Internet Download Manager merupakan aplikasi downloader yang paling populer dan merupakan paling favorit karena tampilannya dan fitur-fiturnya yang lengkap, dan pasti adalah karena kecepatan download-nya.

Namun Internet Download Manager tidaklah gratis. Harganya sekitar ratusan ribu untuk setiap lisensi, yang cukup mahal apalagi jika ternyata ada banyak alternatif Internet Download Manager yang gratis dan memiliki fitur yang hampir sama.

Ada banyak alternatif IDM yang bisa kamu download, install, dan gunakan untuk keperluan download sehari-hari. Semua tentunya gratis untuk di-download.

Apa saja alternatif IDM tersebut?

Xtreme Download Manager

Xtreme Download Manager

Xtreme Download Manager merupakan salah satu downloader open-source yang bekerja mirip dengan Internet Download Manager. Xtreme Download Manager juga menyajikan ekstensi browser yang dapat di-install dengan mudah ke Chrome, Firefox, Edge, dan Opera.

Satu kelebihan yang paling terkenal adalah aplikasi ini tersedia di berbagai platform atau cross-platform, yakni Windows, Linux, dan Mac.

Proses instalasinya juga mudah dilakukan. Untuk antarmuka, Xtreme Download Manager memiliki antarmuka yang sederhana, namun tidak senyaman EagleGet, yang juga akan dibahas di artikel ini.

Baca juga: 8 Manfaat Password Manager untuk Kamu yang Punya Banyak Akun Online

Kategori file download terletak di sidebar kiri dan kontrol download terletak di bawah. Ada tombol untuk memonitor download yang terjadi di browser dan terhubung melalui ekstensi atau add-on browser.

Aplikasi alternatif IDM yang satu ini mendukung fitur queue atau download antrean yang bisa disesuaikan dan dijadwalkan, sama seperti Internet Download Manager.

Xtreme Download Manager juga dapat mengambil file secara otomatis melalui browser, seperti fitur grabber pada IDM. Terdapat juga password manager yang dapat digunakan untuk menyimpan password dan login otomatis ketika men-download.

Juga terdapat fitur untuk mengekspor daftar file yang sedang di-download yang berguna jika kamu hendak meng-uninstall downloader atau pindah untuk melanjutkan download di PC lain.

Download Xtreme Download Manager

DownThemAll

DownThemAll

DownThemAll bukanlah merupakan aplikasi downloader standalone yang bekerja sebagai aplikasi di laptop. DownThemAll bekerja sebagai ekstensi atau add-on browser yang berfungsi untuk memperbaiki kekurangan fitur download pada browser tersebut.

Alternatif Internet Download Manager ini dapat mengizinkan pengguna untuk mengontrol kecepatan download sesuai keinginan, berdasarkan file-file tertentu, berdasarkan server, atau berdasarkan preferensi tertentu.

Di Firefox, add-on downloader ini juga dapat digunakan di mode Private Browsing, yang sangat berguna apabila kamu ingin berselancar di internet dengan privasi terjaga namun tetap dapat men-download file dengan nyaman.

Sama seperti IDM, DownThemAll memiliki fitur untuk meng-grab URL download yang ter-embed pada sebuah website.

Sebagai ekstensi atau add-on, DownThemAll menyajikan banyak fitur yang cukup berguna seperti antrean download dengan filter in-progress (sedang di-download) dan download yang sudah selesai. HTML5 juga didukung di sini.

Konteks menu atau menu yang muncul ketika pengguna klik-kanan juga didukung. Selain itu, terdapat otomatis mencoba download ulang beberapa kali sebelum menganggap file tersebut gagal di-download.

Download DownThemAll

Free Download Manager

Free Download Manager

Free Download Manager bekerja sesuai namanya, yakni gratis dan tidak membatasi jumlah file yang di-download. Juga tidak ada iklan di sini. Sehingga tak perlu khawatir meski aplikasi ini 100% gratis.

Internet Download Manager sendiri berbayar. Harga lisensinya sekitar 100RB hingga 300RB tergantung di mana kamu membelinya dan berapa jumlah lisensinya.

Free Download Manager sepertinya menjadi alternatif Internet Download Manager terbaik karena gratis dan fiturnya. Tapi, apa saja fitur-fiturnya?

Sama seperti IDM, Free Download Manager juga dapat men-download file yang sama dari sumber atau server yang berbeda. Jika server tertentu lambat, Free Download Manager akan mengganti ke server yang lebih cepat.

Kamu bisa men-drag dan drop file torrent ke Free Download Manager dengan mudah. Setiap file yang di-download menampilkan thumbnail, kecepatan download, dan progress bar.

