Aplikasi BBM vs Whatsapp vs Line dan Telegram Mana yang Lebih Baik?

Dalam kehidupan sehari-hari komunikasi adalah hal yang mutlak. Tidak hanya sekedar ngobrol.

Melainkan kadang sharing data menjadi sangat penting untuk keperluan bisnis dan juga berbagi gambar kenangan lama bersama teman alumni sekolah, teman organisasi, relasi bisnis ataupun keluarga.

Sehingga komunikasi dalam hal ini adalah urgent sifatnya dan mutlak.

Komunikais lisan sekarang sudah mulai bergeser dengan komunikasi digital dengan perantara gawai dan sambungan internet.

Selebihnya komunikasi masih dilakukan dengan teks, visual dan lisan.

Selanjutanya adalah kita akan membahas dalam artikel ini adalah mengenai komparasi kelebihan dan kekurangandari aplikasi BBM, WhatsApp, Line dan Telegram.

Dari keempat aplikasi tersebut semua adalah merupakan kategori aplikasi Chating yang terpopuler saat ini dan banyak digunakan semua kalangan untuk keperluan personal, bisnis atau group.

Fitur Dalam Aplikasi –dalam keempat aplikasi chating yang dimaksud memiliki beberapa fitur standar yang dalam keempat applikasi tersebut ada.

Apa saja fitur yang sama dalam keempat aplikasi tersebut.

  • Fitur personal chat. Personal chat adalah chating yang dilakukan secara personal oleh dua user.
  • Fitur group chat. group chat adalah chating yang dilakukan oleh lebih dari tiga orang baik menggunakan admin atau tidak
  • Fitur calling. Dengan fitur ini dimungkinkan penguna dapat melakukan percakapan telephone dengan user lain yang mengunakan aplikasi yang sama.
  • Fitur Video Call . fitur ini memungkinkan penguna untuk berkomunikasi mengunakan video melalui saluran internet. Sejauh lawan bicara mengunakan aplikasi yang sama.
  • Fitur untuk sharing image. Penguna dapat berbagai foto atau gambar file extension JPG, PNG, dan BMP.
  • Fitur Sharing Video. Penguna dimungkinkan untuk berbagi video pada sesama penguna aplikasi.
  • Fitur sharing dokumen. Dengan fitur ini, pengguna dimungkinkan untuk berbagi dokumen yang berupa file doc,xlsx, pdf, exe.

Inilah fitur setandar yang hampir semua aplikasi chating seperti, whatapp. Line, BBM, dan Telegram miliki.

Namun rasanya kita juga perlu membahas kelebihan dan kekurangan dari keempat aplikasi tersebut sehingga kita memiliki pemahaman yang lebih komperhensif mengenai keempat aplikasi tersebut.

Kelebihan dan Kekuarangan Aplikasi BBM, WhatsApp, Line, dan Telegram

Empat Aplikasi Chating yang populer saat ini whatapp. Line, BBM, dan Telegram memiliki beberapa keunggulan dan karena masih  produk ciptaan manusia tentunya semua aplikasi tersebut memiliki kelemahan-kelemahan yang tidak dapat dihindari.

Terkadang kita harus menginstal beberapa aplikasi tersebut dalam gawai kita agar kita dapat tetap berkomunikasi dengan kolega-kolega, yang belum tentu menginstal aplikasi yang sama.

Kelemahan yang sama dan satu-satunya yang membuat komunikasi bisa saja tidak dapat terjadi yaitu adalah aplikasi tersebut fitur hanya dapat digunakan oleh user yang sama-sama menginstal aplikasi yang sama.

Seandainya bisa dimungkinkan ada sebuah aplikasi yang menghubungkan banyak aplikasi chating maka komunikasi pastinya tidak akan terhalang lagi.

Kita akan membahas selajutanya kekuarangan pada masing masing aplikasi karena secara prinsip.

Saya belum menemukan kelebihan yang berbeda secara signifikan dari empat aplikasi terpopuler tersebut.

1. Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi BBM

Keunggulan aplikasi BBM adalah dalam hal kemanan aplikasi dengan enkripsi yang belum terpecahkkan.

Sehingga apikasi ini menjadi sangat aman komunikasi yang sifatnya rahasia.

Ini disebabkan karena ID User yang berbeda dengan ketiga aplikasi yang lain.

Dan ukuran file installer yang kecil hingga memudahkan pengguna mendowload dan menginstal dalam gawai dengan kapasitas simpan kecil.

Untuk aplikasi ini memiki kekurangan yang ada pada ID user yang mengunakan id yang tidak banyak dipakai oleh aplikasi lain, yang mengunakan nomer telepon user seperti pada Line, Telegram dan WhatsApp.

Hal ini tentunya akan memudahkan orang menyimpan id meski tidak dalam aplikasi tersebut.

Sedangkan BBM ID User yng lain akan hilang jika kita tidak mengunakan aplikasi tersebut pada gawai yang berbasis OS Android, IOS, atau Windows.

