Antivirus merupakan software yang sangat penting di PC karena fungsinya untuk meindungi PC dari virus, malware, adware, spyware, trojan, rootkit, dan berbagai ancaman berbahaya lainnya.

Adanya softwere antivirus Ini selain memberikan perlindungan dan keamanan, juga dapat melakukan pendeteksian, menggunakan teknologi pemindaian.

Serta berbagai fitur pendukung dan alat pendukung lainnya yang terdapat pada masing-masing jenis software antivirus.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas lebih lanjut mengenai 7 antivirus rekomendasi gratis untuk windows 10.

1. Avast Free Antivirus

Avast menjadi program antivirus gratis dan yang terbaik. Pengembang dari antivirus ini adalah Avast Software, yang dirilis perdana pada tahun 1988.

Avast Free Antivirus memiliki untuk melindungi PC dari ancaman virus. Kemampuan lain yang dimiliki oleh Avast juga, yaitu dengan adanya sistem mesin heuristik yang berguna untuk mendeteksi virus atau malware yang tidak diketahui.

Softwere ini mendukung untuk beberapa versi windows, seperti Windows XP-SP3, Vista, 7, 8, 10.

Avast saat ini memiliki lebih dari 400 juta pengguna karena memiliki berbagai kelebihan dan keunggulan.

Kelebihan dari antivirus ini diantaranya adalah tidak memberatkan komputer, mampu melakukan perlindungan virus dengan sangat baik, dan memiliki banyak fitur menarik dan lengkap.

Beberapa fitur pendukung yang menarik, misalnya adalah fitur pembaru perangkat lunak, yang berfungsi untuk memperbarui program-program di komputer dengan sangat mudah.

Contoh fitur yang menarik lainnya adalah fitur Inspektur Wifi yang memudahkan pendeteksian masalah pada Wifi internet.

Selan kelebihan, Avast juga memilik beberapa kekurangan seperti memiliki tautan berbayar ( paid links ), adanya opsi pengaturan yang banyak, dan pengaturan privasi yang cukup ribet.

2. AVG AntiVirus

AVG merupakan softwere antivirus rekomendasi untuk memblok aktivitas virus, spyware atau malware di PC.

AVG dikembangkan oleh AVG Technologies yang dirilis perdana pada tahun 1992.

AVG juga mampu men scanning tiap link yang terindikasi dan tergolong berbahaya di setiap situs yang kamu kunjungi.

Selain sebagai antivirus, AVG juga sebagai anti spyware, yang dapat digunakan untuk melakukan scanner email, tautan, pilihan pemindaian, penjadwalan, update otomatis, dan berbagai fungsi lainnya.

Software ini mendukung untuk beberapa versi windows, seperti Windows XP-SP3, Vista, 7, 8, 10. Selain versi wndows AVG juga mendukung Mac dan juga Android.

Kelebihan dar AVG diantaranya adalah memilik opsi pengaturan yang tidak ribet, pendeteksian malware dengancukup baik, dan sangat mudah digunakan.

Selain itu AVG juga memiliki beberapa ftur menarik dan unggulan seperti fitur unutuk mendukung perlindungan terhadap pencurian data dan file shredder dan tidak perlu registrasi atau memberikan informasi pribadi.

Beberapa kekurangan dari AVG antara lain adalah scanning terkadang lambat, kurang baik dalam perlindungan terhadap web phising-nya, dan terdapat iklan upgrade ke versi premium.

3. Bitdefender Antivirus Free

Bitdefender Antivirus Free softwere keluaran dari Bitdefender yang melakukan rilis perdana pada bulan April 1988.

Bitdefender diklaim anti-malware dan juga antipishing. Selain itu, Bitdefender juga menerapkan real-time protection dan autopilot.

Antivirus ini mendukung untuk windows ( versi 7, 8, 8.1, 10 ), Mac OS, Android dan tablet berbasis Android.

Kelebihan dari Bitdefender adalah setup dengan konfigurasi yang sederhana dan sangat mudah, menggunakan sedikit sumber daya sistem PC karena memiliki ukuran yang sangat ringan.

Bitdefender merupakan softwere perlindungan virus terbaik yang telah teruji ( Juara antivirus PCMag, Desember 2016 ).

