Tips Persiapan Sidang Skripsi untuk Mahasiswa Semester Akhir

Hey kamu mahasiswa semester akhir, pastinya sudah tahu dong dan bersahabat malah dengan tugas akhir masa perkuliahan, yups skripsi.

Sudah sampai mana nih skripsinya? Bagi kamu yang masih berjuang, tetap semangat dan fokus ya untuk mengerjakan skripsinya, semoga bisa lulus tahun ini. Aamiin.

Berbicara tentang perjuangan skripsi, kira-kira kalian paling takut saat apa? Kebanyakan orang pasti menjawab yang paling takut adalah saat sidang skripsi.

Mereka beragumen jika sidang skripsi akan melucuti teori-teori dan argumen tentang skripsi mereka, sehinga tidak berkutik di depan dosen yang dianggap “killer”.

Baca juga : 7 Cara Menghemat Uang Saku untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Apakah sidang seserem itu guys? Setiap orang pasti mempunyai anggapan tersendiri ya tentang sidang skripsi. Kalau menurut aku, apapun itu yang rintangan yang menakutkan yang harus dilewati di dunia ini itu berasal dari pikiran kita.

Jadi sebenarnya tidak ada hal yang benar-benar menakutan, haya saja pikiran kadang menggambarkan situasi yang tidak menyenangkan dan membumbuinya dengan berbagai macam kemungkinan-kemungkinan buruk.

Sebenarnya tidak perlu berpikir seserem itu ya guys. Kamu hanya perlu menyiapkan rencana-rencana untuk menghadapi setiap kemungkinan yang ada. Oleh karena itu, perlu adanya siasat untuk mengatasi rasa ketakutan itu, terutama di sini adalah saat menghadapi sidang skripsi.

Berikut Ada 7 Tips Menghadapi Dosen yang Dianggap Killer Saat Sidang Skripsi :

1. Perbanyak Ibadah Sebelum dan Sesudah Sidang Skripsi Plus Kurangi Maksiat

Ini salah satu hal yang ga boleh ditinggalan dan penting banget guys. Jika kamu hendak akan menghadapi sidang skripsi, hal utama yang harus kamu lakukan adalah melakukan ibadah.

Dalam situasi itu, kamu harus senantiasa berdoa akan kelancaran dan terhindar dari kecemasan dan rasa takut. Jangan lupa juga minta doa ke orang tua sama orang-orang terdekat ya.

Karena doa mereka khususnya orang tua adalah yang paling mujarab. Misalnya kamu adalah seorang muslim, kamu juga bisa melakukan sholat sunnah dua raka’at sebelum sidang skripsi berlangsung dalam sholat tersebut berdo’alah yang terbaik untuk sidang kamu.

2. Mempersiapkan Diri Kamu dengan Cara Menjadikan Perpustakaan Sebagai Rumah Kedua

Persiapan ini poin yang sangat penting juga guys yang harus diperhatikan. Persiapan diri mencakup didalamnya fisik dan persiapan mental. Oke mari kita kupas satu persatu :

  • Persiapan Fisik

Sebelum presentasi di sidang skripsi, kamu harus mempersiapkan fisik kamu dengan melakukan aktivitas yag menyehatkan badan. Misalnya kamu harus istirahat yang cukup, makan yang bergizi, berolahraga yang rutin.

Aktivitas yang sehat ini akan mampu meningkatkan kemampuan sel-sel tubuh dan otak kamu guys,
sehingga kamu akan lebih konsentrasi, bertenaga, dan percaya diri untuk menghadapi sidang skripsi. 
Sebaliknya aktivitas yang buruk sebelum sidang, seperti misalnya begadang, tidak makan ataupun minum dan makan yang tidak sehat, malah justru akan menghambat kinerja tubuh dan pikiran kamu. 
Sehingga kamu akan merasakan kelelahan dan perasaan tidak nyaman lainnya yang akan menghambat sidang skripi kamu.

  • Persiapan Mental

Persiapan mental sebenarnya berubungan dengan fisik juga, jika aktivitasmu sehat, maka kondisi mental kamu juga akan lebih baik dan sehat.

Namun ada hal-hal lain yang harus kamu lakukan dalam upaya persiapan mental ini, diantaranya adalah beribadah, rileksasi, dan latihan-latihan atau simulasi sidang.