Selain itu BBM juga terbatas dalam mengirim besaran file ketika kita akan sharing data pada user lain baik berupa dokumen, foto, video, dan musik.

Kekuarangan BBM adalah belum semua gawai yang menginstal BBM terutam android dapat digunakan untuk video call.

Karena mungkin pada dasarnya BBM memang memfokuskan pada teknologi komunikasi teks yang tingkat keamananya cukup baik.

2. Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Line Messenger

Aplikasi ini memiliki kelebihan yakni sebagai gerbang integrasi yang baik bagi kebanyakan game online.

Kelebihan ini memudahkan user untuk dapat dengan mudah registrasi akun game-game online yang ada saat ini.

Mengapa demikian? Karena produsen aplikasi Line adalah merupakan perusahaan game-game online yang kebanyakan ada saat ini.

Kelemahan aplikasi Line Messenger adalah keterbatasan besaran file yang dapat di-sharing-kan kepada user yang lain.

Fitur dalam line sangat banyak namun karena file dari line sendiri besar maka menyulitkan untuk penguna dengan gawai minim  media penyimpanan.

Maka line menjadi tidak cukup rekomended untuk gawai dengan spesifikasi rendah serta tidak dianjurkan bagi user untuk berbagai file dengan user lain.

3. Kelebihan dan Kekurangan Layanan Telegram

Aplikasi ini hampir minim sekali kekuranganya, aplikasi ini dirilis setelah tiga aplikasi yang lain di rilis sehingga seolah aplikasi ini adalah penyempurnaan dari ketiga aplikasi yang lain.

Kelebihan yang paling unggul adalah enskripsi aplikasi telegram ini hampir disetarakan dengan aplikasi BBM yang kenyataanya hingga saat ini belum banyak yang dapat mampu membongkar data catatan percakapan.

Telegram muncul dan kemudian menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk berbagai file data karena miliki memampuan untuk mengkompesi data sehingga tidak banyak membebani gawai dengan kapasitas simpan kecil.

Dan salah satu fitur yang menjadi kelebihan dari aplikasi telegram adalah adanya fitur private chats yang setelah pesan dikirim maka pesan dapat hilang sendiri.

4. Kelebihan dan Kekurangan Layanan Whatsapp

Aplikasi ini dulunya tidak banyak dilirik user untuk digunakan saat aplikasi BBM masih merajai aplikasi chating.

Setelah whatsapp menelorkan aplikasi yang cros platform BBM pasarnya tersedot oleh Whatsapp.

Aplikasi whatshapp sungguh sebuah masterpice aplikasi cros plaform yang mampu menjadi sebuah jawaban dari seluruh pengguna aplikasi chating selama ini.

Keunggulan aplikasi ini adalah ringan dan tidak membebani gawai dengan kapasitas simpan kecil serta kemampuan aplikasi ini untuk mengkompres file.

Tujuannya agar mampu mengirim berbagai macam data mulai gambar , video, suara dan bahkan teks dengan besaran file yang cukup.

Sehingga keterbatasan komunikasi data tidak akan menjadi kendala. Kemampuan aplikasi ini dengan User ID nomer telepon penguna memudahkan penyimpanan ID.

Sehingga tidak memerlukan dua user ID (seperti BBM) untuk berkomunikasi suara dan data.

Tidak hanya itu saja fitur whatsapp saat ini semakain diperluas dengan fitur update status dan juga fitur memutar otomatis video yang disharingkan oleh user ke user lain.

Hal ini yang membuat whatsapp semakin memdapatkan tempat di hati para user.

Perbandingan Harga untuk Fitur Premium Layanan Messenger BBM, Line, dan WhatsApp

Dari sisi harga semua dari empat aplikasi chating terpopuler ini menetapakan nol rupiah pembayaran langganan.

Dugaan saya aplikasi ini berlangganan dengan menerapkan tarif yang telah dibebankan pada harga kuota data yang dibeli agar dapat mengakses semua aplikasi ini.

Namun pada kenyataanya biaya akses ini meskipun gratis namun fitur-fitur tertentu tetap dikenakan biaya terutama pada fitur yang tersemat di dalam aplikasi BBM dan Line.

Untuk aplikasi telegram dan whatsapp hampir semua fitur dapat diakses dengan gratis.

Apa saja fitur berbayar dan fitur yang gratis dalam empat aplikasi tersebut

Layanan Premium dan Berbayar di Aplikasi Messenger

  • BBM-antara lain adalah fitur emoticon BBM berbayar yaitu pada emotikon-emotikon yang baru saja dirilis.
  • LINE-fitur yang berbayar hanya ada dibagaian emotikon yang pastinya hanya emotikon yang terbaru.
  • Telegram-fitur yang berbayar hanya ada dibagikan emotikon yang pastinya hanya emotikon yang terbaru.
  • Whatsapp- fitur yang berbayar adalah emotikon yang berbetuk file GIV.

