Hidup di zaman yang sudah modern menuntut kita untuk tidak gagap teknologi. Jika Anda ketinggalan teknologi sama artinya dengan ketinggalan peradaban yang sedang Anda jalani.

Perkembangan teknologi ini juga turut ditandai dengan hadirnya smartphone yang sudah beredar luas di pasar dunia, termasuk lingkup kecilnya yakni di Indonesia. tidak hanya smartphone saja yang mengalami signifikansi perkembangan yang juga semakin canggih.

Namun aplikasi yang kemudian dipasang di dalamnya juga mengalami perkembangan yang juga semakin canggih saja.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya aplikasi kamera untuk mempercantik hasil foto dari kamera asli atau juga aplikasi editor untuk foto, video, dan lain sebagainya.

Dalam aplikasi-aplikasi tersebut juga didukung dengan adanya fitur-fitur yang membuat hasil editing foto maupun video menjadi lebih hidup, menarik, dan unik.

Fitur Terbaru dalam Aplikasi Edit Video untuk Android

Dalam aplikasi edit video yang saat ini sudah tesebar luas di smartphone Anda, ada beberapa aplikasi yang belum memiliki fitur terbaru.

Hal tersebut tentu akan membuat langkah editing yang Anda lakukan terhambat, merasa ada yang kurang, sehingga tidak membuat Anda puas atas hasil edit video yang telah dilakukan.

Namun meski begitu saat ini sudah ada juga aplikasi-aplikasi edit video yang memiliki fitur-fitur terbaru, sehingga membuat proses editing menjadi lebih asyik, dengan tambahan slow motion atau bahkan mempercepat video yang diinginkan, tambahan musik-musik yang bisa dipadu padankan dengan video aslinya, dan lain sebagainya.

Biasanya aplikasi edit foto maupun video yang paling mutakhir tidak hanya dapat digunakan untuk mengedit secara konvensional, akan tetapi dapat digunakan untuk menambahkan efek-efek lain di luar video tersebut.

Bahkan menyambungkan antara dua video dengan foto, sound efek, tulisan-tulisan dengan beragam font, dan dengan fitur tambahan yang lain.

1. Power Director

Aplikasi yang satu ini memiliki dua versi, yakni berbayar dan tidak berbayar. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini secara gratis, maka kualitas video yang bisa diedit sangat terbatas.

Namun jika mau membayar dengan biaya tertentu, maka Anda bahkan bisa menggunakan kualitas terbaik sekalipun. Biasanya jika menggunakan versi berbayar, Anda harus mengeluarkan uang sebesar 70 ribu rupiah untuk mendapatkan hasil edit video yang memuaskan.

Dalam edit video berbayar tersebut Anda bisa dengan mudah menambahkan tulisan-tulisan seperti judul. Kemudian juga dapat membuat kolase, menambahkan latar belakang yang sesuai dengan isi video dan lains ebagainya.

Bahkan Anda juga dapat memberikan transisi dan efek-efek seperti slow motion juga ke dalam video yang Anda inginkan. Untuk edit video secara gratis, file video yang bisa diedit maksimal hanya berukuran 702p. jika lebih dari itu, maka harus menggunakan versinya yang berbayar.

2. Quick

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menjamin para penggunanya dapat mengedit video dengan langkah yang super cepat. Jika ingin menmabahkan adanya transisi dalam video Anda, atau ingin menambahkan efek cantik, aplikasi ini akan menjadi aplikasi terbaik untuk hal itu.

Aplikasi edit video Quick ini juga sangat cocok untuk smartphone android Anda sekalian. Dengan jumlah pengunduh yang hampir mencapai 10 juta, membuat aplikasi ini juga mulai meningkatkan peformanya dalam ihwal editing video.

Aplikasi Edit Video Pakai ID Aktif

Dari banyaknya aplikasi edit video yang tersedia saat ini, ada aplikasi yang mengharuskan penggunanya login menggunakan ID tertentu untuk bisa login dan kemudian menggunakan aplikasi yang telah diunduhnya. Beberapa aplikasi edit video terbaik yang menggunakan ID terlebih dahulu untuk bisa login adalah:

1. Movie Maker Filmmaker

Dalam aplikasi ini, Anda dan juga pengguna yang lain diharuskan memiliki akun aktif atau bisa juga login dengan menggunakan facebook. Karena sudah terhubung menggunakan ID khusus.

