Akun Instagram Diblokir / Dibanned bisa Jadi Karena Melanggar Aturan

Akun Instagram yang diblokir bisa banyak penyebabnya, bisa jadi karena kamu terlalu banyak follow orang, terlalu banyak like postingan orang lain, terlalu banyak unfollow, dan masih banyak lagi penyebabnya.

Orang yang menggunakan Instagram dengan tools optimasi juga bisa beresiko terkena banned dari pihak Instagram. Karena terditeksi login dari lokasi yang berbeda-beda secara bersamaan.

Apa ciri-ciri Instagram yang diblokir?

Ciri yang paling mudah untuk diketahui yaitu akun kamu tidak bisa di search ataupun saat terbuka profil Instagram kamu. Isi postingan atau konten menjadi 0 (nol) kosong bersih seperti akun baru.

Setelah mencoba login ke akun Instagram ada seperti peringatan bahwa akun kamu telah diblokir. Kamu bisa mengunduh konten yang sebelumnya di posting untuk di backup atau logout. Opsinya cuma dua itu saja. Sedih ya?

Yuk kita pelajari lebih lanjut mengapa ada akun IG yang di Banned biar akun kamu tetap aman dan bisa Instagram-an.

Apa yang membuat akun instagram itu di ban?

Apa yang membuat akun instagram itu di ban?

Beberapa alasan mengapa akun Instagram terkena ban sementara karena beberapa aktivitas yang mencurigakan seperti:

1. Follow banyak orang dan unfollow orang lain (Auto Follow dan Auto Unfollow IG)

Saat follow banyak orang memang ada kesempatan akun kamu akan di follow balik oleh yang bersangkutan. Namun follow secara massal juga punya resiko, apalagi kamu juga melakukan unfollow secara masal di waktu yang berdekatan.

Hal ini yang dianggap oleh sistem instagram sebagai tindakan yang melanggar aturan layanan IG. Secara pola yang kamu lakukan dengan follow dan unfollow masal seperti itu, sistem akan menditeksi kalau akun kamu itu bukan akun personal / bisnis.

Namun akan dianggap oleh sistem IG sebagai akun intagram bot, hal ini yang membuat akun kamu akan diblokir dalam waktu sementara. Terparahnya bisa jadi akun kamu akan diblokir secara permanen loh!

2. Terlalu Sering dan Cepat Like Foto Orang Lain (Spam Like)

Di Instagram umumnya orang akan melakukan like itu berkisar 3 sampai 5 foto per menit, namun kalau kamu melakukan like sekitar 100 foto dalam satu menit, hal ini yang dianggap sebagai spamming like oleh sistem Instagram.

Umumnya like atau unlike dengan jumlah banyak ini bukan dilakukan oleh manusia, melainkan oleh bot yang di setting untuk melakukan like / unlike otomatis. Hasilnya? Ya, akun IG kamu pastinya akan diblokir lah.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak ke-3 yang Tidak Resmi

Alasan berikutnya kenapa akun instagram kena blokir adalah kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi, yang secara fungsi lebih kepada tugas dan aktivitas bot ketimbang teknik digital marketing yang soft dan aman.

Contoh kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk meningkatkan follower dengan cara follow banyak orang, lalu unfollow massal, auto komen di postingan foto orang lain, like secara massal agar mendapatkan like balik dari orang lain, dan sebagainya.

4. Kirim Komentar ke Banyak Akun IG dengan Cepat dan Membabi Buta (Spam Komentar)

Salah satu cara meningkatkan interaksi dengan follower adalah dengan memberikan komentar di foto mereka. Sayangnya aplikasi pihak ketiga, yang mengerjakan semuanya dengan sistem bot dan otomatisasi.

Malah akan membuat akun IG kamu mengirim komentar ke banyak foto orang secara acak/tertarget dengan waktu yang sangat cepat. Tindakan ilegal ini yang akan membuat akun IG kamu terkena ban sementara waktu.

5. Kirim Komentar yang Sama Berulang-berulang di Postingan Orang Lain (Spam Komentar)

Kamu pasti pernah liatkan iklan peninggi badan di kolom komentar postingan artis-artis? Nah komentar yang di blast secara massal seperti ini berpotensi tinggi akunnya akan diblok atau dibanned oleh tim Instagram.

