Google adsense bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan uang dari internet. Saat mempunyai channel dengan ribuan subscriber percayalah ada banyak sumber penghasilan yang bisa didapatkan selain Google Adsense.

Karena banyak sekali tutorial mengenai cara jadi Youtuber, yang ujungnya ternyata hanya sampai pada cara monetisasi channel Youtube dengan mengandalkan penghasilan dari Google Adsense.

Giliran terjadi badai demonetisasi atau banned akun Google Adsense secara massal, yang umumnya dilakukan oleh Google untuk mengevaluasi Youtuber terkait pelanggaran hak cipta di konten yang dibuatnya. Langsung deh meringis.

Buat kamu yang tidak ingin ketergantungan dengan penghasilan dari Google Adsense, lakukanlah hal berikut ini:

1. Manfaatkan Channel Youtube untuk Jualan Produk

Kesalahan Youtuber pemula, seperti yang disinggung di atas adalah hanya mengandalkan penghasilan dari internet, hanya dari Google Adsense. Padahal kamu bisa juga loh berjualan produk melalui video yang kamu buat.

Beberapa Youtuber besar saat ini ada yang jualan produk seperti baju, celana, jilbab, dll, dengan brand mereka sendiri. Kalau kamu punya subscriber yang loyal kenapa ga coba buat brand sendiri.

Paling enak itu di bisnis fashion dengan private brand, umumnya margin dari sebuah produk fashion itu berkisar antara 60 sampai 100% loh! Contoh kamu beli sepatu yang tanda centang.

Karena ada logo tanda centang pada sepatu itu, harganya langsung meroket. Secara HPP, bisa jadi sepatu tersebut hanya Rp. 1.300.000,- tapi karena kekuatan dari sebuah brand. Sepatu tadi harganya menjadi Rp. 3.500.000,-.

2. Monetisasi Youtube Melalui Affiliate Marketing

Saat kamu belum siap untuk berjualan produk dengan brand sendiri seperti cara di nomor satu. Kamu bisa memanfaatkan situs e-commerce yang ada di Indonesia, yang menawarkan program affiliate marketing.

Kamu bisa mendaftarkan diri sebagai affiliate marketer, contoh sederhananya seperti ini. Saya punya channel Youtube yang membahas tips menjadi Youtuber handal untuk kalangan pemula, yang baru mengenal dunia per-Youtube-an.

Lalu saya mendaftarkan diri di situs e-commerce sebagai affiliate marketer. Produk yang saya akan jual melalui affiliasi adalah barang-barang yang terkait proses produksi dari pembuatan konten video.

Misalnya saja kamera, smartphone, software editing video untuk Youtube, laptop, mic eksternal, dan seterusnya. Produk yang sudah saya sort ini, nantinya akan saya masukkan pada kolom deskripsi video.

Pada saat di akhir video saya akan bilang, “klo kamu butuh tools untuk vlogging, saya sudah sertakan link produknya di situs e-commerce X dan Y, buat yang tertarik bisa beli produknya dari dua situs tersebut ya“.

Kurang lebih seperti itu proses affiliate marketing di Youtube. Besaran komisinya ya tergantung produk apa yang dijual. Komisi terbesar bukan dari smartphone atau laptop loh, melainkan dari aksesoris dari keduanya.

Cara menghasilkan uang dari Youtube lainnya bisa melalui endorsement, seperti apa? Lihat poin berikutnya.

3. Buka Jasa Endorse di Youtube untuk Menghasilkan Uang

Saat channel Youtube kamu mulai diminati oleh banyak viewer dan subscriber, dengan sendirinya perusahaan-perusahaan akan melirik dan bahkan melobi untuk nitip review produk mereka di channel kamu.

Ini pertanda baik, tandanya konten yang dibuat, mulai disukai oleh banyak orang, punya segmen market yang pas, dan punya nilai jual yang jelas. Harga dari jasa endorse di Youtube itu beragam tergantung dari beberapa hal:

  • Siapa segmen market dari viewer dan subscriber di channel Youtube tersebut?
  • Bagaimana interaksi Youtuber dengan subscriber-nya?
  • Bagaimana kualitas konten si Youtuber saat mendeliver sebuah materi?
  • Bagaimana kualitas dari efek video atau editing konten video si Youtuber?
  • Jumlah subscriber yang dimiliki dan berapa jumlah viewer dari setiap video yang dibuat?

