Punya Windows 10 Original Cuma Bingung Aktivasinya? Berikut Panduan Cara Aktivasi Windows 10

Pada dasarnya operating system atau yang biasa dikenal dengan OS merupakan salah satu komponen utama agar sebuah komputer atau laptop dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Sehingga satu hal yang harus anda pahami bahwa hardware dan software sampai kapanpun tidak akan pernah bisa dipisahkan.

Windows saat ini masih memegang predikat sebagai salah satu OS paling laris karena kemudahan di dalam penggunaan dan aktivasi Windows 10 yang sangat mudah.

Oleh karena itu perlu anda pahami bahwa memilih OS tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena bisa saja berpotensi merusak komponen hardware dan software lainnya apabila tidak terintegrasi dengan baik.

Pada dasarnya Windows merupakan salah satu produk berjenis OS yang dihasilkan oleh perusahaan teknologi ternama di dunia.

Windows sendiri sebagai salah satu produk unggulan Microsoft telah melalui berbagai macam perkembangan di berbagai generasi teknologi komputer.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Windows adalah OS ini menggunakan sistem antar muka untuk melakukan pengaturan.

Sehingga penggunanya tidak perlu lagi menggunakan kode-kode tertentu seperti MS-DOS.

Selain itu aktivasi Windows 10 sebagai versi terbaru juga semakin mudah sehingga OS ini semakin banyak diminati.

Meskipun tidak banyak yang mengetahui, Windows sebagai OS yang diterapkan di dalam komputer atau laptop anda memiliki peranan yang sangat penting.

Peranan utama Windows yakni menjadi jembatan penghubung utama antara perangkat keras dan perangkat lunak agar dapat bekerja dengan integrasi yang baik.

Selain menjadi penghubung, Windows juga berfungsi untuk melakukan pengelolaan semua sumber daya yang dijalankan baik sifatnya perangkat keras maupun lunak.

Peranan selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu Windows menjadi “pihak” yang bertanggung jawab mengelola input dan output data yang masuk.

Sehingga penting bagi anda untuk mengetahui aktivasi Windows 10 yang tepat.

Kelebihan Windows 10 Yang Harus Anda Ketahui

Sebelum mengetahui tahapan aktivasi Windows 10 yang benar, maka ada baiknya jika anda mengetahui beberapa kelebihan Windows 10.

Berikut beberapa kelebihan Windows 10 yang memudahkan penggunanya :

1. Fitur Cortana

Selain memberlakukan tahapan aktivasi Windows 10 yang sangat mudah, versi kali ini juga menambahkan fitur canggih yang jarang dimiliki oleh sebuah Operating System.

Cortana sendiri merupakan sebuah fitur digital assistant yang dapat menjalankan berbagai macam perintah melalui suara dari pengguna Windows 10 tersebut.

Tidak hanya menjalankan perintah formal, Cortana juga di desain untuk bisa menceritakan sebuah “obrolan” atau topik untuk menghibur penggunanya.

Oleh karena itu bagi beberapa pengguna Windows 10, Cortana dianggap mampu menjadi teman andalan saat melakukan pekerjaan di komputer atau laptop.

2. Web Browser Terbaru

Seperti yang kita ketahui bahwa pada versi Windows sebelumnya, OS ini selalu menggunakan “ Explorer” sebagai web browser.

Namun pada faktanya penggunakan Explorer justru merusak kinerja dari Windows itu sendiri karena terlalu berat.

Sehingga kerap kali mengalami crash ketika sedang dijalankan. Pada versi Windows 10, Microsoft kali ini menggunakan “ Microsoft Edge” yang diklaim lebih ringan dan cepat.

Selain itu anda juga bisa menulis atau mencoret-coret halaman web browser sehingga tidak perlu susah-susah untuk mengetikkan halaman website.

Tentunya hal tersebut menambah poin lebih selain aktivasi Windows 10 yang mudah.

3. Multitasking

Fitur ini merupakan salah satu gebrakan baru dari Windows 10 sebagai OS ternama di dunia.

Kehadiran fitur ini memungkinkan anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan efisien.

Dengan menggunakan fitur ini anda dapat membuka 3 jendela desktop sekaligus dalam satu layar komputer.

Hal yang harus anda ketahui bahwa hingga saat ini hanya Windows yang mempergunakan fitur ini.

Sehingga anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan Windows 10 karena fitur yang unggul dan aktivasi Windows 10 yang jauh lebih sederhana.

Dibalik beberapa kelebihan tersebut ternyata Windows 10 juga diklaim memiliki kekurangan meskipun pengaruhnya tidak terlalu signifikan.

Berikut beberapa kelemahan Windows 10 yang wajib anda ketahui :

  1. Dalam penggunaannya ternyata tidak semua perangkat komputer bisa kompatibel dengan Windows 10. Hal tersebut dikarenakan beberapa fitur baru di dalam Windows 10 membutuhkan spesifikasi khusus dari sebuah hardware.
  2. Selain itu untuk bisa mengaktifkan Windows 10 di komputer anda, anda memerlukan koneksi internat yang cepat dan stabil. Karena ukuran data Windows 10 sendiri sangat besar.

Cara Mudah Aktivasi Windows 10 Dengan Cepat

Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan Windows 10 maka hal selanjutnya yang harus anda pahami adalah mengenai tahapan aktivasi Windows 10 yang tepat.

Berikut langkah-langkah aktivasi yang harus anda selesaikan :

  1. Akses bagian Setting pada Windows anda. Kemudian pilih menu “ Update& Security “. Setelah itu klik pilihan menu “ activation“. Maka anda bisa melihat bahwa Windows 10 belum diaktifkan secara menyeluruh.
  2. Selanjutnya klik menu Change Product Key. Kemudian masukkan kode produk Windows 10 yang anda miliki. Perlu diingat bahwa kode ini bisa anda dapatkan dengan membeli Windows 10 yang asli.
  3. Kemudian klik tombol Next. Maka proses aktivasi akan berjalan secara otomatis dimana proses ini membutuhkan koneksi internet yang stabil.
  4. Setelah proses aktivasi selesai maka anda hanya perlu “ Restart“ komputer atau laptop anda, maka Windows 10 sudah siap sepenuhnya untuk digunakan.

Demikian artikel ini semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.