Sama seperti IDM, kamu juga bisa men-download video YouTube dengan mudah. Tinggal copy dan paste URL-nya, pilih nama, format, dan kualitas. Lalu mulai men-download video YouTube.

Download Free Download Manager

JDownloader

JDownloader

JDownloader merupakan aplikasi downloader gratis dan open-source. Secara singkat, aplikasi mudah digunakan dan menyajikan fitur-fitur yang layak digunakan untuk men-download file.

Download dapat di-pause, dilanjutkan, dan dijadwalkan. Antarmukanya tidak terlalu bagus namun mudah digunakan. Untuk men-download, tinggal copy URL-nya, buka aplikasinya maka download secara otomatis dimulai.

JDownloader dapat men-download link yang di-crawl dan konten-konten tersembunyi seperti video playlist secara sekaligus. Terdapat fitur ekstrak otomatis untuk file yang dikompres seperti RAR.

JDownloader bisa sebagai alternatif IDM jika kamu mencari software downloader yang gratis dan open source.

Download JDownloader

EagleGet

EagleGet sebagai alternatif IDM

EagleGet merupakan alternatif Internet Download Manager yang paling populer. Men-download sekaligus, melanjutkan download ketika jaringan error, terintegrasi dengan browser, fitur grabber, dan lainnya.

Sebagai tambahan, aplikasi ini dapat memindah file secara otomatis ketika proses download selesai, yang sangat berguna bagi pengguna yang tak ingin terinfeksi dengan virus.

EagleGet memiliki fitur untuk mempercepat download menggunakan fitur refresh, membagikan file menjadi beberapa bagian untuk di-download secara bersamaan. Setelah download selesai, semua file dijadikan satu dan disimpan di komputer.

Baca juga : Tips Menyimpan Banyak Password Secara Aman

Ketika file telah selesai di-download, EagleGet akan menampilkan notifikasi selesai. Notifikasi ini juga dapat disesuaikan bagaimana tampilnya. Termasuk adanya fitur silent yang berguna untuk mematikan notifikasi.

Aplikasi juga menggunakan tema, dan temanya bisa dipilih dan disesuaikan sesuai keinginan.

EagleGet juga sama ringannya seperti IDM. Satu-satunya kekurangan dari aplikasi ini adalah hanya tersedia di Windows.

Download EagleGet

uGet Alternatif IDM Gratisan

uGet

uGet juga merupakan salah satu alternatif IDM (Internet Download Manager) yang cukup populer. Aplikasi downloader ini bisa men-download dari berbagai koneksi, video YouTube, terintegrasi dengan browser, monitor clipboard, dan beberapa kelebihan lainnya yang akan dibahas di sini.

Antarmuka aplikasi ini lebih sederhana ketimbang Internet Download Manager, namun memiliki fitur yang hampir sama lengkapnya. Kamu juga bisa menjadwalkan download dan antreannya di sini.

Juga terdapat mode silent yang berguna untuk mematikan notifikasi, mendukung command-line atau terminal, dan mengategorikan file download secara otomatis ke dalam folder-folder tertentu.

Pada umumnya, uGet merupakan aplikasi yang ringan. Tersedia untuk Windows dan Linux.

Download uGet

Persepolis Download Manager

Persepolis Download Manager sebagai alternatif IDM

Persepolis Download Manager adalah aplikasi downloader yang tersedia untuk Windows, Linux, dan macOS. Ini adalah aplikasi open-source yang menggunakan command-line, namun juga menyajikan GUI agar mudah digunakan.

Secara default, aplikasi ini menggunakan dark theme. IDM juga kini menggunakan dark theme, menyesuaikan dengan tema yang dipilih pada aplikasi Settings di Windows 10.

Secara singkat, aplikasi ini mudah digunakan. Terdapat toolbar di atas dan sidebar kategori file download. Di sebelah kanannya terdapat informasi seputar file yang sedang di-download, seperti nama lengkap, status, ukuran file, jumlah yang telah di-download, dan lainnya.

Baca juga : Ini Dia Manfaat Google Tag Manager yang Jarang Pemilik Website Ketahui

Toolbar di atas menyajikan tombol download, pause, berhenti, dan menghapus download file. Di sini juga terdapat tombol untuk mengakses task scheduler yang berguna untuk mengatur penjadwalan dan antrean download.

Download Persepolis Download Manager

Ada banyak aplikasi downloader yang sebanding dengan dan merupakan alternatif IDM (Internet Download Manager), yang tentunya gratis. Sebagian justru open source dan dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi oleh siapa pun.

5 1 vote
Bantu berikan rating untuk artikel Ini...