Secara orang posting apa, tapi diiklanin peninggi badan. Ga ada relevansinya juga sama postingan si artis tersebut. Otomatisasi komen di postingan orang seperti ini sangat ga natural dan mudah sekali terditeksi sebagai bot.

Kegiatan seperti ini bisa dipastikan, banyak orang yang ga suka. Dan apabila mereka report komentar tersebut. Akun IG si spammer ini bisa jadi akan diblokir secara permanen, bukan lagi temporary / sementara.

6. Akun Kamu Terindikasi Melakukan Pelanggaran Pedoman Komunitas Instagram

Sebagai salah satu komunitas online terbesar di dunia, tentunya Instagram memiliki pedoman untuk para penggunanya. Beberapa di antaranya ada seperti:

  • Kamu dilarang untuk mengklaim hak cipta dari video dan foto hasil jerih payah seseorang dengan mengaku-ngaku bahwa itu adalah hasil karya kamu sediri.
  • Gambar atau video yang dishare hanya diperbolehkan untuk semua kalangan usia. Jangan pernah menyebar konten yang berisi seksual atau kekerasan.
  • Kamu harus bisa menghargai anggota atau member IG lainnya.
  • Jangan melakukan kegiatan spam, seperti spam DM, spam Like, dan spam komentar.

7. Akun Instagram yang Dibanned juga Terindikasi Melanggaran Aturan Penggunaan Instagram

Selain pedoman komunitas Instagram, ada aturan terkait penggunaan Instagram juga yang mungkin kamu langgar sehingga akun kamu dibekukan untuk sementara waktu atau bahkan permanen. Apa saja sih aturan penggunaan IG tersebut?

  • Usia pengguna instagram minimal adalah 13 tahun
  • Kamu tidak dibolehkan menjual belikan atau melakukan transfer akun instagram ke orang lain.
  • Kamu dilarang untuk memposting hal-hal yang berbau unsur diskriminasi, kekerasan, dan konten seksual.
  • Kamu juga dilarang melakukan kegiatan spam ke pengguna Instagram yang lain.
  • Kamu tidak meminta informasi akses kepada pengguna Instagram yang lain.
  • Kamu dilarang membuat akun bot.
  • Kamu tidak diperbolehkan melarang orang lain untuk menggunakan Instagram.
  • Kamu juga tidak diperbolehkan untuk mentransfer virus atau kode yang merusak.
  • Kamu tidak diperbolehkan untuk mengakses API privat.
  • Kamu tidak diperkenankan untuk menggunakan Instagram untuk tujuan ilegal.
  • Kamu bertanggung jawab atas segala aksi yang terjadi terkait konten kamu.
  • Kamu dilarang untuk berbagi password kepada orang lain, termasuk tools atau aplikasi pihak ketiga.

8. Hindari Menggunakan Banyak Hashtag yang Berlebihan dan Auto Mention Pengguna

Memakai hashtag juga perlu bijak, jangan sampai karena mengejar like semata. Kamu jadi berlebihan dalam menggunakan hashtag. Kamu posting foto apa, tapi hashtag yang dipakai bisa puluhan, mana keyword yang digunakan ga nyambung lagi.

Lebih-lebih lagi, jangan pernah menggunakan fitur mention, agar orang lain aware terhadap komen/status yang kamu buat secara membabi buta. Ini yang bikin orang keki dan akhirnya report kamu sebagai spammer.

9. Jual Barang KW dari Merk Terkenal Hati-hati, Jangan Coba Mention Akun Official Mereka

Perkara kecil yang bikin akun kamu cepat diblokir lainnya adalah kamu jual barang KW atau palsu. Lalu coba kamu mention ke akun official brand dari barang yang kamu jual di Instagram.

Case yang kayak gini bisa jadi kurang dari 1 hari akun kamu akan di report sama pihak brand sebagai akun penjual barang KW dari produk mereka. Yaiyalah, secara reputasi brand mereka bisa rusak klo kamu tag / mention mereka di lapak kamu.

Berapa Lama Waktu Seseorang akan Di Banned Sementara Oleh Instagram?

Tidak ada jawaban yang pasti atas pertanyaan di atas. Semua tergantung dari jenis pelanggaran apa yang kamu lakukan dan seberapa sering akun kamu telah di banned sebelumnya.