Maka setiap pengguna dapat mememiliki banyak pengikut atau juga dapat mengikuti pengguna lainnya dalam Movie Maker Filmmaker.

Aplikasi ini juga mendukung Anda mengedit video terbaik melalui smartphone, sehingga jika Anda ingin langsung mengunggahnya ke media sosial manapun, seperti IG atau Instagram, bisa-bisa saja.

Kenapa dikatakan mendukung? Karena hasil dari editing video di aplikasi ini menjadi bentuk portrait atau persegi, yang mana formatnya sangat sesuai dengan yang ada di instagram.

Selain itu, audio yang ada di aplikasi ini sangat menarik untuk digunakan satu persatu. Maka jika Anda adalah instagramable, belum keren rasanya jika belum mencoba menggunakan aplikasi edit video ini.

2. Adobe Premiere Clip

Dengan fitur automatic video creation, aplikasi ini memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk dapat mengedit video. Tidak perlu membeli PC atau laptop, karena aplikasi ini dapat digunakan di Android Anda sekalian.

Jadi sampai saat ini ada dua versi aplikasi ini, yakni lewat desktop dan lewat smartphone. Dengan fitur yang komplit seperti dapat menggabungkan antara video dan foto ke dalam satu video.

Anda tentu akan lebih dipermudah dalam mengedit video kesukaan Anda. Jadi selain lebih praktis, aplikasi edit video ini juga sangat maksimal dalam penggunaannya.

Aplikasi Edit Video Tanpa ID

Ada beberapa aplikasi yang mengharuskan para penggunanya membuat akun terlebih dahulu sebelum akhirnya dapat menggunakan aplikasi sesuai kebutuhannya.

Jadi sebagaimana Movie Maker yang mengharuskan pengguna melakukan registrasi kemudian login atau langsung login dengan akun media sosial facebook yang dimilikinya.

ID ini adalah sebagai pra syarat untuk dapat menjalankan aplikasi. Namun ada juga ternyata aplikasi yang tidak mengharuskan penggunanya membuat akun atau login terlebih dahulu. beberapa aplikasi tersebut antara lain:

1. Viva Video

Aplikasi yang memiliki 200 efek spesial ini memang sudah tidak asing lagi di telinga para pengguna media sosial. Banyak video-video di instagram dengan durasi pendek menggunakan viva video untuk mengedit video yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa.

Ada dua keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi edit video ini, yakni adanya fitur capture mode dan fitur video editing. Adapun kedua fitur tersebut dibekali dengan banyak efek yang dapat menambah menarik video yang Anda sekalian edit.

Seperti ada kolase, music video, fast dan slow motion, dan juga selfie. Kemudian ada lagi foto slideshow maker dan juga video collage maker. Keunggulan lain yang bisa memuaskan para pengguna aplikasi ini adalah tidak adanya batasan terkait sampai seberapa Anda ingin mengedit video.

2. Kine Master

Jika Anda ingin mengedit video dan membuatnya seakan 3D, Kine Master adalah aplikasi yang mumpuni dalam hal itu. Cara mengunduh aplikasi ini pun sangat mudah, tinggal membukanya lewat aplikasi google play store tanpa login dan tanpa harus registrasi terlebih dahulu.

3. FilmoraGo

Satu lagi aplikasi edit video yang sangat mudah digunakan, tanpa khawatir adanya watermark atau adanya pembatasan pada durasi video yang diedit, yakni FilmoraGo.

Aplikasi ini benar-benar membuat para pengguna pemula bisa belajar dengan santai. Karena cara pemakaian aplikasi yang mudah yakni tinggal memilih video yang ingin diedit.

Bisa dari galeri, instagram ataupun juga dari sosial media lain semisal facebook. Efek-efek yang dimiliki aplikasi ini juga banyak terdiri dari fitur-fitur terbaru seperti transisi, musik, dan juga tema.

Pada dasarnya ketujuh aplikasi edit video di atas adalah aplikasi-aplikasi terbaru dan yang termutakhir yang bisa digunakan pada smartphone android Anda sekalian.

Ketujuh aplikasi tersebut tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tinggal bagaimana para pengguna memanfaatkan aplikasi tersebut sebaik-baiknya.