Selain itu juga kamu harus sering-sering main ke perpustakaan untuk membaca penelitian terdahulu, atau penelitian yang mirip atau sejenis. Karena bisa jadi akan ada kesamaan beberapa teori dasar.

Semakin banyak jurnal yang kamu baca tentunya akan sangat membantu kamu dalam kepenulisan. Karena bagaimana bisa menulis kalau kamu tidak banyak membaca.

Rumusnya sederhana, baca minimal 3 kali buku yang berbeda, baru tulis 1 kali. 🙂

3. Mempersiapkan Materi Sidang dengan Metode MSK (Menarik, Simpel dan Komplit)

Sebelum kamu presentasi, alangkah baiknya kamu mempersiapkan semua materi yang akan kamu presentasiin. Kamu dapat meringkasnya dan mengurainya ke beberapa poin yang akan kamu sampaikan.

Persiapan ini sangat penting terutama untuk menghadapi momen yang penting seperti sidang skripsi ini. Jadi bagi kamu yang memang mungkin cerdas dan berbakat hampir mengingat keseluruhan dari skripsi kamu, tetap saja kamu harus mempersiapkan yang terbaik untuk sidang kamu.

Tentunya hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang akan terjadi. Hal ini juga berlaku sebaliknya ya guys.

Jika kamu merasa tidak percaya diri dan sangat takut serta cemas, sehingga kamu mempersiapkan materi yang benar – benar matang untuk dipresentasiin nanti, dengan ribuan catatan yang harus kamu sampaikan.

Baca juga : 7 Bisnis Jasa yang Mudah Dijalankan Saat Jadi Mahasiswa

Berhenti lakukan itu. Hal itu akan membuat kamu semakin kurang percaya diri dan mengandalkan catatan yang ada.

Alhasil saat presentasi, kamu malah akan kehilangan poin penting, dan presentasimu akan melebar. Paling enak juga kalau kamu punya materi presentasi dari alumni sebelumnya.

Itu sangat membantu sekali. Filter juga minimal alumni yang nilai sidang atau skripsinya tinggi. Lalu kamu coba amati pola mereka. Setelah itu lakukan ATM (amati, tiru, modifikasi) aja.

So, lakukan sebaik mungkin untuk persiapan materi kalian ya namun jangan terlalu berlebihan juga.
Karena apa? Hasil tidak akan pernah menghianati usaha. Selagi kalian sungguh-sungguh saat mengerjakan skripsi insyaAllah saat presentasi di sidang skripsi pasti akan dilancarkan.

4. Persiapan Keterampilan Presentasi Kamu dengan Banyak Berlatih

Persiapan keterampilan presentasi merupakan sangat penting. Disini kamu bisa melatih keterampilan presentasi untuk sidang skripsi di depan cermin dengan materi yang sudah kamu susun sebelumnya.

Atau bisa juga dengan mempresentasikan materi slide kamu ke teman-teman terdekat atau keluarga. Mintalah feedback dari mereka. Materi presentasi yang keren templatenya bisa kamu tiru dari situs semacam Canva atau Slideshare.

Kamu juga perlu mempersiapkan rencana-rencana akan berbagai kemungkinan yang akan terjadi saat presentasi nanti.

Misalnya terhadap bab yang kamu kira itu lebih sulit, maka kamu harus lebih giat latihan di bab tersebut. Kamu juga perlu mempersiapkan alternatif jawaban yang sekiranya muncul saat kamu presentasi nanti.

5. Tampilkan Kesan Ramah, Sopan, dan Rendah Hati Pada Saat Sidang Skripsi

Saat dihadapan dosen penguji, kamu harus menampilkan kesan yang ramah, sopan, dan rendah hati. Beri senyuman yang tulus ke dosen penguji dan hormati dia sebagai orang yang lebih tua dan berpengalaman, serta ingin tahu skripsimu.

Kesan yang ramah dan sopan santun akan menghasilkan aura positif yang akan membuat dosen pembimbing kamu lebih memperhatikanmu karena secara tidak langsung kamu akan terlihat sebagai pribadi yang baik dan menarik.

Hal ini tentunya juga akan berpengaruh dengan perlakuan dosen pengujimu khususnya dosen yang dianggap killer terhadap presentasi kamu di sidang skripsi. Saat dosen memberikan saran atau masukkan jangan skepstis atau asal terima-terima saja.

