Mode Incognito Apakah Benar-benar menjadikan Anonim?

Mode Incognito atau dalam bahasa indonesia bisa diartikan sebagai mode penyamaran yang bertujuan agar historis, hasil download, dll pada browser tidak dapat diketahui oleh orang lain, selepas Anda meninggal komputer tersebut.

Biasanya mereka menggunakan mode ini di saat berinternet ria di komputer umum. Misalnya komputer warnet, komputer perpustakaan, komputer kantor, dan seterusnya.

Orang berikutnya tidak dapat mengetahui aktivitas (browsing, download, dst) yang telah Anda lakukan di komputer yang sama. Cara mengaktifkan mode incognito sangat mudah jika Anda menggunakan Chrome dan Opera Browser gunakan shortcut, yaitu Ctrl+Shift+N.

Jika Anda menggunakan browser Mozilla Firefox dan Internet Explorer 8 atau yang terbaru, shortcut yang dipergunakan untuk mengakses mode tersebut yaitu Ctrl+Shift+P.

Mode ini bersifat lokal, artinya hanya anonim di browser yang Anda aktifkan mode tersebut. Jika Anda berselancar ria, lalu melakukan hacking secara illegal dengan mode ini. Anda tetap bisa dilacak, berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang mode incognito:

1. Anda Tidak Selamanya Menjadi Anonim Ketika Berada di Mode Incognito

Seseorang masih bisa melacak keberadaan Anda dalam mode tersebut

Seseorang masih bisa melacak keberadaan Anda dalam mode tersebut

Mode ini sebenarnya sangat membantu sekali ketika Anda menggunakan komputer umum, yang banyak dipergunakan oleh orang lain. Tapi perlu Anda ingat, bahwa pihak ISP atau Internet Service Provider tetap mengetahui apa-apa yang yang Anda lakukan selama aktivitas berselancar ria di dunia maya.

2. Hasil Download Anda Tetap Akan Ada Meskpun Anda Menonaktifkan Mode Incognito di Laptop atau Smartphone

Histori pada browser memang tidak terlihat tapi hasil download tetap ada

Histori pada browser memang tidak terlihat tapi hasil download tetap ada

Semua file-file yang Anda download selama mode penyamaran atau private browsing tetap akan ada di komputer atau smartphone Anda. Saat ini mode private browsing tidak hanya ada di komputer atau laptop saja tetapi juga sudah ada di fitur pada browser smartphone.

Pastikan jika memang Anda menggunakan mode ini di komputer publik untuk men-download file yang bersifat rahasia, sensitif, atau hal-hal yang bersifat kredensial. Anda perlu memindahkan file tersebut, menyembunyikan atau mengenkripsi file.

3. Mode Penyamaran Bukan Berarti Anda Terbebas dari “Pengawasan”

Mode Penyamaran bukan berarti menghilangkan pengawasan

Mode Penyamaran bukan berarti menghilangkan pengawasan

Jika Anda berpikir dengan melakukan kegiatan hacking secara illegal dalam mode penyamaran, Anda tidak dapat dikenali atau dilacak. Kesimpulan Anda salah, IP Adress yang dipergunakan tetap dapat dimonitor.

Perusahaan manapun tunduk pada ketentuan hukum di negara mereka masing-masing. Aktivitas yang merugikan atau merusak yang melanggar secara hukum tentunya dapat dilacak atau di-trackback.

Di dunia maya hampir bisa dibilang privasi itu 0. Tidak ada kata privasi. Jadi berhati-hatilah dalam bertindak. Memang ada hacking secara legal? Ada. Jika perusahaan swasta menyewa jasa Anda untuk melakukan hacking pada sistem mereka guna mencari bug (celah keamanan pada sistem mereka), itu malah Anda akan dibayar oleh mereka.

4. Private Browsing Tidak Menjamin Benar-benar “Private”

Private browsing tapi tidak benar-benar private

Private browsing tapi tidak benar-benar private

Jika Anda benar-benar memahami fungsi dari private browsing, Anda berarti aman. Sebenarnya ada satu cara lagi agar Anda menjadi lebih aman, yaitu dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network).

Namun VPN juga lagi-lagi tidak menjamin Anda sebagai anonim. Setidaknya untuk hal-hal yang tidak melanggar hukum. Dua cara di atas sangat bermanfaat sekali untuk memproteksi data-data penting Anda.

Apakah artikel di atas memiliki manfaat nilai untuk Anda? Jika iya, mohon bagikan artikel tersebut melalui sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path ke teman-teman dekat Anda.

Gabung juga dengan keluarga besar Situstarget.com atau The Target Community dengan cara subscribe artikel terbaik dari tim kami. Melalui kotak form subscribe yang berada di bawah artikel ini.