Beberapa Aplikasi Bawaan Samsung yang Hanya Jadi Pajangan di Smartphone

Kali ini saya akan memberikan tips untuk menghemat memory internal (internal storage) pada smartphone Samsung Anda. Ketika pertama kali membeli smartphone, Anda sudah dibekali berupa aplikasi bawaan Samsung.

Sayangnya aplikasi-aplikasi tersebut terkadang tidak cocok dengan kebutuhan penggunanya. Saya sendiri telah menghapus beberapa aplikasi bawaan dari Samsung yang menurut saya jarang dipergunakan.

Lumayan buat memasang aplikasi lainnya yang lebih bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan saya pribadi. Memory internal di smartphone terkadang suka cepat penuh apalagi kalau Anda jarang “bersih-bersih”.

Baca juga: Hemat Internal Storage dengan Menghapus Cache

Chat histori yang menumpuk di WhatsApp tidak dihapus, belum lagi file-file seperti audio, video, dan gambar dari kiriman chat dari WhatsApp yang tidak Anda pindahkan ke memory eksternal, App Junk, Samsung System Junk, dan masih banyak lagi.

Kalau saya pribadi untuk menghapus cache aplikasi atau app junk, samsung system junk, dan kawan-kawannya. Saya menggunakan aplikasi 360 Security. Dahulu saya menggunakan antivirus berbayar namun karena terlalu banyak yang harus bayar-bayar lagi.

Saya lebih memilih yang gratisan tapi powerful, memang antivirus untuk Android yang berbayar memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi 360 Security. Penilaian saya mengenai aplikasi 360 Security sampai saat ini cukup memuaskan, baik secara fitur, performa, dan tampilannya.

Setelah Anda memasang aplikasi 360 Security, tugas Anda membersihkan secara rutin aplikasi-aplikasi yang membuat “sampah” dengan cara mengklik tulisan Clean dibagian atas dan klik Scan. Setelah itu proses scanning akan dilakukan hingga selesai. Anda akan melihat list dari “sampah” aplikasi-aplikasi yang akan dihapus oleh 360 Security.

Baca juga: Tulisan-tulisan Pilihan Mengenai Android

Tidak hanya list, ada informasi juga mengenai berapa MB file yang akan dihapus. Kalau Anda suka menggunakan aplikasi seperti Youtube, Line, WhatsApp, atau aplikasi lainnya. Anda harus rajin-rajin melakukan pembersihan dengan aplikasi ini. Selanjutnya tinggal klik Clean di bagian bawah.

Satu tugas telah selesai, sekarang yaitu membersihkan aplikasi bawaan Samsung. Sebagai contoh saya jarang mempergunakan aplikasi-aplikasi berikut ini sehingga saya memutuskan untuk mencopot aplikasi berikut ini: Flipboard: Your News Magazine, Google Play Books, Google Play Movie & TV, Google Play Music, Google Play Newsstand, Google TalkBack, Google+, HP Print Service Plugin, Samsung Link, Samsung Print Service Plugin, dan Samsung Push Service.

Penjelasannya sebagai berikut ini:

 

Aplikasi Bawaan Samsung

Penjelasan

Flipboard: Your News Magazine Faktor pertimbangan saya yaitu saya lebih suka membaca berita melalui aplikasi browser komputer atau laptop ketimbang melalui aplikasi khusus baca berita di smartphone.
Google Play Books Tidak pernah saya pakai oleh karena itu saya lebih memilih untuk menghapusnya dari smartphone.
Google Play Movie & TV Kegiatan menonton TV lebih suka di televisi ketimbang menggunakan aplikasi khusus untuk menonton TV di smartphone.
Google Play Music Saya lebih suka menggunakan browser komputer dan streaming musik ketimbang menggunakan aplikasi Google Play Music.
Google Play Newsstand Tidak pernah saya pakai oleh karena itu saya lebih memilih untuk menghapusnya dari smartphone.
Google Talk Back Tidak pernah saya pakai oleh karena itu saya lebih memilih untuk menghapusnya dari smartphone.
Google+ Saya lebih suka menggunakan browser komputer untuk mengakses Google Plus ketimbang menggunakan aplikasi bawaan Samsung yang satu ini.
HP Print Service Plugin Saya tidak menggunakan printer HP, sehingga saya memutuskan untuk mencopot aplikasi yang satu ini dari smartphone saya.
Samsung Link  Tidak pernah saya pakai oleh karena itu saya lebih memilih untuk menghapusnya dari smartphone.
 Samsung Push Service  Tidak pernah saya pakai oleh karena itu saya lebih memilih untuk menghapusnya dari smartphone.
Samsung Print Service Plugin  Saya tidak menggunakan printer Samsung, sehingga saya memutuskan untuk mencopot aplikasi yang satu ini dari smartphone saya.

 

Kalau saya memiliki beberapa alasan di atas, jika alasan Anda sama dengan saya. Mungkin Anda bisa mencopot aplikasi tersebut. Tapi apabila Anda memiliki alasan lain, harap pertimbangkan saran dari saya ini dan sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda selama menggunakan smartphone.

Semoga tulisan tentang aplikasi bawaan samsung yang bisa Anda hapus ini, bisa bermanfaat untuk menghemat memory internal pada smartphone, jika Anda memiliki pertanyaan mohon kirimkan pertanyaan Anda melalui kotak komentar yang ada di bawah tulisan ini. Dan bantu berikan rate lima bintang ***** jika Anda menyukai tulisan ini.

Bantu sebarkan tulisan di atas melalui sosial media yang Anda miliki, baik di Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path ke sesama pengguna smartphone Samsung, semoga bisa bermanfaat juga untuk teman-teman Anda di sana.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari tim kami? Manfaatkan alamat email Anda untuk mendaftar sebagai pelanggan di blog situstarget.com ini dengan cara mendaftarkan alamat email Anda di kotak subscribe di bawah tulisan ini.

Jangan lupa setelah proses pendaftaran, klik link konfirmasi yang dikirimkan oleh sistem kami melalui alamat email yang telah Anda daftarkan. Setiap minggunya tim kami akan mengirimkan artikel terbaru dari situstarget.com melalui alamat email Anda.