Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Emas yang coba Kami rangkum untuk Anda:

7 Fakta Menarik tentang Emas

1. Emas 4Kg Sebagai Hadiah Bagi Mereka yang Mau Menggunakan Angkutan Umum

Gambar Ilustrasi: Di dubaik mereka yang mau pindah ke transportasi umum dari kendaraan pribadi bisa mendapatkan hadiah 4Kg Emas!

Gambar Ilustrasi: Di Dubai, mereka yang mau pindah ke transportasi umum dari kendaraan pribadi bisa mendapatkan hadiah 4Kg Emas!


Tahukah Anda bahwa di Dubai, otoritas transportasi di negara tersebut menawarkan hadiah yang sangat menggiurkan yaitu, emas seberat 4 kilogram emas.
Sebagai hadiah untuk pengguna kendaraan pribadi yang mau berpindah menggunakan transportasi angkutan umum. Hal ini bertujuan agar masyarakat tidak ketergantungan dengan kendaraan pribadi dan mau beralih menggunakan transportasi umum.
Di Dubai sendiri, penggunaan mobil pribadi termasuk yang tertinggi di dunia, dengan rata-rata 2,3 mobil per keluarga. Sedangkan hanya 13% dari orang yang mau menggunakan transportasi umum. Selain emas, penyelenggara juga memberikan hadiah uang senilai satu juta dirham. Hadiah diberikan secara acak dalam sepekan pada bulan November 2014.

2. Ada Banyak Koin Emas Kuno Ditemukan di Kuala Krueng Doy, Gampong Pande, Banda Aceh

Ada ribuan koin emas kuno di temukan di Banda Aceh, Indonesia

Gambar Ilustrasi: Ada ribuan koin emas kuno di temukan di Banda Aceh, Indonesia


Ada ribuan keping emas di temukan di Kuala Krueng Doy, Gampong Pande, Banda Aceh. Sebagian warga setempat sibuk berburu dan memperjualbelikan koin emas tersebut.
Menurut Sejarawan Aceh, Rusdi Sufi, bahwa ada kemungkinan peristiwa ribuan koin emas yang ditemukan dari sebuah kaleng yang sudah keropos itu berasal dari milik keluarga kerjaaan dari salah satu sultan di Aceh, mengingat Gampong Pande dulunya adalah pusat Kerajaan Aceh.
Selain itu juga, dugaan berikutnya koin emas itu adalah milik keluarga istana yang berlokasi di Gampong Pande pada abad ke-19. Namun karena peristiwa alam, yakni naiknya air laut atau sejenis tsunami. Sehingga koin-koin emas tadi hanyut dan bergeser jauh dari tempat semula disimpan, lalu tertimbun oleh sedimen lumpur.
Namun dari dua dugaan di atas, masih perlu diteliti lebih lanjut mengenai kepurbakalaan oleh arkeolog di lokasi temuan koin-koin emas tersebut untuk menjawab misteri temuan ribuan koin emas yang diyakini sebagai mata uang Kerajaan Aceh itu.

3. Pasangan yang Paling Beruntung Di Dunia Karena Telah Menemukan Koin Emas Bernilai $10 juta

Gambar Ilustrasi: Pasangan Paling Beruntung di Dunia Karena Menemukan Harta Karun

Gambar Ilustrasi: Pasangan Paling Beruntung di Dunia Karena Menemukan Harta Karun


Sepasang pria dan wanita dari California telah menemukan harta karun yang begitu berharga, yaitu tumpukan koin emas yang bernilai $10 juta. Koin emas tersebut berjumlah 1.427 keping berasal dari periode 1847-1894.
Menurut seorang kolektor dan pakar uang (numisnamis) David Hall, temuan ini merupakan salah satu temuan harta karun terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.

4. Penyelam Menemukan 2000 Logam Emas Zaman Kekhalifahan Fatimiyah

Gambar Ilustrasi: Penyelam Menemukan Ribuan Koin Emas Zaman Kekhalifahan Fatimiyah

Gambar Ilustrasi: Penyelam Menemukan Ribuan Koin Emas Zaman Kekhalifahan Fatimiyah


Tumpukan emas tanpa sengaja ditemukan oleh sekelompok penyelam di pesisir Mediterania, dekat Negara Israel. Otoritas Benda Kuno Israel mengatakan bahwa sekitar 2.000 koin emas yang sudah berumur lebih dari 1 abad ini ditemukan oleh beberapa anggota sebuah klub penyelam, di dasar laut.
Temuan yang sangat berharga ini diketahui ternyata koin-koin emas tersebut dikeluarkan oleh Kekhalifahan Fatimiyah, semasa Khalifah Hakim, yang sebagian besar menguasai Timur Tengah dan Afrika Utara dari tahun 909 hingga 1171.

