Tips Agar Akun Instagram Tidak Mudah Di Hack

Menjadi selebritis tidak harus muncul di layar televisi, melalui sosial media saat ini banyak sekali yang menjadi artis tenar tanpa perlu casting ini itu. Cukup upload foto di instagram, bikin hashtag dan tulisan menarik.

Dan boom! Ketika Anda sudah memiliki banyak follower dengan segmentasi pasar yang kurang lebih sesuai dengan value yang Anda berikan. Otomatis total like akan terus berdatangan seperti ombak.

Value atau nilai yang saya maksud adalah tentang pesan apa yang Anda ingin sampaikan melalui foto yang Anda unggah. Misalnya lifestyletravellingeducationinspiring, dan seterusnya.

Instagram bisa menjadi salah satu tools pemasaran online terbaik saat ini. Bagaimanapun juga ribuan kata yang ingin disampaikan dapat tervisualisasikan oleh sebuah gambar.

Mungkin Anda pernah mendengar ungkapan itu ya? Nah sekarang, kita bakal ngomongin tentang cara mengamankan akun instagram, konon dulu banyak yang jadi korban dari serangan-serangan hacking.

Teknik atau metode yang digunakan banyak, mulai dari phising atau fake login instagram, lalu melalui virus atau malware, ada juga yang melalui social engineering attack, dan banyak lagi.

Akun instagram yang memiliki banyak follower, biasanya mendatangkan revenue tersendiri bagi pemilik akun tersebut. Banyak para pemasar online dari perusahaan-perusahaan maupun perorangan yang ingin mengiklankan produk mereka di akun instagram si seleb tersebut.

Bayaran untuk sekali unggah foto tahu berapa? Di Indonesia sendiri ada yang sudah mencapai lebih dari tujuh juta rupiah per sekali foto yang di unggah pada akun instagram salah seorang seleb-instagram. Mungkin sekarang sudah lebih dari angka yang tadi saya sebutkan.

Nah rupanya ketenaran dari akun instagram tadi, menimbulkan rasa iri, dengki, dan hasad sebagian orang. Maka muncullah fenomena yang disebut bad follower atau di Indonesia lebih familiar dengan istilah haters. Orang yang komentarnya selalu bikin telinga panas.

Karena ini di instagram bukan radio, berarti bikin mata panas. Eh yang lebih tepat hati panas. Entah emang tidak ada kerjaan atau kerjaan utamanya itu. Komen ini itu, tidak dipikir panjang. Akhirnya ujung-ujungnya kena UU ITE. Sekali lagi, meskipun di dunia maya kita tidak terlihat fisik, badan, atau jasad kita.

Tetapi sebenarnya kita terhubung satu dengan yang lainnya. Maksudnya gini, ketika misalnya ada haters lalu dia komen ini itu. (kata-kata kasar), dia pikir dengan menggunakan teknik tertentu sehingga ia menjadi semacam anonymouse.

Hello. Semua itu bisa ditelusuri kembali. Dan pelaku yang melakukan tindakan seperti menghina, menjatuhkan online dengan kata-kata kasar, fitnah, dan seterusnya. Dengan memanfaatkan akun cloningan atau palsu, semua dapat dibongkar dengan mudah.

Terutama bagi kepolisian yang memiliki otoritas tertinggi guna menegakan hukum. Mudah saja bagi pihak kepolisian untuk mengungkap suatu kasus cyber crime karena di kepolisian juga terdapat divisi khusus. Lebih tepatnya divisi kejahatan khusus, termasuk di dalamnya terkait cyber crime.

Jadi ada juga police cyber crime. Istilah lainnya para white hat hacker yang bekerja untuk negara, dalam mengungkap permasalahan tindak pidana maupun perdata terkait unsur IT. Sekarang kita kembali ke topik, apa sebenarnya yang diincar oleh pelaku pencuri akun instagram tadi?

Banyak motifnya, mungkin salah satunya yaitu karena ia ingin mendapatkan uang dengan cara instan. Akhirnya ia menggunakan metode tertentu untuk mendapatkan akun yang ditargetkan.

Setelah ia berhasil menguasai akun, ia memeras korbannya, ada juga yang untuk menghancurkan reputasi/citra diri seseorang, ingin dijual lagi ke orang lain, dan banyak lagi motif lainnya.

Berikut ini adalah cara menghindari akun instagram di hack oleh orang lain:

  1. Gunakan hanya aplikasi instagram resmi di smartphone
  2. Pastikan password Anda tidak kurang dari 30 karakter.
  3. Kombinasikan antara angka, huruf, dan simbol
  4. Hindari memasukan informasi dasar seperti tempat tanggal lahir, nomor hp, dan seterusnya.
  5. Susah mengingat password? Coba gunakan password manager.

Artikel yang berkaitan dengan pembahasan kali ini yaitu:

  1. Cara Mengatasi Peringatan Deteksi Virus Palsu
  2. Tips Mengamankan Komputer dari Serangan Hacker
  3. Mode Incognito Tidak Menjadikan Anda Anonim
  4. Fake Login Facebook Tips Cara Menghindarinya
  5. Jangan Mikir Soal Keamanan Komputer Jika Masih Pakai Antivirus Bajakan

Artikel di atas ada hubungan dengan pembahasan kita kali ini, saya menyarankan agar Anda membaca hingga tuntas kelima artikel di atas. Setidaknya dengan meningkatkan pengetahuan tentang IT security.

Anda menjadi semakin paham bagaimana alur hacking itu dilakukan. Ada ungkapan seperti ini: “Jika kita ingin menangkap maling maka kita juga perlu berpikir untuk menjadi maling.”.

Mohon jangan disalah artikan bahwa saya menyuruh Anda untuk jadi maling ya! Sebenarnya ungkapan itu maksudnya adalah kita bisa menggunakan set frame yang berbeda dipikiran, dengan tujuan mendapatkan outcome yang baik.

Baiklah, semoga tips di atas bisa bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, mohon kirimkan pertanyaan Anda melalui kotak komentar yang ada di bawah artikel ini.

Bagikan tulisan ini melalui sosial media Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path karena teknik ini sebenarnya dapat diaplikasikan juga untuk mengamankan akun sosial media lainnya.  Jadi tidak hanya sebatas akun instagram saja, tetapi juga meliputi akun-akun di sosial media lainnya.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari Situstarget.com (The Target Community)? Daftarkan nama lengkap dan alamat email Anda melalui kotak berlangganan yang ada di bawah artikel ini. Jangan lupa setelah proses pendaftaran untuk melakukan konfirmasi, dengan cara mengklik link yang kami kirimkan melalui email Anda.