Di sinilah kamu harus bijak saat di mana kamu harus memang menurut kata dosen atau kamu bisa memberikan argumentasi sanggahan ilmiah atas saran yang diberikan oleh dosen kamu tersebut.

6. Hindari Pembahasan Materi yang Kamu Kurang Menguasai

Dalam presentasi, tidak jarang ditemukan suatu tema yang diluar topik pembahasan. Tema tersebut muncul saat kita memberi contoh, atau dapat juga karena pembahasan yang terlalu kompleks dan tidak berfokus.

Oleh karena itu, perlu penyederhanaan materi ke poin-poin pembahasan yang nantiya akan kamu sampaikan. Selain penyederhanaan kamu juga perlu mendalami setiap poin-poin tersebut.

Intinya adalah lebih baik pembahasan yang terfokus tapi mendalam, dari pada pembahasan yang luas namun malah melebar dan merembet ke tema atau teori yang belum terlalu kamu fahami sebelumnya.

Baca juga : Cara Mengetahui NIM untuk Mahasiswa yang Lupa

Pembahasan terlalu melebar ke topik yang belum kamu fahami malah akan menampakkan kelemahan kamu, dan ini yang akan dijadikan dosen penguji senjata untuk melucuti kamu saat sidang skripsi.

So, buat dosen pengujimu terkesan dengan materi yang kamu paham dan kamu sampaikan mendalam dengan bahasa yang bagus dan contoh yang konkret.

Perhatikan juga kesalahan kepenulisan, seperti typo, idiom, grammar dalam bahasa inggris atau bahasa asing lainnya.

7. Belajar Manajemen Panik & Stress Itu Penting Lho!

Panik mungkin akan senantiasa menyerang saat akan dan saat kita presentasi. Namun hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah me-manage-nya.

Karena apa? Panik akan merusak segalanya yang telah kita siapkan dan akan membuyarkan materi yang telah kita tahu sebelumnya. Panik ini seperti serangan yang datangnya tiba – tiba saat kita dihadapkan pada situasi yang menimbulkan kecemasan.

Untuk itu kamu perlu mengatasinya dengan baik. Hal-hal yang bisa kamu lakukan diantaraya adalah sebagai berikut:

  • Olah nafas : Tarik nafas tahan selama beberapa detik dan hembuskan bersamaan dengan ketegangan yang ada. Lakukanlah berulang – ulang hingga tubuh kamu merasa lebih rileks dan tenang. 
  • Fokus dan konsentrasi : Hilangkan semua pikiran tentang masalah yang sedang menimpa kamu, karena hal itu akan membuyarkan konsentrasimu terhadap materi presentasi. Oleh karena itu, kamu harus fokus dan konsentrasi untuk menghadapi sidang skripsi dengan dosen penguji killer. 
  • Ucapkan kata positif ke dalam dirimu : ucapkanlah kata – kata yang postif bahwa kamu bisa melewati semua ini. Sidang tidak menakutkan, dan Dosen Killer tidaklah menakutkan. Ucapkan kalimat yang positif bahwa “aku bisa melakukan yang terbaik, dan aku mampu menaklukan dosen killer. 
  • Berdoa dan pasrah : Dengan berdoa dan pasrah setelah berusaha semaksimal mungkin, insyaAllah hati akan lebih tenang dan hasilnya sesuai dengan apa yang dihrapkan. 
  • Menemui psikolog : Jika dirasa kamu memang memiliki kepanikan yang berlebihan dan di luar batas wajar terhadap sesuatu, terutama saat menghadapi sidang skripsi. Mungkin kamu dapat menghubungi psikolog untuk berkonsultasi dan meminta saran yang terbaik untuk mengatasi kepanikan berlebihan. 

Oke baik guys, itu di atas adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi sidang skripsi dan dengan penguji yang killer.

Intinya, jangan takut dengan apa yang ada dihadapan kita, jika kita sudah memiliki cukup bekal dan pengorbanan untuk menyambutnya. Ingat ya guys, hasil tidak akan menghianati usaha.

Baca juga : Lowongan Kerja Palsu Siap Mengincar Para Lulusan Baru

So bagi kamu yang waktu dekat ini mau sidang, jangan lupa untuk lebih rajin beribadah, jaga kesehatan, dan persiapkan diri dan materi sebaik mungkin.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi kamu pejuang skripsi yang akan sidang. Semangat 🙂