Belajar dari pengalaman teman saya yang smartphone-nya hilang karena dicopet ketika dalam perjalanan menuju kantor tempat ia magang sewaktu kuliah. Ia menceritakan ketika di bus yang ia tumpangi ada beberapa orang yang menjadi korban pencopetan secara serempak.

Entahlah katanya apakah mereka benar-benar menjadi korban atau bagian dari komplotan pelaku pencopetan, yang jelas smartphone dari teman saya itu benar-benar hilang. Ketika misalnya smartphone hilang. Bagi mereka yang menggunakan password untuk otentikasi memang sedikit aman.

Kok sedikit aman? Ya, setidaknya si pencopet tidak dapat mengintip isi dari smartphone. Apalagi kalau Anda mengaktifkan enskripsi untuk SDCard itu jauh lebih aman sedikit dibandingkan hanya lock screen saja. Sehingga file-file seperti foto/video maupun file penting di SDCard jika diakses pada perangkat lain data akan tetap aman karena sudah dienskripsi.

Lalu bagaimana dengan kartu simcard? Nah sayangnya jika Anda tidak mengaktfikan PIN simcard. Apabila si pencuri memindahkan ke perangkat yang lain. Simcard Anda bisa saja di akses olehnya tanpa otentikasi apapun. Jadi pulsa dan paket data bisa digunakan oleh si pencuri.

Lain hal jika Anda mengaktifkan PIN simcard. Ketika misalnya si pencuri berusaha mengambil pulsa Anda dengan cara memindahkan simcard ke perangkat lain. Maka ia perlu memasukan PIN otentikasi. Kurang lebih itulah manfaat dari PIN pada simcard. Saya sendiri mengaktifkan keduanya. Proteksi untuk smartphone dan simcard.

Beritahukan juga teman-teman Anda di sosmed tentang pentingnya penggunaan PIN pada simcard dengan cara share artikel ini jika Anda rasa bermanfaat atau klik tombol Like jika Anda menyukainya. Semoga bermanfaat. 🙂