Kalau ini kali pertama dan pelanggaran yang kamu lakukan masih dalam kategori jenis pelanggaran yang ringan. Banned sementara ini dilakukan berkisar hanya dalam kurun waktu 24 – 48 jam saja.

Durasi banned sementara dari Instagram ini bervariasi tergantung tindakan seperti apa yang kamu lakukan berikutnya. Klo sudah di banned sementara tapi kamu tetep melakukan pelanggaran, bisa jadi banned sementara ini akan diperpanjang dan bisa jadi akan berubah menjadi banned secara permanen.

Sekarang kita bahas bagaimana solusi untuk mengembalikan akun Instagram yang diblokir.

Cara Pertama untuk Mengembalikan Akun Instagram yang Di Disable Melalui Reset Password

Cara Pertama untuk Mengembalikan Akun Instagram yang Di Disable Melalui Reset Password

Kalau kamu tidak bisa login karena akun kamu di-disable, maka kamu bisa coba cara pertama ini yaitu dengan cara melakukan reset password Instagram kamu:

  1. Logout terlebih dahulu akun IG kamu, baik dari web maupun dari aplikasi.
  2. Lalu buka kembali halaman website Instagram atau melalui aplikasi IG di smartphone kamu.
  3. Pilih lupa kata sandi, masukkan username, email atau nomor telepon yang terdaftar di akun IG kamu
  4. Cek email atau di kotak pesan masuk SMS di smartphone kamu.
  5. Klik link konfirmasi untuk reset password, ganti password kamu, dan coba login kembali.

Jika cara di atas tidak bisa juga mengembalikan akun kamu dan akun masih ter-disable, kamu bisa lakukan banding ke tim Instagram dengan mengikuti cara dipoin berikutnya ini.

Cara Kedua Mengembalikan Akun IG yang Diblokir dengan Cara Banding ke Tim Instagram

Kirim foto wajah kamu, username, dan kode otentikasi dari Instagram ke email mereka

Akun yang diblokir atau dibanned masih bisa dikembalikan dengan cara banding ke tim Instagram. Adapun cara bandingnya cukup mudah kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Terlebih dahulu buka halaman berikut ini : https://help.instagram.com/521372114683554.
  2. Untuk bandingnya kamu bisa klik hubungi tim Instagram, pakai link hubungi melalui url facebook ini juga bisa.
  3. Isi semuanya, sebaiknya Tidak / No. Kecuali akun kamu memang akun bisnis dan memiliki dokumen resmi.
  4. Dokumen resmi yang dimaksud adalah dokumen perusahaan seperti NPWP, SIUP, TDP, Surat Domisili, dan seterusnya.
  5. Jika akun kamu bisnis, tapi masih perseorangan biasa, jawab saja Tidak / No.
  6. Setelah itu cek email kamu, facebook akan mengirimkan sebuah kode ajaib.
  7. Kamu reply email dari tim Instagram dengan Subjek ini: “Akun Instagram Saya Telah Diaktifkan Kembali”.
  8. Dengan foto selfie, formatnya full muka, tulis nama lengkap kamu di kertas putih kosong A4 baru, username instagram kamu, lalu tulis juga kode yang dikirim oleh tim Instagram.
  9. Ada 5 digit angka kurang lebih, setelah itu save dengan format file JPEG, dan tinggal kirim / balas email dari tim Instagram.
  10. Umumnya proses verifikasi ini sangat cepat kurang dari 3 hari, sudah ada feedback dari tim Instagram.

Jika foto yang kamu submit itu memang sudah sesuai dan jelas. Akun kamu bisa dibuka kembali dan dapat diakses lagi. Setelah itu jangan lupa ganti password Instagram kamu langsung begitu akun kamu sudah kembali aktif.

Lindungi akun kamu juga dengan memanfaatkan fitur 2FA. Cara mengaktifkannya mudah buka aplikasi Instagram di HP kamu, pilih Setting > Security > Two-Factor Authentication. Aktifkan Text Message dan Authentication App.

Cara Ketiga untuk Mengembalikan Akun Instagram yang Di Banned Melalui Fanspage Resmi Instagram

Cara Ketiga untuk Mengembalikan Akun Instam yang Di Banned

Karena untuk menghubungi tim Instagram tidak ada email yang secara khusus disediakan terkait masalah ini. Maka kamu bisa sedikit tricky dengan cara menghubungi tim Instagram melalui Fanspage resmi mereka.

