Banyaknya toko perhiasan dewasa ini tentunya menimbulkan pertimbangan bagi para investor, kolektor, atau pemilik kebutuhan lainnya.
Ya, dengan jumlah yang semakin banyak, mungkin Anda bingung untuk memastikan mana toko yang memang berkualitas dan mana toko yang abal-abal.
Nah, artikel ini akan membahas beberapa tips yang dapat Anda pelajari untuk memilih toko perhiasan yang tepercaya.

1. Menjadi Referensi dan Rekomendasi Mayoritas Orang

Di mana ada gula, di situ ada semut. Sebuah toko perhiasan yang bagus dan tepercaya pasti akan dijadikan rujukan oleh semua orang.
Ya, mulailah dengan menggali pengalaman orang-orang di sekitar Anda yang pernah melakukan transaksi di berbagai toko perhiasan, Anda dapat menemukan mana toko perhiasan yang bisa Anda percayai.
Saat menggali informasi, terdapat beberapa poin yang harus Anda tanyakan untuk menentukan apakah toko tersebut layak dipercaya atau tidak.
Baca juga: Cara Mudah Investasi Emas Syariah
Poin pertama adalah: umumnya toko perhiasan yang tepercaya memiliki usia dagang yang sudah lama.
Selanjutnya, toko perhiasan tepercaya tentunya akan meninggalkan kesan tersendiri bagi orang yang sudah pernah berkunjung, entah dari segi kualitas barangnya yang bagus, tahu pelayanannya yang ramah, dll.
Tanyakan pengalaman orang-orang di sekitar Anda tentang bagaimana toko tersebut mendengarkan dan memahami kebutuhan pembeli perhiasan.
Tanyakan juga tentang kualitas barang yang mereka dapatkan. Orang yang sudah memiliki pengalaman dalam membeli perhiasan akan memahami kualitas perhiasan yang mereka miliki.

2. Pegawai Profesional dan Teredukasi

Tips selanjutnya dalam memilih toko perhiasan tepercaya adalah memastikan apakah pelayanan pegawai di toko perhiasan tersebut memuaskan.
Toko perhiasan yang tepercaya tentunya memiliki pegawai yang profesional. Tingkat profesionalitas pegawai dapat dilihat dari seberapa luas pengetahuan mereka tentang barang yang mereka jual dan bagaimana mereka dapat menyampaikannya dengan baik kepada pembeli.
Pegawai toko perhiasan yang profesional tentunya juga dapat dengan cepat memahami dan mengerti apa yang Anda butuhkan dan bisa memberikan saran mengenai kelebihan atau perbedaan produk A, B, dan seterusnya.
Sehingga Anda tidak perlu bingung untuk menjatuhkan pilihan dari berbagai variasi yang ada di toko perhiasan tersebut.
Selain itu, jika Anda mencari logam atau batu mulia, pegawai yang professional pasti akan memberikan akses kepada Anda untuk melihat dan memeriksa sendiri bagaimana kualitas barang tersebut.
Baca juga: Dinar Terbuat dari Apa Ya?
Contoh alat yang disediakan untuk memeriksa kualitas logam mulia adalah mikroskop gemology dan beberapa batu atau logam pembanding yang dapat menjadi perbandingan untuk memilih logam atau batu yang Anda inginkan.
Sebagai tambahan, toko perhiasan tepercaya terkadang juga memiliki pegawai yang ahli dalam hal bebatuan ataupun logam, dan yang ahli dalam membuat dan memperbaiki perhiasan, atau yang biasa disebut bench jeweler.
Walaupun tidak semua toko perhiasan memiliki pegawai ahli, tentunya Anda akan merasa senang jika dilayani oleh pegawai yang memiliki product knowledge yang baik.
Terlebih lagi jika Anda bisa mendapatkan informasi tentang cara perawatan barang yang dibeli dan hal-hal yang berkaitan dengan itu.

