Tidak Ingin Kehilangan Privasi di Internet? Uninstal Addon Web of Trust dari Browser Anda

Addon web of trust saat ini telah dihapus dari daftar list addons browser Google Chrome dan Mozilla Firefox. Addon ini ternyata mengumpulkan dan menjual informasi data penggunanya kepada pihak ketiga.

Sebelumnya saya menggunakan addon ini sebagai pelindung online tambahan. Misalnya pada saat saya ingin bertransaksi di sebuah toko online tertentu.

Hal yang pertama kali saya lakukan adalah melihat reputasi online dari toko online tersebut. Caranya ya dengan menggunakan addon web of trust ini salah satunya.

Tidak hanya itu, website yang bermasalah atau teridentifikasi penipuan, tingkat kepercayaan publik, dan perlindungan anak bisa kita ketahui melalui indikator dari addon web of trust.

Informasi di atas didapatkan berdasarkan review dan rating yang diberikan oleh netizen yang telah mengunjungi, bertransaksi, atau menggunakan layanan dari sebuah situs tertentu.

Sebagai contoh, jika indikator dari web of trust sebuah website berwarna hijau maka itu menandakan bahwa website tersebut aman untuk dikunjungi atau bisa dibilang web tersebut terpercaya.

Indikator berwarna kuning menandakan sebuah website pernah mengalami suatu masalah karena ada report dari netizen mengenai hal tersebut di situs web of trust atau bisa juga dari addons browser.

Situs yang bermasalah, mengandung konten pornografi atau kekerasan, penipuan, terdapat ancaman seperti malware, dan hal-hal negatif lainnya akan diinformasikan melalui indikator yang berwarna merah.

Sedangkan indikator web of trust yang berwarna abu-abu menandakan informasi mengenai sebuah website tertentu belum cukup untuk dikategorikan ke dalam tiga indikator (hijau, kuning, dan merah).

Addon ini telah diunduh sebanyak 140 juta kali oleh banyak pengguna dari seluruh dunia. Sayangnya kepercayaan terhadap addon web of trust menurun setelah adanya laporan dari NDR.

Menurut NDR, addon ini telah mengumpulkan (kebiasaan browsing) dan menjual data penggunanya kepada pihak ketiga tanpa menganonimkan datanya secara benar.

Berdasarkan hasil laporan dari sampel data kecil yang berjumlah sekitar 50 pengguna WoT, dapat diketahui data-data sebagai berikut ini:

  1. Nama Akun
  2. Alamat surat
  3. Kebiasaan belanja
  4. Penyakit yang memungkinkan
  5. Rencana perjalanan
  6. Konsumsi obat
  7. Preferensi seksual
  8. Informasi rahasia perusahaan
  9. Penyelidikan polisi yang sedang berlangsung
  10. Kegiatan browsing termasuk semua situs yang dikunjungi

Di era saat ini informasi di atas adalah mata uang yang sangat berharga dan diperlukan oleh perusahaan pemasar dalam memahami tingkah laku (behaviour) konsumen mereka.

Informasi dari sanalah sebuah produk bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Tidak hanya itu pemasar juga bisa membuat strategi marketing yang tepat untuk meningkatkan penjualan mereka.

WoT (web of trust) adalah salah satu addon browser yang terbilang cukup bermanfaat. Sayangnya untuk saat ini lebih baik menguninstal addon ini dari browser Anda adalah pilihan yang tepat.

Cara menguninstall addon web of trust dari browser chrome, yaitu dengan cara klik kanan pada addon web of trust. Lalu pilih remove from chrome. 

Sedangkan untuk menghapus addon web of trust dari browser Mozilla Firefox, yaitu dengan cara pilih menu Tools > Addons> Extensions > pada addon web of trust klik tombol remove.

Jangan lupa untuk menghapus data-data browsing Anda setelahnya, dengan cara menekan tombol pada keyboard Shift + Ctrl + Delete. Setelah muncul jendela baru kemudian klik clear browser data.

Bagikan tulisan di atas melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path ke teman-teman Anda yang belum mengetahui informasi penting di atas.

Karena hingga saat ini masih banyak pengguna yang belum mengetahui permasalahan privasi dari addon web of trust ini. Satu share di jejaring sosial sangat bermanfaat sekali bagi pengguna lainnya.

Informasi terbaru dari Situstarget.com bisa Anda dapatkan melalui alamat email Anda setiap kali ada tulisan terbaru di blog ini, dengan cara mendaftarkan e-mail dan nama Anda di kotak subscribe di bawah tulisan ini.