Saat Apple mengeluarkan produk terbaru dari Macbook, saat itulah momen yang tepat untuk mencari macbook bekas yang berkualitas. Apalagi kalau kamu punya teman yang apple minded atau yang disebut dengan apple fanboy.

Mereka pecinta apple, pastinya tidak ingin memakai gadget atau macbook yang lama. Apapun produk Apple yang baru saja di announced ke publik, mereka akan berlomba, kalau bisa jadi orang yang pertama untuk memilikinya.

Nah, barang-barang second dari apple fanboy ini, yang bisa jadi incaran dari para pengguna laptop Windows dan Linux. Berbeda dari laptop yang menggunakan OS Windows maupun Linux.

Pengguna macbook umumnya jarang melakukan upgrade hardware, selain itu secara komponen hardware memang macbook lebih tahan banting dibandingkan brand-brand laptop yang menggunakan OS Windows.

Karena harga yang mahal saat membeli macbook baru, tentunya pengguna macbook akan lebih menjaga dengan baik laptopnya. Nah, buat kamu yang lagi hunting macbook preloved.

Kita punya tipsnya nih agar dapat barang second yang berkualitas. Kamu bisa melakukan pengecekan apakah macbook tersebut masih layak dibeli atau tidak dengan harga yang ditawarkan oleh si penjual.

Minimal kamu jadi punya senjata buat nego ke si penjual, manakala kamu mengetahui beberapa hal yang minus yang ada pada macbook tersebut. Cara ini juga untuk preventif agar kamu tidak membeli macbook yang zonk atau sudah rusak parah.

Beberapa Test yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Macbook Bekas:

Beberapa poin di bawah ini perlu kamu lakukan pengecekan untuk mendapatkan macbook bekas dengan kualitas yang bukan kaleng-kaleng.

So, kalau kamu tahu hal ini di awal, minimal bisa tahu cara mensortir macbook bekas yang sudah rusak parah dengan, yang masih berkualitas, dan layak untuk dibeli.

Cek poin-poin penting berikut ini:

1. Melakukan Pengecekan dan Pengetesan Komponen Hardware

Cek keseluruhan komponen hardware dari macbook second yang dijual

Di Indonesia sendiri marketplace yang banyak menjual barang second dengan kualitas yang baik, yaitu Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Tiga marketplace tersebut mengapa jadi tempat favorit customer, karena ada sistem proteksi dan garansi barang.

Tapi tidak pengen dong walaupun ada sistem garansi, barang yang baru saja tiba di rumah, sudah dinantikan sejak lama, belum lagi ketar-ketir karena proses pengiriman barang, belinya juga pakai uang bukan pakai daun.

Eh saat di unboxing, macbook bekas yang dibeli kondisinya sudah matot, alias mati total. Nah, khusus yang beli online, kamu bisa tanya-tanya dulu nih si penjual terkait produknya, seperti:

  • Bagaimana kondisi engsel macbook yang ia jual?
  • Bagaimana kondisi keyboard, screen, dan charger apakah masih bisa digunakan dan layak pakai?
  • Apakah ada masalah dengan port USB dan camera?
  • Apakah macbook tersebut masih memiliki kardus originalnya?
  • Apakah komponen yang ada di kardus macbook tersebut lengkap?
  • Apakah ada penyok atau baret di body-nya?
  • Tanyakan apakah pernah di service sebelumnya? Jika pernah, service-nya di mana dan karena apa?

Secara visual bisa dicek langsung jika beli COD atau minta foto dari si penjual dengan detail seperti di atas. Sebaiknya memang untuk membeli macbook bekas, kamu beli dengan cara COD untuk melihat dan mengetestnya langsung.

Isi kelengkapan macbook standarnya yaitu charger Magsafe, dus macbook, kabel power, buku panduan, sticker apple, dan kartu garansi. Semakin lengkap, bertanda penjualnya apik selama menggunakan macbook preloved tersebut.

Komponen yang terkadang sering rusak seiring bertambahnya usia dari macbook second adalah keyboard. Pastikan kamu melakukan pengecekan dengan cara menulis di aplikasi office yang ada di Mac atau menggunakan keyboard viewer.

