Pernah Anda mengalami ketika baru saja isi pulsa untuk membeli paket internet buat si Android, akan tetapi kurang dari beberapa jam paket internet tersebut sudah habis? Pasti bikin KZL (Kesel) ya?

Nah kekesal ini semakin memuncak manakala paket internet habis lalu menyedot pulsa utama ga bilang-bilang. Emang keliatan bilang si karena dapet notifikasi SMS pemberitahuan bahwa paket internetnya habis.

Tapi tau sendirikan gimana promosinya penyedia jasa telekomunikasi melalui SMS yang hampir setiap hari masuk ke HP. Ganggu banget! Alhasil notifikasi SMS pemberitahuan paketpun tidak terbaca.

Sebenarnya bisa kayak gitu karena kesalahan sendiri apa kesalahan operator si? Nah saya ingin berbagi pengalaman dengan Anda tentang 7 penyebab kuota internet di Android cepat habis.

Kalau di kantor atau kampus tersedia wifi gratisan. Jangan sungkan untuk mematikan data selular yang ada di HP. Terkadang kita suka maleskan matiin paket data dan lebih milih klik tombol yang bergambar wifi.

Faktanya ketika wifi sedang bermasalah maka otomatis smartphone akan menjalankan paket data selular. Mengapa saya rekomendasikan Anda untuk mematikan paket data ketika menggunakan wifi ya itu alasannya.

Jika dilihat penyebab dari cepatnya paket internet habis, bisa banyak. Namun kali ini saya akan coba melihat fenoma yang banyak terjadi di sekitar kehidupan saya. Kurang lebih inilah penyebab kuota internet cepet habis:

  1. Gabung di banyak grup whatsapp dan auto-download gambar/video
  2. Kebanyakan aplikasi chatting sehingga koneksi internet berjalan terus.
  3. Sering memakai aplikasi sosmed biar eksis. Ini juga bisa jadi penyebab kuota internet cepet habis.
  4. Sering nonton video di Youtube/Instagram/Path
  5. Sering upload foto maupun video di sosmed
  6. Update aplikasi android secara otomatis
  7. Sering video call baik via skype, line, YM, dan seterusnya.