Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack oleh Orang Lain

Beberapa kasus akun facebook teman saya yang dihack, rata-rata akun FB yang berhasil diretas tersebut digunakan untuk modus penipuan. Seperti meminjam uang kepada teman-teman yang ada di kotak list facebook.

Ada yang langsung percaya, lantaran kedekatan personal dengan orang yang punya facebook di dunia nyata, dan langsung percaya begitu saja. Main transfer tanpa mencoba menghubungi ke nomor yang bersangkutan terlebih dahulu.

Alhasil, teman yang transfer kena tipu dan orang yang dihack facebook-nya jadi dikambing hitamkan. Bisa jadi reputasi individu maupun bisnis anda menjadi taruhannya jika orang lain berhasil meretas akun facebook anda.

Tidak hanya itu, akun FB yang dihack juga ada yang diganti Fanspage atau Group Facebook yang dimiliki oleh si korban dan diganti menjadi toko online milik orang lain, yang tentunya hal ini bisa berimbas kepada penghasilan toko online anda.

Baca juga : Tips Menjaga Keamanan Akun Facebook Terbaru di 2017

Belum lagi masalah privasi, seperti daftar kontak dari smartphone yang anda hubungkan ke Facebook bisa berpindah tangan ke orang yang tidak bertanggung jawab, lalu pesan yang ada di private message bisa saja dibaca oleh si peretas.

Solusi mecegahnya sederhana saja, anda hanya perlu mengganti password untuk akun online anda secara berkala. Jika tersedia fitur step verification, saya merekomendasikan anda untuk menggunakan fitur tersebut.

Lantas bagaimana jika sudah terlambat? Saat ini akun facebook sudah berhasil dihack, apakah ada solusinya?

Cara Mengetahui Apakah Akun Facebook Dihack atau Tidak

Hal yang pertama kali perlu anda lakukan adalah memastikan apakah benar facebook anda telah dihack atau tidak. Jika seseorang berhasil login maka ia akan meninggalkan jejak.

Anda bisa melihat jejak tersebut dengan cara mengklik menu Setting -> pilih Security and Login atau anda bisa menggunakan link berikut ini. Anda bisa mengetahui daftar device yang baru saja berhasi login dan menggunakan facebook anda.

Dari jejak tersebut anda bisa mengetahui seperti sistem operasi apa yang digunakan, lokasi perangkat, dan status login (apakah sedang aktif, aktif beberapa menit atau jam yang lalu) dari akun facebook anda.

Klik tulisan See More untuk mengetahui histori login yang lebih lama. Jika ternyata terindikasi ada aktivitas yang mencurigakan. Berikut hal-hal yang perlu anda lakukan untuk melindungi akun facebook anda.

1. Segera Ganti Password Akun Facebook Anda Selagi Masih Bisa Diubah!

Pertama jika akun facebook anda masih bisa anda login tanpa hambatan, yang mungkin si peretas sendiri belum mengganti password akun facebook anda. Hal pertama kali yang harus anda lakukan yaitu mengubah password facebook anda.

Caranya yaitu pilih menu Settings -> Security and Login -> Login — Change Password. Masukkan password anda saat ini, lalu masukan password baru yang lebih kuat, atau anda bisa gunakan password manager, dan klik Save Changes.

Lanjut ke tahap berikutnya di nomor 2.

2. Logout Semua Sesi Setelah Berhasil Mengubah Password Facebook

Setelah berhasil mengganti password facebook anda. Tahap kedua yang perlu anda lakukan yaitu me-logout semua sesi. Sebelum melakukan hal ini pastikan bahwa password yang anda rubah ditahap awal benar-benar anda ingat/simpan.

Saya menyarankan agar anda logout semua sesi dengan cara mengklik tulisan Log Out Of All Sessions. Setiap perangkat yang anda gunakan untuk login facebook misalnya saja aplikasi facebook di smartphone atau browser komputer.

Anda akan diminta untuk memasukan username dan password kembali (ingat gunakan password yang baru bukan yang lama, di poin pertama anda sudah mengubah password anda).

Jika anda tidak ingin untuk me-logout seluruh sesi, anda bisa pilih secara manual kira-kira mana device yang mencurigakan. Lalu pilih menu titik tiga vertikal, lalu klik log out untuk device yang anda rasa mencurigakan.

Bagaimana jika si peretas berhasil mengganti password duluan sehingga saya tidak bisa login? Anda bisa menggunakan cara ketiga di bawah ini untuk mengambil kembali facebook yang dihack tersebut.

3. Gunakan Fitur Reset Password Facebook untuk Mengembalikan Akun Facebook yang Dihack

Saya berharap anda tidak menggunakan password yang sama untuk akun email dan akun facebook. Mengembalikan akun facebook yang dihack itu seperti tim gegana yang sedang menjinakan bom.

Anda akan berlomba dengan waktu, terlambat sedikit saja mungkin facebook anda sudah benar-benar dikuasai oleh si peretas. Sedikit dramatisir si tapi memang seperti itu kenyataannya.

Jadi selagi masih ada waktu dan kesempatan. Tidak ada salahnya jika anda menggunakan fitur reset password facebook untuk mengembalikan akun facebook anda. Segera reset password anda di sini.

4. Bantu Laporkan Ke Pihak Facebook Jika Facebook Anda / Akun FB Milik Teman Anda Dihack

Bagaimana cara melaporkan ke pihak facebook jika akun facebook saya atau akun facebook milik teman saya telah dihack oleh orang lain? Anda bisa melaporkan perihal tersebut melalui halaman facebook.com/hacked.

Pihak facebook akan membantu anda untuk mengembalikan akun yang diretas tersebut. Informasi resmi mengenai cara melaporkan ke pihak facebook terkait akun yang diretas bisa anda baca di halaman berikut ini.

5. Cara Pencegahan agar Tidak Terjadi Peretasan Akun Facebook Kembali

Setelah saya mendapatkan akun facebook saya kembali, lantas adakah cara agar akun facebook saya aman? Hal yang wajib anda lakukan untuk melindungi akun facebook, yaitu gunakan password yang kuat dan aktifkan 2FA facebook.

Baca juga : Tips Agar Timeline Facebook Anda Terhindar dari “Kegiatan Spam”

Selain itu, jangan gunakan password yang sama untuk semua akun online anda. Usahakan membuat password yang berbeda untuk e-mail, akun facebook, instagram, dan seterusnya. Ribet? Gunakan saja password manager.

Kesimpulan

Semoga kelima hal di atas bisa menjadi solusi bagi anda yang akun facebooknya dihack. Selain cara di atas, kira-kira apakah anda memiliki tips lain agar facebook yang diretas bisa dikembalikan lagi. Yuk, kita diskusikan.

Jangan lupa untuk subscribe channel Youtube kami yang beralamat di Youtube.com/c/Situstarget. Jika ada 100 subscriber saya akan buatkan materi video yang bermanfaat untuk anda.