Aplikasi Android yang Sangat Bermanfaat Mengisi Hari di Bulan Ramadhan

Alhamdulillah sampai hari ini Allah berikan kesempatan kepada situstarget.com dan tim untuk setia menemani Anda di bulan yang penuh keberkahan ini di bulan ramadhan. Kali ini kita akan membahas aplikasi Android yang akan membuat ibadah Anda selama bulan ramadhan menjadi terasa lebih “hidup” menggunakan smartphone yang sering Anda bawa kemana-mana.

Baca juga: Cara Mengetahui Adzan dan Kiblat Melalui Android

Tenang pembahasan kali ini insyaallah tidak ada aplikasi yang membuang-buang waktu kok. Contoh yang membuang waktu dan kurang manfaat mungkin aplikasi game, chatting, dan seterusnya. Oke Lanjut saja berikut ini adalah beberapa aplikasi android yang saya sarankan untuk anda pasang di smartphone Anda untuk menghidupkan bulan ramadhan, yaitu:

1. Aplikasi baca Al-Quran Terbaik untuk Android

Saya pernah menulis artikel tentang ini di situstarget.con pada tulisan yang berjudul “Aplikasi Al-Quran Terbaik di Android“. Aplikasi ini gratis dengan fitur yang begitu lengkap.

Anda bisa unduh suara murotal dari berbagai imam di seluruh dunia. Ada juga translate al-quran ke bahasa Indonesia. Dan fitur bookmark untuk menandai bacaan al-quran Anda.

Jika biasanya Anda mengisi di bulan-bulan sebelumnya dengan One Day One Juz. Bulan ramadhan ini berapa kali hatam al-quran target Anda? Aplikasi ini sangat saya rekomendasikan dipasang pada smartphone android Anda.

2. Aplikasi Android untuk Doa-doa Pilihan

Al-Matsurat Mobile. Sebelum beraktivitas di pagi hari dan ingin mendapatkan keberkahan sepanjang hari. Anda butuh doa pagi dan petang, doa-doa pilihan yang baginda rasulullah anjurkan melalui bacaan al-matsurat.

Kalau biasanya al-matsurat dibaca dengan menggunakan buku saku. Mungkin terkadang Anda suka ketinggalan kalau dalam berbentuk buku. Lain cerita kalau dalam bentuk aplikasi. Jarang seseorang meninggalkan smartphone-nya.

Well, Anda bisa juga mendengarkan bacaan surat, membaca terjemahan, risalah, tulisan latin, dan catatan penting lainnya melalu aplikasi yang satu ini. Al-Matsurat juga bisa anda pilih apakah sughro atau kubro.

Kalau Anda punya waktu banyak dan memang menyediakan waktu untuk dzikir antara 30-45 menit. Anda bisa membaca al-matsurat kubro. Dan lebih afdol jika Anda membaca terjemahan dan risalahnya juga.

3. Jangan Sampai Ketinggalan Waktu Solat, Gunakan saja Aplikasi Android Berikut Ini

Kebanyakan orang sehabis sahur ada yang langsung lanjut beraktivitas dan tidak sedikit yang kembali ke kasur untuk melanjutkan tidurnya. Kalau sendirian di kos-kosan atau jauh dari keluarga, mungkin mengandalkan teman untuk membangunkan subuh, mungkin juga hasilnya bisa zong alias kosong. Subuh bisa-bisa kelewatan. 😀

Wong dia juga ikutan tidur sehabis sahur. Oleh karena itu Anda perlu menginstal aplikasi yang bernama salatuk. Aplikasi ini akan mengingatkan Anda jika sudah waktunya azan tiba. Saya pernah mengulas aplikasi ini lebih lengkap pada artikel yang berjudul: “Aplikasi Pengingat Adzan Terbaik di Android“.

4. Ketahui Waktu-waktu Bulan Puasa dan Tanggalan Islam dengan Aplikasi yang Satu Ini

Kalender puasa sunnah. Terkadang suka terlewat puasa-puasa sunnah karena tidak tahu waktu tepatnya itu kapan. Tapi kalau sudah datang puasa ramadhan, tidak boleh dirangkap dengan puasa sunnah lagi.

Ini khusus di luar bulan ramadhan saja, tapi mungkin aplikasi ini akan bermanfaat juga selepas bulan ramadhan. Anda bisa mengetahui tanggal-tanggal penting dalam kalender islam. Kapan puasa sunnah, tuntunan puasa, dan kalender hijriah.

5. Subscribe Channel Video-video Islami Pilihan di Youtube

Di Youtube sendiri ada beberapa channel islami yang bisa Anda ikuti. Tapi sebelum itu alangkah lebih baik untuk mensetting akun youtube Anda ke safe mode. Tujuannya agar pada saat membuka youtube, video-video yang berisikan konten dewasa sudah difilter. Jadi aman dibuka selama bulan ramadhan.

Mekskipun sudah difilter tetapi tetap saja terkadang ada konten video dengan muatan yang senonoh lewat dari proses filter. Ya, masih lebih baik ada usaha filterasi si… Dibandingkan tidak sama sekali, ya kan? Berikut ini adalah video tutorial untuk melakukan filterasi video (safe mode) yang akan ditampilkan pada aplikasi Youtube di smartphone:

Berikut ini beberapa channel youtube islami yang bisa Anda ikuti:

1. Lampu Islam
2. YukNgaji ID
3. Khalid Basalamah
4. Yufid.TV – Pengajian & Ceramah Islam
5. Rodja TV


Apakah tulisan di atas bermanfaat untuk Anda? Bantu share tulisan di atas jika Anda rasa bermanfaat untuk teman-teman Anda di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path.

Jangan sampai ketinggalan tulisan terbaru dari situstarget.com. Daftarkan alamat email dan nama lengkap Anda di kotak berlangganan artikel yang ada di bawah tulisan ini, sekarang juga.