Berikut Ini Daftar Addon Wajib untuk Browser Kamu

Hari ini di sosial media marak sekali terjadi perbincangan tentang virus atau malware yang mencoba mengelabui nasabah dari bank-bank ternama yang muncul secara popup.

Lalu meminta nomor token, seolah popup tersebut muncul dari website internet banking dari bank tersebut. Wah bahaya ya klo kita main masuk-masukin nomor token tersebut. Nah apa yang terjadi saat ini ada kaitannya dengan artikel yang akan kita bahas sekarang.

Kita akan membahas tentang ” Addon wajib yang harus ada di browser “. Sebenarnya cara ini tidak benar-benar menyelesaikan permasalahan yang terjadi di atas.

Kita akan coba membahas cara penyelesaiannya di artikel kita yang lain. Untuk saat ini yang bisa Anda lakukan adalah memastikan bahwa browser yang Anda pakai sudah menggunakan versi ter-update dari pengembang software tersebut.

Bagaimana cara mengecek versi ter-update dari browser yang saya pakai? Mudah sekali. Caranya tinggal klo Anda pakai Mozilla Firefox dan Chrome.

Pengguna Firefox coba klik tombol ALT pada keyboard laptop atau komputer Anda. Lalu pilih help dan About Firefox. Maka browser akan secara otomatis mengecek versi ter-update dari browser yang Anda pergunakan.

Bagi pengguna Chrome, Anda tinggal buka setting, lalu pilih About Google Chrome. Maka browser Anda langsung akan melakukan hal yang sama.

Selanjutnya apa saja si plugin yang saya rekomendasikan untuk Anda install di komputer atau laptop Anda? Oke simak artikel berikut ini:

1. Lawan iklan dengan AdBlock

Lawan iklan dengan Adblock via n4gm.com

Lawan iklan dengan Adblock via n4gm.com

Terkadang namanya virus juga bisa berasal dari iklan loh! Tentunya iklan yang di maksud seperti misalnya Anda harus mengunduh aplikasi tertentu atau browser Anda tiba-tiba mengunduh aplikasi tertentu secara otomatis karena browser Anda yang tidak up-to-date sehingga celah ini dimanfaatkan untuk memasukan virus, malware, dan program jahat lainnya secara diam-diam dan otomatis.

Jika Anda muak dengan banyaknya iklan di suatu website tertentu. Maka Anda dapat mempergunakan addon ini untuk menghilangkan gambar-gambar iklan di website tersebut. Lumayan, bagi Anda yang menggunakan internet dengan kuota yang lagi tipis bisa menghembat kuota internet Anda. Hehe bener kan? Jika ingin mempergunakan Addon ini silahkan download di halaman berikut ini:

1. Pengguna Mozilla Firefox:

https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/adblock-plus/

2. Pengguna Google Chrome:

https://chrome.google.com/webstore/detail/adblock/gighmmpiobklfepjocnamgkkbiglidom?hl=en

3. Pengguna Browser Opera:

https://addons.opera.com/en/extensions/details/adblockforopera/?display=en

  1. Pengguna Browser
    https://extensions.apple.com/

2. Block iklan flash yang menganggu dengan FlashBlock

Iklan flash memang terkadang menyebalkan bisa kok kita block via vcmedia.vn

Iklan flash memang terkadang menyebalkan bisa kok kita block via vcmedia.vn

Wah iklan gambar aja udah bikin kuota jebol apa lagi ditambah iklan-iklan yang berbasis flash. Hehe. Sebenarnya hal ini seperti punya polemik tersendiri si.

Bagi pengunjung website memang menyebalkan melihat iklan-iklan tersebut. Tapi bagi pengembang website itu sendiri, dari sana mereka bisa menghasilkan pendapatan. Tetapi alangkah bijaknya jika iklan yang tampilpun disesuaikan jumlahnya.

Sehingga pengujung pun merasa wajar dengan hal ini dan sama sekali tidak terganggu dengan website yang memiliki iklan. Bagi Anda yang terkadang kesal dengan iklan tertentu dengan berbasis flash.

Anda bisa mencoba menggunakan layanan berikut ini untuk mengontrol iklan yang menggunakan flash agar tidak langsung tampil begitu saja di browser yang Anda gunakan. Silahkan jika Anda ingin mempergunakannya. 🙂

1. Pengguna Mozilla Firefox:

https://addons.mozilla.org/en-us/firefox/addon/flashblock/

2. Pengguna Google Chrome:

https://chrome.google.com/webstore/detail/flashcontrol/mfidmkgnfgnkihnjeklbekckimkipmoe?hl=en

3. Pengguna Browser Opera:

https://addons.opera.com/en/extensions/details/flashblocker/?display=en
4. Pengguna Browser
https://extensions.apple.com/

3. Ketahui reputasi suatu website dengan Web Of Trust

Cek reputasi sebuah website melalui WOT via meshcreation.com

Cek reputasi sebuah website melalui WOT via meshcreation.com

Ingin berbelanja online di luarnegeri tapi takut website tersebut bisa dipercaya apa ngga. Ada salah satu tools yang bisa dipergunakan untuk mengecek reputasi suatu website tertentu apakah dapat dipercaya atau tidak.

Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi yang bernama WOT (Web of Trust). Website WOT akan memberikan informasi tentang reputasi suatu website tertentu dari review para netter.

Sebelumnya kita telah membahas hal ini pada artikel Cek reputasi kepercayaan website Anda. tools ini bisa menjadi salah satu acuan untuk Anda dalam berbelanja online.

Meskipun terkadang beberapa website penipu atau terindikasi penipuan ada loh yang indikatornya tetap berwarna hijau. Jadi tidak bisa dibilang aplikasi ini 100% website tersebut benar-benar terpercaya. Jadi tetap harus hati-hati ya. 🙂

Kesimpulan

Ada berbagai cara dalam menghindari situs-situs berbahaya untuk dikunjungi karena terindikasi memiliki skrip jahat yang mengintai Anda selama surfing di dunia maya.

Salah satu cara menghindarinya adalah dengan cara Anda selalu mengecek secara rutin dalam kurun waktu tertentu browser yang Anda pakai agar selalu menggunakan yang ter-up-to-date.

Iklan di website memang menyebalkan, Anda bisa memblok iklan tersebut dengan Addon wajib yang kamu install seperti AdBlock dan FlashBlocker. Namun iklan juga merupakah salah satu cara pengembang website mendapatkan pendapatan dari website yang dimilikinya.

WOT (Web of Trust) merupakan addon yang membantu Anda dalam memberikan rambu-rambu terhadap website yang memiliki reputasi kepercayaan yang rendah, sedang, dan tinggi.

Hasil tersebut bisa didapatkan salah satunya dari hasil laporan netter atau user atau client dari web tersebut yang melaporkannya ke pihak WOT (Web of Trust).

Acuan ini tidak 100% benar juga. Anda pun harus melakukan analisa dan riset tertentu untuk mendapatkan informasi yang tepat dan benar.

Namun baik untuk Anda yang belum terlalu paham bagaimana cara menganalisa dan melakukan riset terhadap situs yang terpercaya atau tidak. Addon ini dapat melakukannya untuk Anda.