah tidak mungkin seseorang bisa mengambil kaos kaki yang sedang Anda pakaikan? Lalu Andapun terkesima dengan trik yang ia lakukan.

Di dunia virtual hal semacam itu bisa saja terjadi. Inget! Internet menghubungkan jutaan komputer di dunia, bukan cuma komputernya yang terhubung tapi orangnya juga dengan berbagai macam kepentingan.

Hal-hal semacam uang dicuri melalui kartu kredit atau internet banking, yang berawal dari pengunaan Antivirus palsu atau Sistem Operasi bajakan sudah banyak loh menelan korban!

Yuk lebih berhati-hati lagi dalam instalasi program komputer, pakai yang gratisan aja banyak kok yang powerful juga! Kalau memang kebutuhan sudah ditingkat profesional tidak ada salahnya membeli lisensi sofware Antivirus yang original.  😆