Ada banyak variabel penentuan harga lainnya, yang jelas. Kamu bisa mendapatkan uang dari jasa endorse di Channel Youtube dari perusahaan-perusahaan ternama, yang kalau ngeluarin uang ga perlu mikir lagi.

Sekali deal, bisa sebulan atau enam bulan mungkin lebih besar dari penghasilan Google Adsense.

4. Hard Selling Saat Live Streaming Youtube

Pernah lihat orang jualan di pasar tanah abang atau mungkin saat kamu berkunjung ke pameran ada banyak SPG yang menawarkan produk dagangannya ke pengunjung pameran, ini bisa disebut sebagai teknik penjualan hard selling.

Dagang di Youtube pakai live streaming bisa lebih gila lagi hasil penjualannya. Syaratnya kamu  harus sudah memiliki subscriber yang loyal, barang yang dijual memang sesuai kebutuhan si subscriber, dan harga jual produk yang kompetitif.

Ini bisa berebut parah sih di kolom live chat Youtube saat streaming.

5. Menjual Hasil Karya Video Youtube ke Perusahaan

Ada banyak perusahaan yang mencari content creator untuk program promosi dan iklan kreatif mereka. Saat nama channel Youtube kamu semakin terkenal, ini bisa dijakan sebagai portofolio.

Pernah lihat video iklan dari perusahaan startup yang ada di Indonesia kan? Rata-rata mereka bikin iklan selalu kreatif dan bikin kita terhibur. Ada juga iklan yang mengandung pesan inspiratif.

Youtuber berpeluang besar mendapatkan tawaran ini karena hasil karya mereka sudah terlihat dari jumlah viewer video dan jumlah subscriber.

Wajar, jika saat ini banyak iklan di televisi swasta, yang menampilkan wajah para Youtuber terkenal di Indonesia. Kontrak iklan di televisi swasta, angkanya bisa 100 kali lipat lebih besar dari penghasilan Google Adsense.

6. Membership Channel Youtube

Cara menghasilkan uang dari Youtube selain Google Adsense, yaitu melalui fitur membership. Viewer harus membayar $5 setiap bulannya untuk mendapatkan konten eksklusif.

Ini cara baru dari Youtube untuk meningkatkan penghasilan para Youtuber. Selain itu juga, ada program merchandise official dari Youtube bekerjasama dengan Teespring, untuk menjual barang-barang seperti kaos, casing handphone, dst.

Minimal channel Youtube untuk sistem membership yaitu 100.000 subscriber Youtube, sedangkan untuk sistem merchandising minimal subscriber Youtube-nya adalah 10.000.

Terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Youtube Premier. Secara garis besar hampir sama dengan cara di nomor empat.

7. Galang Donasi Melalui Youtube

Menghasilkan uang dari Youtube bukan soal tentang gimana jadi kaya aja kok. Buat kamu para philanthropist juga bisa menggalang dana untuk keperluan donasi melalui Youtube.

Kalau kamu punya ide untuk campaign kebaikan, seperti membantu seseorang yang sedang kesusahan karena penyakit, bencana alam, terjerat hutang, atau donasi untuk pembangungan masjid  dan sarana umum misalnya.

Kamu bisa memanfaatkan fitur donasi di Youtube. Jika fitur di nomor enam masih di negara-negara maju dalam belum tersedia di Indonesia untuk saat ini. Pada poin ketujuh fitur donasi Youtube sudah tersedia di Indonesia.

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari internet, salah satunya melalui Youtube. Sebagai content creator yang kreatif, kamu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah tidak hanya melalui Google Adsense saja.

Kamu juga bisa menghasilkan uang melalui cara jualan dengan teknik soft selling, bisa melalui affiliate marketing, dan kalau hasilnya kurang nampol bisa jualan dengan cara hard selling di video live streaming.

Jika subscriber loyal sudah banyak, jangan ragu untuk membuat brand sendiri. Jual merchandise kamu bisa melalui program kerjasama dengan Youtube atau bikin sendiri, dan bentuk tim merchandising.

Dari berbagai macam cara untuk menghasilkan uang dari Youtube di atas.  Menurut kamu cara yang paling efektif yang mana? Yuk kita sharing. 🙂