Lagi Cari Peluang Bisnis? Berikut Ini Beberapa Peluang Bisnis yang Bisa Anda Coba di Zaman yang Serba Online Seperti Hari Ini

Di zaman serba digital seperti sekarang, mencari uang lewat internet sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Ada beberapa peluang bisnis online yang bisa dicoba, mulai dari jual beli barang, menjadi blogger, atau menawarkan jasa tertentu yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Kesuksesan bisnis online pun dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah keunikan bisnis yang dijalankan dan juga jumlah pesaing.

Nah, berikut ini akan dibahas 7 peluang bisnis di internet yang sebenarnya sudah ada sejak lama, namun belum terlalu dikenal oleh banyak orang.

1. Jasa Rekening Bersama

Penipuan selalu jadi momok tersendiri dalam hal belanja online, dan salah satu cara untuk meminimalkan resiko penipuan adalah dengan menggunakan rekening bersama atau rekber.

Jasa rekber sebenarnya sudah cukup lama muncul di dunia maya, namun masih banyak orang yang kurang paham dengan rekber dan malas menggunakannya.

Rekber bisa disebut sebagai pihak ketiga yang akan menengahi penjual dan pembeli. Ketika pembeli berbelanja online, ia akan mentransfer uang kepada pihak rekber, sedangkan si penjual baru menerima uang ketika barang sudah sampai di pembeli.

Rekber harus bisa menjadi pihak yang dipercaya karena dia adalah pemegang uang sementara. Biasanya rekber akan mematok tarif berdasarkan jumlah traksaksi. Misalnya pembeli membeli barang dengan harga di bawah Rp5 juta, maka rekber memberi tarif jasa sebesar Rp10 ribu.

Semakin tinggi harga transaksi, maka semakin besar pula tarifnya. Prospek bisnis rekber pun cukup baik mengingat minat belanja online yang masih tinggi.

2. Jasa Titip Pembelian Barang

Jasa titip (jastip) pembelian barang mungkin masih asing bagi sebagian orang. Seperti namanya, jasa titip ini adalah orang yang akan membantu orang lain untuk membeli atau berbelanja suatu barang.

Biasanya barang yang dibeli adalah barang yang cukup langka, limited edition, atau justru tidak ada di Indonesia. Cara kerjanya bisa dilakukan dengan 2 macam cara.

Cara pertama, konsumen bisa langsung menghubungi si penyedia jasa titip untuk dimintai tolong membelikan barang tertentu.

Cara kedua, penyedia jasa titip harus berkeliling tempat, memfoto barang, dan mengunggahnya di media sosial untuk ditawarkan pada pelanggan.

Menjalankan bisnis sebagai penyedia jasa titip tidak butuh modal besar, namun harus pandai memilih barang dengan kualitas yang bagus.

Walau terlihat sepele, peluang bisnis online yang satu ini sebenarnya bisa menghasilkan omzet tinggi bila dijalankan dengan sungguh-sungguh.

3. Jual Beli Item Game

Bisnis yang satu ini lebih cocok dilakukan oleh gamer, khususnya pemain game online. Di dunia game, ada barang-barang tertentu seperti uang game yang biasnya sulit didapat dan banyak dibutuhkan oleh gamer.

Selain uang, ada pula barang-barang virtual lainnya seperti senjata atau armor yang memang dibutuhkan untuk memainkan suatu game.

Di sinilah letak peluang bisnisnya, karena bila Anda memainkan game yang sama dan memiliki barang yang dibutuhkan gamer lain, Anda bisa menjualnya pada mereka dan mendapatkan uang.

Bila dilakukan dengan serius, apalagi bila game-nya masih tergolong baru dan populer, Anda berpeluang meraup jutaan rupiah setiap bulannya.

4. Penjahit Online

Bisnis jasa jahit memang bukan hal baru, namun menjadi penjahit online belum banyak dilakukan orang. Mengingat pesaingnya yang belum terlalu banyak, maka membuka bisnis seperti ini bisa jadi pilihan yang tepat bagi Anda, terutama yang memiliki kemampuan menjahit.

Menjalankan bisnis ini hampir mirip dengan jasa menjahit lainnya. Bedanya, konsumen tidak datang langsung ke tempat penjahit, melainkan memesan secara online sekaligus memberi informasi mengenai ukuran badan.

Pihak penjahit nantinya akan bertugas mencari kain yang tepat dan menjahitnya sesuai dengan permintaan konsumen.

5. Jasa Download

Anda memiliki koneksi internet cepat dengan kuota berlimpah? Kenapa tidak dimanfaatkan saja untuk berbisnis?

Saat ini internet masih menjadi barang yang cukup mahal bagi sebagian orang, karena itu Anda bisa membuka jasa download untuk membantu orang-orang yang ingin men-download data berukuran besar.

Tarif bisa ditentukan berdasarkan ukuran file, misalnya Rp2.000/GB. Untuk prosedurnya, konsumen biasanya akan mengirimkan link yang datanya ingin diunduh.

Setelah itu, konsumen bisa mengirim hard disk eksternal pada si penjual jasa untuk diisi file, atau file yang sudah diunduh di-copy ke DVD untuk dikirim ke konsumen.

6. Jasa Kirim Kado dan Parsel

Memberi kado atau parsel sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan orang Indonesia, namun beberapa orang kadang tidak punya waktu untuk berbelanja atau justru tidak tahu barang apa yang tepat untuk dijadikan bingkisan.

Hal ini bisa menjadi peluang usaha untuk Anda dengan membuka jasa pengiriman kado serta parsel. Bisnis ini sangat mengandalkan kepercayaan konsumen, sehingga Anda harus bisa memberikan pelayanan terbaik dengan menjamin kualitas barang, memastikan barang sampai di tempat tujuan, dan selalu mudah untuk dihubungi oleh pelanggan.

7. Jasa Pembelian Barang di Situs Luar Negeri

Sebagian orang pasti pernah ingin membeli suatu barang, tapi sayangnya barang tersebut tidak ada di Indonesia dan hanya dijual di situs-situs luar negeri seperti eBay atau Amazon.

Bagi beberapa orang, belanja di situs luar pasti merepotkan karena mungkin mereka tidak memiliki kartu kredit, PayPal, atau malah bingung dengan masalah pajak.

Dengan adanya jasa beli barang seperti ini, maka konsumen tidak perlu menghubungi si penjual langsung, cukup mentransfer sejumlah uang pada pihak penyedia jasa, lalu menunggu barang sampai di rumah mereka.

Kemudahan inilah yang harus ditawarkan sehingga banyak konsumen yang tertarik untuk menggunakannya.

Nah, 7 peluang bisnis online di atas sangat menarik untuk dicoba, bukan? Selama Anda memiliki kemampuan atau keahlian khusus, target konsumen yang jelas, serta koneksi internet, bisnis jenis apapun pasti bisa dijalankan dengan mudah.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi anda.