Pengecekan kondisi keyboard mac preloved dengan memanfaatkan keyboard viewer

Setiap kali memencet tombol yang ada di keyboard, pastikan dilayar tulisannya juga muncul. Adapun tombol yang sering rusak umumnya tombol space. Karena tombol space sangat sering digunakan.

Kamu bisa cek satu per satu, tombol-tombol yang sering digunakan seperti delete, space, angka, dan seterusnya.

2. Cek Wifi dan Bluetooth Apakah Bekerja dengan Baik?

Perangkat Wifi pada macbook bekas bisa kamu cek apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, dengan cara menghubungkan macbook ke internet, bisa melalui hotspot atau tethering dari smartphone.

Sedangkan bluetooth, kamu bisa lakukan pengecekan dengan menghubungkan macbook ke perangkat audio nirkabel. Selain itu, kamu juga bisa mencoba transfer file melalui koneksi bluetooth menggunakan smartphone.

3. Cek Usia dari Tahun Pembuatan Macbook yang Akan Dibeli

Cara mengetahui serial number macOS dan tanggal produksi mesin macbook

Biasanya dalam satu tahun Apple akan mengeluarkan dua generasi macbook. Perlu kamu ketahui, bisa jadi saat kamu beli macbook di tahun yang sama, ada perbedaan tahun produksi mesin.

Pengecekan tahun produknya bisa kamu lihat dengan cara klik logo Apple  disebelah kiri atas, lalu pilih About This Mac. Kamu akan mengetahui gambaran macbook, seperti tahun produksi, processor yang digunakan, memory, jenis harddisk, graphics dan serial number.

Keaslian dari OS juga bisa kamu cek pada bagian ini. Saat kamu klik system report akan terlihat lebih detail lagi mengenai gambaran hardware si macbook.

Usia dari model macbook juga bisa kamu ketahui dengan mengakses alamat link berikut ini:

Kalau serial number tidak muncul, kamu bisa restart dahulu macbook-nya atau bisa juga melihat serial number macbook dari appleid.apple.com.

Login dengan id apple, lalu pilih Device Macbook, dan klik untuk melihat Serial Number-nya.

Cara mengetahui serial number pada macbook

Kamu juga bisa cek garansi juga loh melalui serial number. Gimana caranya? Lihat poin berikutnya.

4. Cek Jenis Garansi Macbook Jika Masih Berlaku

Cek garansi dan support yang masih berlaku untuk macbook second pilihan kamu

Nah, kalau kamu butuh bantuan terkait reparasi macbook atau info garansi, bisa dicek dengan cara memasukkan serial number yang tertera pada poin ketiga, lalu search pada halaman check coverage apple.

Dari serial number akan menunjukkan beberapa informasi terkait dukungan pihak apple terhadap macbook bekas tersebut apa saja. Misalnya :

  • Informasi apakah masih memenuhi syarat untuk produk AppleCare
  • Keterangan tanggal pembelian apakah valid atau tidak
  • Apakah masih mendapatkan dukungan teknis melalui telepon
  • Status garansi perbaikan hardware dan jasa dari Apple, serta estimasi kapan garansi akan expired.

Bagi pengguna windows, yang belum pernah sama sekali menyentuh Apple akan sedikit kebingungan di awal. Nah, kamu jangan panik ketika ada masalah, seperti tidak bisa klik kanan di trackpad mac.

Sudah diklik kanan tapi kok tidak muncul juga menu kliknya. Dulu saya juga bingung, ternyata baru tahu kalau cara klik kanan di trackpad macbook itu harus menggunakan dua jari dan di klik bersamaan.

Jadi jangan langsung menganggap mac itu rusak, kamu bisa mempelajari mac terlebih dahulu.

5. Cek Dokumen Pembelian dari Pihak Tangan Pertama

Cek bukti pembelian macbook dari si penjual

Saat kamu membeli sesuatu yang mahal, kamu akan selalu menjaga dengan baik terkait barang yang dibeli. Termasuk hal sepele seperti plastik dan juga struk pembelian.

Salah satu indikator, pembeli mac ini benar-benar mendapatkannya dengan cara yang legal adalah struk pembelian. Baik itu membeli mac via online maupun offline struk pembayaran pasti selalu ada.

