Achor adalah salah satu tehnik dari hipnoterapi. Sebelum kita berbicara lebih lanjut saya akan mengajukan beberapa pertanyaan kepada Anda. Pertama, apakah Anda pernah mendengar suatu lagu lalu ketika Anda mendengar lagu itu ntah mengapa perasaan atau pikiran Anda melayang ke suatu kejadian tertentu?

Kedua, adalah apakah Anda punya lagu favorit yang mengingatkan Anda pada suatu kenangan tertentu ketika Anda mendengarkan lagu tersebut? Ketiga, apakah Anda pernah mengalami suatu permasalah tertentu yang apabila Anda melihat suatu simbol atau sentuhan tertentu Anda menjadi ingat dengan permasalahan sebelumnya?

Jika Anda pernah mengalaminya kurang lebih seperti itulah defisini dari Anchor yang sederhana. Anchor bisa terpasang secara sengaja atau tidak. Maksudnya adalah terpasangnya Anchor di dalam pikiran seseorang tergantung seberapa tingginya intensitas emosi yang terjadi pada saat orang tersebut menerima suatu respon tertentu dari eksternal yang ditangkap oleh VAK (Visual, Auditory, Kinestetik).

Wuah ngejelimet ya ngejelasinnya. Tenang perlahan Anda akan paham dengan sendiri apabila Anda melanjutkan bacaan ini hingga selesai. Istilah lain dari Anchor adalah jangkar atau pengait. Contoh Anchor yang terpasang tidak sengaja seperti ini: Ada seorang yang bernama Anton sedang berduka sekali karena laptop yang berisi data skripsinya hilang karena dicuri oleh seseorang.

Lalu beberapa teman kosannya datang ke tempat kosan Anton untuk mengucapkan belasungkawa karena laptopnya hilang. Ada 5 orang yang datang. Tiap kali mengucapkan belasungkawa, teman-teman Anton menepuk pundaknya seraya berkata: “Sabar ya”. Mereka semua teman-temannya Anton melakukan hal yang sama semua.

Setelah beberapa minggu dari hari kejadian. Anton sedang bermain futsal bersama teman-temannya lalu tanpa sengaja temannya Anton, yaitu Budi. Dia menepuk pundak Anton. Lalu pikiran Anton langsung seolah dikembalikan ke masa ketika berduka atas kehilangan laptopnya seketika dan entah mengapa perasaan sedih itu datang kembali padahal saat itu dirinya sedang asik dan happy bermain bola.

Nah kurang lebih itulah yang disebut dengan Anchor yang dipasang secara tidak sengaja. Maka untuk meningkatkan rasa pede dan mengurangi rasa gerogi Anda perlu memasang Anchor semangat atau Pede di diri Anda. Bagaimana cara membuat Anchor nanti akan kita bahas pada artikel-artikel berikutnya. 🙂