Beberapa kekurangan dari Bitdefender diantaranya memiliki fitur-fitur yang sedikit, tidak ada opsi scheduled scan, dan tidak ada opsi quick scan.

4. ZoneAlarmFree Antivirus

ZonealarmFree Antivirus merupakan softwere antivirus keluaran dari CheckPoint Software Technologies.

Softwere ini merilis produk perdananya pada tahun 2000. ZoneAlarm merupakan softwere yang mengintegrasikan antivirus dan firewall bersama-sama untuk perlindungan dan kinerja yang maksimal.

ZoneAlarm mendukung beberapa versi window, seperti 7, 8, dan 10, Vista dan juga XP.

Kelebihan dari Zonealarm diantaranya adalah mampu memblokir hacker yang ingin mengakses PC mu, memiliki mesin Anti-spyware, memiliki performa yang sangat baik dan sudah teruji, penyedia firewall terbaik, dan memiliki cloud storage sebesar 5 GB gratis.

Kekurangan dari antivirus ini adalah terdapat iklan Yahoo di Installer, proses instalasi yang sangat lambat, dan sedikit membebankan sistem di PC saat melakukan pemindaia sistem (scanning for viruses) dan pembaruan (updates) sistem.

5. Avira Antivirus

Antivirus gratis rekomendasi selanjutnya yang wajib kamu install adalah Avira. Avira Antivirus dikembangkan oleh Avira dan dirilis pertama kali pada tahun 2008.

Avira merupakan perusahaan yang bergerak di bidang keamanan PC, yang berdiri pada tahun 1986.

Antivirus ini melindungi laptop atau PC dari serangan virus, Trojan, worm, spyware, adware, dan berbagai jenis malware lainnya.

Avira cocok digunakan untuk Windows7, 8, 10. Avira juga dapat digunakan pada komputer Mac, Linux, dan juga untuk Android.

Kelebihan dari Avira diantaranya adalah tidak terlalu membebankan sistem, memiliki tampilan yang bagus dengan tombol pengaturan yang tertata dan jelas, serta memiliki pendeteksian virus yang sangat bagus.

Namun beberapa kekurangan dari Avira diantaranya adalah terdapat berbagai iklan Avira di Installer, banyak pop up yang muncul ketika dijalankan, dan scan virus yang terkadang lambat.

6. AdAware Antivirus Free

AdAware Antivirus Freeadalah software antivirus gratis rekomendasi selanjutnya yang memberikan perlindungan terhadap virus dan malware.

AdAware Antivirus Free dikembangkan oleh Lavasoft, dan dirilis perdana pada tahun 1999. AdAware mendukung untuk beberapa versi windows, seperti windows 7, 8, 8.1, 10.

Kelebihan dari AdAware adalah adanya mode gaming dan dapat diinstal bersamaan dengan antivirus yang lain.

Kekurangan dari antivirus ini antara lain perlindungan virus kurang sempurna dan lebih lambat, tidak ada proteksi email, dan fitur-fitur yang tidak didukung oleh versi gratis selalu muncul di beranda.

AdAware merupakan antivrus yang bagus, namun akan dirasakan kelebihan secara maksmal jika pengguna menggunakan yang versi pro.

7. Comodo Antivirus 10

ComodoAntivirus 10 adalah program antivirus gratis keluaran dari Comodo, yaitu suatu perusahaan penyedia SSL dan produsen program antivirus komputer.

Comodo Group merilis perdana softwere antivirus ini pada tahun 2013.

Kelebihan dari ComodoAntivirus 10 diantaranya adalah terdapat ada fitur secure web browser, memiliki pengaturan DNS untuk keamanan tingkat lanjut.

Comodo antivirus juga memiliki desain dan tampilan antarmuka yang bagus dan rapi, memiliki berbagai fitur lengkap dan menarik.

Kekurangan dari antivirus ini antara lain terdapat iklan Yahoo, pendeteksian virus terkadang buruk, dan terdapat beberapa kesalahan ketika melakukan scan virus.

Oke, itu di atas adalah 7 rekomendasi softwere antivrus gratis yang bisa Kamu unduh dan gunakan untuk windows 10 mu.

Dalam memlih softwere untuk PC, alangkah baiknya selalu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing softwere yang pastinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Menurut kamu apa antivirus gratis yang terbaik untuk windows 10? Yuk share pengalaman kamu di kotak komentar di bawah artikel ini.