Jangan sampai kamu membeli barang dari hasil black market. Ini akan mempengaruhi saat kamu mau melakukan service di tempat perbaikan Apple yang resmi.

Macbook dari black market akan sulit melakukan klaim garansi dan servis perbaikan resmi.

6. Cek Kondisi Perfoma dari Baterai Macbook Second

Cara mengecek kesehatan dan siklus baterai macbook

Salah satu komponen yang harus kamu perhatikan saat membeli macbook second yaitu cycle count dari baterai. Karena semakin tinggi nilai dari cycle count dari sebuah baterai, menandakan kalau baterai mac tersebut harus diganti.

Perhitungan dari cycle count pada baterai macbook yaitu saat kamu menggunakan semua daya baterai. Contoh misalnya hari ini ngecas macbook sampai ful, lalu pada hari yang sama juga kamu hanya menggunakan setengah dari tenaga baterai.

Kemudian belum habis energi baterai, sudah kamu cas lagi. Apabila kamu melakukan hal yang sama di hari berikutnya. Maka akan dihitung sebagai satu cycle count, bukan dua.

Jadi cycle count atau siklus pengisian perhitungannya tidak satu kali cas macbook dihitung satu, bisa beberapa kali cas baru dihitung satu siklus pengisian. Fyi, harga baterai macbook cukup lumayan loh berkisar antara satu sampai dua juta.

Itu baru harga baterai, belum termasuk biaya pemasangannya. Berapa sih idealnya untuk cycle count baterai dari setiap mac? Kamu bisa mengetahuinya melalui tabel siklus pengisian berikut ini:

Tabel Cycle Count Baterai Macbook

Setelah mengetahui batas dari siklus pengisian pada baterai macbook, sekarang bagaimana cara melakukan pengecekannya? Kamu bisa buka menu , pilih sistem informasi dan pilih power untuk mengetahuinya:

Cara mengetahui siklus pengisian baterai macbook

Pada tabel di atas, kita tahu bahwa cycle count laptopnya si John sudah mencapai 152, bagaimana jika sudah ada yang lebih dari 1000 atau lebih dari angka yang pada tabel di atas? Sebaiknya kamu nego harga dari si penjual.

Karena apabila sudah di atas 1000 kali pemakaian, bisa dibilang performa baterai mac sudah berkurang sangat jauh. Daya baterai sudah sangat lemah dan sebaiknya dilakukan penggantian baterai mac.

7. Lakukan Pengetesan untuk Semua Port USB

Cek apakah ada masalah pada port USB Macbook atau Tidak

Salah satu alasan mengapa macbook selalu hadir dengan tubuh yang langsing, ini dikarenakan mac selalu mengusung tema minimalis, termasuk port USB. Semakin banyak port tentunya akan membuat body laptop semakin gemuk.

Nah, untuk kamu yang ingin membeli macbook second, ada baiknya untuk melakukan beberapa test yang sudah dijabarkan pada poin-poin sebelumnya ditambah poin ketujuh ini.

Kamu bisa minta waktu ke si pemilik macbook untuk melakukan pengetesan untuk port USB dengan cara memasukkan flaskdisk dan harddisk eksternal. Setelah dicolok apakah data di dalamnya bisa terbaca dan muncul di layar?

Selain Itu Manfaatkan Tools dari Mac, yaitu Apple Hardware Test, Caranya:

Cara melakukan pengetesan hardware Mac Second dan Baru

  • Cabut seluruh perangkat eksternal, seperti keyboard eksternal, harddisk eksternal, mouse dan layar eksternal, serta sambungan ethernet jika ada.
  • Coba lakukan proses charge macbook second tersebut.
  • Pastikan mac ditaruh pada tempat yang keras, permukaan yang rata dan stabil, serta berventilasi baik.
  • Klik tombol shutdown atau matikan mac, lalu nyalakan kembali.
  • Tekan terus pada keyboard tombol D, tahan sampai muncul gambar ikon Apple Hardware Test.
  • Pilih bahasa di AHT, dengan cara klik panah kanan, atau jika tidak menggunakan mouse, gunakan parah atas dan bawah pada keyboard untuk memilih bahasa, lalu tekan tombol kembali.
  • Unuk memulai pengujuan klik tombol test atau tekan huruf T pada keyboard. Beri centang pada kontak bertuliskan “perform extended testing”, ini berguna agar analisanya menjadi lebih komprehensif dan detail.
  • Setelahnya kamu akan mengetahui apakah ada hardware yang bermasalah atau tidak di bagian kotak test result.
  • Setelah pengujian selesai dilakukan, bisa klik restart atau matikan macbook dengan pilih klik shut down.

