Kecanggihan teknologi dari ponsel pintar tidak hanya mampu meningkatkan produktivitas dari penggunanya tetapi juga seharusnya bisa menjadi ladang amal untuk bekal di hari akhir bagi pemiliknya.

Salah satu aplikasi wajib yang harus ada di ponsel pintar saya yaitu aplikasi yang bernama Quran for Android. Menurut saya ini adalah aplikasi Al-Quran terbaik di Android. Memang di playstore ada beberapa aplikasi al-Quran yang berbayar. Namun dengan aplikasi Quran for Android ini kita tidak perlu membelinya alias gratis!

Hal yang saya sukai dari aplikasi ini adalah kita bisa memilih murottal lebih kurang 22 pilihan bacaan murottal Al-Quran. Salah satu fungsi kita mendengarkan murottal manakalah kita mau menghapal atau sedang melancarkan bacaan al-Quran. Kita bisa mengkoreksi hapalan yang tersimpan di otak dengan menyamakan bacaan murottal pada aplikasi ini.

Apabila Anda ingin menggunakan fitur murottal tadi, ada baiknya ponsel pintar Android yang Anda gunakan tersambung dengan Wi-Fi. Anda bisa men-download murottal per juz, surat, atau per halaman. Oh ya, sebelumnya agar tidak memakan ruang penyimpanan ponsel terlalu banyak.

Jangan lupa untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Tutorialnya sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya yang berjudul Memindahkan Aplikasi Android ke SDCard. Saat membaca Al-Quran kan tidak jarang ya kita lupa ayat berapa dan halaman berapa yang sudah kita baca. Kita bisa juga menggunakan fitur bookmarks untuk menandai bacaan ayat atau halaman terakhir yang kita sudah baca.

Itu aja fitur menariknya? Wess, masih banyak rek! Ada lagi nih. Bagi mereka yang ingin mebaca al-Quran berserta artinya. Kita bisa juga download dari aplikasi tersebut, terjemahan al-Quran dalam bahasa Indonesia. Nah ini terkahir yang paling saya suka, yaitu halaman al-Quran yang Anda buka di smartphone itu sama dengan al-Quran cetakan dari Madinnah*.

*Mohon maaf antara cetakan Madinah atau Mekkah-nya saya kurang begitu mengerti. Tetapi pernah saya samakan antara halaman dan bacaan di smartphone dengan Al-Quran versi cetakan satu di antara kedua cetakan tersebut. Dan hasilnya sama. Mohon jika pembaca lebih mengerti dan paham agar membantu saya mengklarisikasikan hal di atas ya. Terima kasih 🙂