3. Kualitas Logam yang Baik

Hal yang menentukan apakah toko perhiasan dapat dipercaya juga dapat diamati dari kualitas perhiasan yang dimiliki toko tersebut.
Hal ini dapat dilihat dari sertifikat toko. Sebagai contoh, jika sebuah toko perhiasan menjual perhiasan yang bertahtakan berlian, tanyakanlah apakah berlian tersebut memiliki serifikat dari lembaga tepercaya seperti GIA (Germological Institute of America)?
Baca juga: Sejarah Emas Sebagai Simbol Kemakmuran dari Masa ke Masa
Atau semisal Anda membeli emas Antam batangan atau perhiasan yang terbuat dari emas Antam, apakah saat membeli Anda diberi sertifikat Antam yang telah terverifikasi oleh pemerintah?
Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan pembeli terhadap sebuah toko emas.

4. Garansi dan Kebijakan yang Jelas

Hal selanjutnya yang harus Anda pastikan adalah tanggung jawab yang mereka tunjukkan. Toko perhiasan berkualitas tentunya memiliki tanggung jawab, bukan hanya pada saat Anda membeli perhiasan tersebut, namun juga saat pascatransaksi.
Adanya garansi dan kebijakan transaksi jual beli yang jelas, tidak merugikan kedua belah pihak, dan pelayanan maksimal untuk pembeli, semuanya adalah syarat-syarat penting yang harus mereka penuhi.
Jika sebuah toko perhiasan mampu menjamin barang yang mereka jual adalah asli dan berkualitas seperti yang mereka katakan, tentunya toko tersebut berani bertanggung jawab jika di kemudian hari ada indikasi bahwa barang yang mereka jual adalah palsu.

5. Datangi Toko Perhiasan Secara Langsung

Tips terakhir adalah datangi toko perhiasannya secara langsung. Dengan mendatangi toko perhiasan secara langsung, Anda dapat menilai sendiri bagaimana pelayanan dan barang yang ada di toko tersebut.
Semua hal yang disebutkan sebelumnya dapat Anda pastikan secara langsung, mulai dari: apakah pegawai toko tersebut benar-benar memiliki pengetahuan tentang produk yang mereka jual, melihat sendiri kualitas barang yang dijual di sana, memastikan apakah toko tersebut benar-benar memiliki sertifikat yang diverifikasi oleh pemerintah, hingga kesan yang dirasakan oleh orang-orang di sekitar Anda soal toko perhiasan tersebut.
Setelah memastikan sendiri, Anda tidak perlu ragu untuk mendatangi lagi toko itu untuk memilih dan membawa pulang perhiasan impian Anda.
Baca juga: Tips Memilih Safe Deposit Box di Bank yang Aman dan Nyaman
Itulah beberapa tips yang dapat Anda praktikkan untuk memilih toko perhiasan yang layak mendapatkan kepercayaan Anda.
Selain itu, jangan pernah sungkan untuk menanyakan kembali atau membandingkan pengalaman bertransaksi perhiasan dengan toko langganan Anda dengan toko yang lain.
Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat mengevaluasi ulang toko perhiasan langganan Anda. Dengan mempraktikkan tips-tips di atas, Anda tidak perlu lagi merasa bingung saat membeli perhiasan yang Anda impikan.

Beberapa Artikel yang Wajib Anda Baca Selanjutnya:
  1. 7 Manfaat Perak dalam Kehidupan Manusia
  2. Yuk, Belajar Berinvestasi! Mulai dari Pengertian Investasi, Manfaat, dan Jenisnya
  3. Pentingnya Dana Darurat dan Tips untuk Mempersiapkannya dari Sekarang
  4. Tips Jitu Mengelola Keuangan untuk Pemula
  5. Yuk, Cerdas Berinvestasi dengan Memahami Profil Risiko!


Bagikan tulisan di atas melalui Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path untuk teman-teman Anda yang mungkin lagi hunting perhiasan, semoga menjadi informasi yang sangat bermanfaat bagi mereka.
Dapatkan tulisan terbaru dari TheGold.Asia melalui alamat email yang Anda miliki saat ini, dengan cara mendaftarkan nama lengkap dan alamat email Anda di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini.

Iklan