Macbook yang ada masalah pada hardwarenya akan terdeteksi oleh sistem. Jadi kamu ada dua pendekatan dalam analisa nih. Pertama dengan menggunakan feeling dan panca indra (obervasi langsung).

Kedua kamu melakukan pengetesan hardware melalui aplikasi bawaan macbook. Hal-hal seperti ini sangat jarang ada di laptop murah yang menggunakan OS Windows. Inilah keunggulan dari macbook dari Apple.

8. Cek Apakah Ada Dead Pixel pada Macbook Second Tersebut

Cek apakah ada anomali pada layar lcd mac preloved

Dead pixel atau dark pixel kalau dilayar terlihat seperti titik berwarna hitam. Sedangkan apabila muncul titik berwarna putih yang tidak hilang dan terus menyala disebutnya sebagai hot pixel atau bright pixel.

Sedangkan apabila ada warna selain putih dan hitam, seperti warna merah, hijau, biru ini yang disebut sebagai stuck pixel. Sedangkan gambar paling kanan menunjukan ada material asing.

Saat kamu membeli mac preloved, pastikan hal ini sudah kamu cek dengan baik. Selama hanya berupa titik kecil dalam jumlah yang sedikit (kurang dari < 10), maka bisa dibilang cacat pada lcd macbook preloved tersebut masih wajar.

Nah, yang tingkatannya cukup berat yaitu apabila ada kerusakan pada cairan lcd.  Titik dead pixel seolah melebar dan membesar. Kerusakannya bisa seperti pada gambar di atas, yang sebelah kanan.

Kalau sudah seperti ini kemungkinan besar macbook preloved tersebut sudah harus diganti lcd-nya. Berapa harga baru lcd macbook? Ya, kisaran harga satu sampai dua juta.

Lumayan kan?

9. Bagaimana Kondisi Hardisk si Macbook Preloved Apa Masih Ok?

Kondisi harddisk dari macbook preloved juga perlu kamu cek. Apakah masih dalam kondisi bagus atau tidak. Cara melakukan pengecekannya bisa menggunakan aplikasi bawaan dari Mac, yaitu Disk Utility.

Pada aplikasi Disk utility di mac ada yang namanya S.M.A.R.T status atau Self-Monitoring Analysis and Reporting Technology. Tujuan dan fungsinya lebih kepada untuk melakukan pemindaian pada hard drive apakah ada error atau tidak.

Cara menggaksesnya mudah tinggal kamu buka Applications > Utilities > Disk Utility. Tanda dari hard drive dalam kondisi bagus, informasi yang ditampilkan adalah verified.

Cek kondisi pada hard disk mac preloved dengan bantuan disk utility

10. Lakukan Pengecekan Pada Kamera, Speaker, dan Mic

Lakukan pengetesan mac lama, yaitu kamera, speaker, dan mic macbook

Saat ini di Indonesia khususnya sudah banyak yang menggunakan fitur kamera pada laptop untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, baik itu digunakan hanya untuk menghubungi teman atau untuk kegiatan kantor seperti meeting dan kerja remote.

Nah, kamu bisa coba melakukan pengetesan kamera macbook dengan cara membuka aplikasi seperti FaceApps atau Skype untuk melakukan panggilan video call. Ini sekaligus mengetest kemampuan mic dan speaker yang ada di Macbook.

Saat ada pesan bertuliskan “There is no connected Camera”. Ada suatu yang ganjil pada kamera macbook second tersebut, kamu perlu melakukan pengecekan lebih lanjut.

11. Pastikan Proteksi pada Macbook Bekas Sudah Dinonaktifkan

Minta penjual menonaktifkan fitur keamanan pada macbook yang hendak dijual

Hal terpenting yang terkadang pembeli dan si penjual lupa adalah meminta untuk dimatikan fitur proteksi yang ada pada macbook. Proteksi pada firmware, kalau ini sampai di lock dan si pemilik sampai lupa password macbook bekasnya.