  1. Kamu bisa hubungi tim Instagram melalui Fanspage Facebook resmi mereka di alamat berikut ini : facebook.com/InstagramBahasaIndonesia.
  2. Kamu bisa informasikan terkait kendala yang kamu alami, secara spesifik, jelas, dan ringkas.
  3. Ingat, sampaikan dengan bahasa yang sopan, tidak perlu pakai ngegas atau marah segala ya.
  4. Pastikan kamu juga menginformasikan username kamu tanpa perlu mencantumkan password.
  5. Tunggu jawaban dari mereka.

Bagaimana Cara Agar Ban Instagram Tidak Terjadi Kembali?

Beberapa tips berikut ini bisa kamu lakukan agar kedepannya akun Instagram kamu tidak kembali di banned atau diblokir.

1. Berhenti Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Seperti yang sebelumnya sudah saya sebutkan bahwa salah satu penyebab mengapa akun Instagram kamu kena blok / banned penyebabnya adalah karena kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Saya lebih menyarankan agar kamu menggunakan aplikasi resmi IG dan membangun traffic serta follower kamu secara organik ketimbang menggunakan aplikasi pihak ketiga. Lebih aman seenggaknya dari banned Instagram.

2. Aktifkan Fitur Linked Account Instagram Kamu ke Sosial Media yang Lain

Aktifkan Fitur Linked Account Instagram Kamu ke Sosial Media yang Lain

Fitur linked account bisa menjadi salah satu bukti bahwa akun kamu itu memang akun pribadi / bisnis, dan bukan dikategorikan sebagai akun bot. Kamu bisa menghubungkan akun Instagram ke akun sosial media lain seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Ameba, dan OK.ru. Caranya yaitu:

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone kamu
  2. Pilih Settings > Account > Linked Account
  3. Lalu pilih sosial media mana yang kamu mau hubungkan, misalnya Facebook.
  4. Tinggal kamu login saja ke akun Facebook kamu melalui aplikasi Instagram ini.
  5. Minimal kamu hubungkan ke akun Facebook & Twitter atau Facebook & Tumblr.

3. Lengkapi Profil Akun Instagram Kamu

Cara yang paling mudah mengetahui akun bot, salah satunya yaitu dari profil akun instagram yang ga otentik. Misalnya postingan masih sedikit, gambar profil juga yang ala kadarnya, ditambah ga ada informasi profil apapun yang terlihat humanis, akunnya sudah lama, tapi terlihan seperti akun IG yang masih baru daftar.

Nah yang perlu kamu lakukan yaitu kamu perlu melengkapi data seperti, informasi akun Instagram kamu itu apa sih sebenarnya, apakah akun pribadi atau akun bisnis? Misalnya akun bisnis jangan lupa mencantumkan website atau email bisnis kamu.

Infokan secara singkat bisnis kamu itu jualan apa di profil IG, lalu buat juga gambar untuk profil kamu yang terkesan profesional dan serius. Bukan asal ambil gambar dari si Mbah Google ya.

4. Stop Melakukan Tindakan Spamming di Instagram

Nah ini poin penting dari seluruh tips agar Instagram kamu ga kembali di banned. Hindari kegiatan penyalahgunaan atau spam ke sistem Instagram, seperti Like, Follow, Unfollow, Komen, Posting, DM dan seterusnya secara berlebihan.

Lakukanlah dengan senatural mungkin. Aktif boleh-boleh saja di Instagram tapi harus tau batasan mana yang aman, abuse, bahkan terindikasi spam.

Karena klo dipoin keempat ini kamu ga bisa patuhi, ya bisa jadi akun kamu bakal diblokir lagi atau diblok secara permanen.

Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk kamu, jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan kirim komentar di bawah artikel ini. Kami akan bantu jawab sebisa kami, jika kamu punya kendala seperti kasus akun Instagram yang dibanned ini.

Bantu share juga tulisan di atas melalui Facebook, Twitter, Instagram, WA untuk teman-teman kamu. Mungkin satu diantara banyaknya teman-teman kamu membutuhkan informasi di atas. Terima kasih banyak ya! 🙂