5. Emas Merupakan Instrumen Investasi Kuno yang Tetap Gemilang Hingga Hari Ini

Gambar Ilustrasi: Emas adalah Instrumen Investasi yang Tetap Cemerlang Hingga Hari Ini

Gambar Ilustrasi: Emas adalah Instrumen Investasi yang Tetap Cemerlang Hingga Hari Ini


Manusia zaman Perunggu sudah melakukan jual beli emas, sekitar 2500 sebelum masehi. Para arkeolog dari University of Southampton menemukan rute perdagangan di sebelah barat daya Inggris hingga Irlandia.
Di Irlandia, arkeolog menemukan artefak-artefak emas yang dikemudian diteliti menggunakan teknologi canggih yang bernama laser ablation mass spectometry. Artefak yang ditemukan dipercaya berasal bukan dai tanah Irlandia sendiri, melainkan dibawa masuk dari wilayah Cornwall, Inggris.
Hasil penelitian lebih lanjut mengemukakan bahwa orang-orang yang tinggal di Cornwall, menyadari bahwa emas yang ditemukan akan lebih bernilai tinggi apabila dijual di wilayah lain seperti Irlandia. Mereka memperdagangkan atau menukarkan dengan barang-barang yang lebih mereka butuhkan.

6. Kisah Kereta Emas Nazi adalah Harta Karun yang Paling Dicari

Gambar Ilustrasi: Salah Satu dari 7 Fakta Menarik tentang Emas, yaitu Kereta Harta Karun Milik Nazi

Gambar Ilustrasi: Salah Satu dari 7 Fakta Menarik tentang Emas, yaitu Kereta Harta Karun Milik Nazi


Kisah cerita kereta yang mengangkut emas batangan pada zaman Nazi yang dipimpin oleh Adolf Hitler belum diketahui keberadaannya. Sejumlah ahli menduga bahwa kereta tersebut berada di sebuah wilayah pegunungan kawasan Polandia.
Kereta itu dikabarkan menghilang pada akhir Perang Dunia ke-2 di tahun 1945. Menurut hukum Polandia, 10 persen akan diberikan kepada penemu kereta emas tersebut sebagai hadiah. Deputi Wali Kota Walbrzych, Zygmunt Nowaczyk, mengatakan bahwa apabila ditemukan, kereta emas itu secara legal merupakan milik Perbendaharaan Negara. Ditaksir terdapat US$200 juta termasuk emas dan perak hasil harta rampasan perang.

7. Temuan Mengejutkan tentang Asal dari Datangnya Emas di Bumi

Dari Mana Emas Berasal?

Gambar Ilustrasi: Dari Mana Emas di Bumi Berasal?


Emas berbeda dengan elemen seperti karbon atau besi yang diproduksi oleh sebuah bintang. Emas hanya dapat dihasilkan melalui sebuah fenomena dahsyat, yang disebut dengan short gamma-ray bursts (GRB).
Dari pengamatan terhadap GRB, ditemukan bukti bahwa kejadian itu merupakan akibat dari tabrakan antara dua bintang neutron, atau inti bintang mati yang sebelumnya meledak sebagai supernova.
Kilauan unik selama berhari-hari berada di lokasi terjadinya GRB tersebut, dan berpotensi menandakan adanya pembuatan elemen berat, termasuk emas, dalam jumlah yang cukup besar.
Salah satu astronom terkemuka AS berkata bahwa kita semua menggunaakn baarang-barang bintang, dan perhiasan yang digunakan merupakan barang-barang bekas tabrakan bintang.

Beberapa fakta di atas, menunjukkan bahwa “kemilau emas” tetap cemerlang dari ribuan tahun yang lalu hingga hari ini. Dan masih memiliki daya tarik yang begitu luarbiasa untuk umat manusia.
Bagaimana apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda? Jika iya, mohon bantu sebarkan tulisan ini melalui sosmed yang Anda miliki, bisa share tulisan ini melalui Facebook, Twitter, Google Plus, WhatsApp, dan Line.
 
Sumber:
http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2014/10/141025_dubai_majalah_lain
http://www.tribunnews.com/regional/2013/11/14/sejarawan-koin-emas-kuno-tercecer-saat-keluarga-kerajaan-diserbu-belanda
http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2014/02/140226_budaya_harta
http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/02/150219_budaya_hartakarun_israel
http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/06/manusia-zaman-perunggu-sudah-lakukan-jual-beli-emas
http://www.cnnindonesia.com/internasional/20150827213823-134-75033/polandia-minta-warga-berhenti-cari-kereta-emas-nazi/
http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/07/dari-mana-datangnya-emas-di-bumi