Urusannya bisa panjang, kamu perlu reset password ke Apple segala, bawa mac yang terkunci, dan bukti invoice dari kepemilikan mac tersebut.

Selain itu, mintakan juga untuk si penjual menghapus kepemilikan macbook pada layanan apple seperti iCloud. Fitur keamanan lainnya yang perlu dinonaktifkan saat menjual macbook, yaitu find my Mac.

Ini juga perlu dimintakan ke si penjual agar dinonaktifkan.

12. Lakukan Pembayaran dengan Metode yang Aman

Tips membeli macbook preloved dari toko online

Harga macbook preloved apa lagi macbook pro yang masih baru, bisa berkisar belasan juta bahkan lebih. Harga yang bisa dibilang setara dengan harga satu unit kendaraan roda dua baru.

Sebaiknya sebagai pembeli, kamu bisa menego pembayaran ke si penjual dengan menggunakan transfer saja. Sangat beresiko jika kamu melakukan pembayaran melalui tunai.

Cara terbaik yaitu pembelian dilakukan dari situs e-commerce yang ada di Indonesia, misalnya Bukalapak. Lalu pembayaran juga melalui Bukalapak, namun pembelian dilakukan dengan cara COD atau ketemuan langsung dengan si penjual.

13. Pilih Tempat COD yang Aman

Tempat COD terbaik yaitu di Mall, sekalian kamu bisa cari macbook preloved di toko komputer yang lain

Transaksi COD yang paling aman adalah di tempat terbuka seperti di Mall. Sebaiknya hindari bertemu di tempat yang sepi atau jauh dari keramaian. Nah untungnya kalau COD-an di mall, kamu bisa sekalian lihat-lihat macbook preloved yang lain.

Ya, itung-itung sebelum ketemuan sama si penjual macbook preloved, kamu sudah keliling toko komputer yang ada di mall tersebut. Sekalian melakukan komparasi macbook preloved yang nantinya akan kamu beli.

14. Ajak Teman yang Ngerti Teknologi Mac

Ajak temen yang melek teknologi saat jual beli macbook

Kalau pengetahuan kamu terbatas seputar teknologi, apalagi kaitannya dengan macbook. Kamu bisa ajak teman yang sekiranya dia pengguna produk Apple atau dia ngerti minimal teknologi hardware dan software.

Temen gaptek semua nih kebetulan, terus solusinya gimana? Ajak tukang service komputer buat nemenin kamu. Biarin dia yang ngecek macbook preloved yang akan kamu beli.

Tukang service juga bisa kamu temukan melalui Google, tinggal search aja jasa perbaikan macbook. Nanti akan muncul website yang menyediakan jasa perbaikan mac. Kontak mereka dan minta bantuan mereka untuk pengecekan macbook yang dijual.

Ya sebelumnya pasti kamu harus dealing harga dahulu ke si tukang service itu. Ini bisa jadi solusi, biar kamu ga membeli kucing dalam karung. Paling enak sama temen sih, tinggal traktir aja sehabis COD-an berhasil. Hehe.

Kesimpulan

Poin-poin di atas semoga bisa membantu saat kamu mencari mac bekas yang berkualitas. Secara garis besar, Apple telah menyediakan banyak tools untuk memudahkan pengecekan komponen hardware apakah masih dalam kategori perform dengan baik atau sudah harus diganti, bahkan rusak.

Jika kamu punya pengalaman lain terkait cara ngedapetin macbook bekas yang berkualitas, namun belum diulas pada artikel di atas, kamu bisa beri masukkan pada kotak komentar di bawah artikel ini.

Bagikan juga tulisan di atas melalui sosial media seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, dan Telegram untuk teman-teman kamu yang punya niatan untuk hijrah menggunakan macbook atau bagikan juga ke apple fanboy yang masih “newbie”.

Follow juga akun Facebook, Twitter, Youtube dan Instgram kita ya. Buat kamu yang ga ingin ketinggalan tulisan terbaru yang ada di Situstarget.com, kamu bisa daftarin email kamu ke newsletter situstarget.