Layanan Aplikasi Messenger yang Gratis Meliputi:

Dari keempat aplikasi fitur stardar seperti file sharing, dokumen sharing, video call, masseging semua adalah layanan gratis yang dapat diakses semua user.

Kemudahan Akses

Dari sisi kemudahan akses empat aplikasi chatting seperti aplikasi BBM, line, Whatsapp, dan telegram semua dapat diakses hanya dengan bermodal paket data seluler baik yang reguler, mapun paket data media sosial, maupun juga paket-paket yang lain.

Selain itu jurus gratis yang lain melawan kesulitan akses yang mungkin dapat terjadi adalah dengan jurus free wifi.

Dengan adanya free wifi semua aplikasi ini adalah totaly free. Intinya asal ada akses internet semua gratis dan semua adalah didedikasikan pada konsumen.

Selain itu juga kemudahan untuk mendowload aplikasi ini juga disediakan gratis yaitu melalui google play atau aple store untuk OS gawai android dan IOS.

Sedangkan BBM di OS Black Berry khusus untuk BBM sudah langsung terinstal, sedangkan tiga aplikasi yang lain dapat di Download di BB Store dan untuk windows phone dapat di cari di Windows store.

Cara Pengunaan Empat Aplikasi Chating Terpopuler

Dalam pokok bahasan ini akan saya ulasan bangaimana menginstal aplikasi ini sekaligus cara mengunakan aplikasi chating ini.

Pastinya generasi mileneial yang telah akrab dengan gawai dan berbagai aplikasi yang tersemat dalam gawai maupun komputer.

Sehingga bagi generasi mileneial hal ini tidak menjadi masalah besar namun bagi generasi tua gawai menjadi barang yang masih berupa “mimpi”.

Sebuah kesulitan tersendiri ketika generasi tua harus menyelaraskan perkembangan teknologi terkini dengan pengalaman lama yang harus seimbang dan selaras.

Untuk dapat seimbang dan selaras memadukan teknologi terkini dengan kebiasaan lama generasi yang terdahulu sebelum generasi milenial maka artikel ini hadir semeberi panduan.

Terkait mengenai bagaimana mendowload dan mengunakan aplikasi ini, dalam artikel ini kita akan membahas pengunaan fitur basic dari ke empat aplikasi ini.

Cara Download Aplikasi Messenger Line, WhatsApp, Telegram dan BBM

Secara prinsip keempat aplikasi ini memiliki cara download hampir sama. Cara yang umum adalah anda tinggal mencari di google play.

Atau pada gawai tertentu beberapa aplikasi ini sudah terinstal seperti aplikasi BBM dan Whatsapp yang memudahkan user dengan hanya tinggal satu langkah yaitu membuat akun.

Namun pada umumnya semua aplikasi ini bisa di download di playstore android atau di apple store dan anda tinggal klik tombol instal maka aplikasi tersebut akan mendowload dan otomatis akan melakukan penginstalan sendiri.

Hanya saja bagi setiap pengguna harus memperhatikan dengan seksama besaran media simpan gawai miliknya supaya dapat mengantisipasi dan memilih aplikasi mana yang akan diinstal.

Tujuannya agar tidak kelebihan beban simpan data yang justru akan mengakibatkan gagal instal atau lebih buruknya adalah gawai eror dan tidak berfungsi secara baik dan maksimal.

Untuk membuat user ID untuk login anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada dan memasukan email atau nomer telepon setelah itu klik register/daftar.

Anda kemudian akan menerima SMS kode konfirmasi pada gawai anda lalu setelah dikonfirmasi aplikasi siap digunakan.

Penggunaan Aplikasi WhatsApp, BBM, Line dan Telegram

Dalam artikel ini akan secara singkat mengulas pengunaan pada keempat aplikasi ini.

Pada aplikasi BBM mengirim pesan adalah dengan cara mencari user ID dengan Kombinasi Huruf dan angka kemudian anda tinggal menulis pesan lalu tekan tombol send.

Maka pesan akan terkirim pada ID yang dituju yang disebut sebagai PIN BB.

Pada aplikasi Line masih ada kesamaan yang sama dengan BBM berkomunikasi teks dengan menggunakan ID atau bisa disebut PIN untuk berbagai keperluan menjalankan fitur pesan, video call dan lain-lain.

Applikasi Telegram untuk mendownloadnya prinsipnya hampir sama dengan aplikasi chatting yang lain.

Namun untuk pengunaan ada yang sedikit berbeda karena juga dapat dijalankan pada PC atau laptop dengan hanya menscan barcode yang muncul dalam aplikasi yang ada di aplikasi komputer.

Kemudian akan mensikronisasi dengan aplikasi yang ada di gawai anda.

Sedangkan aplikasi Whatsapp ini cara download dan membuat username atau regsitrasi masih sama dengan aplikasi telegram.

ID adalah nomer telepon penguna adalah sebuah kemudahan sehingga pengguna tidak perlu mensinkronkan lagi aplikasi dengan telepon.

Mudahnya adalah aplikasi whatsapp adalah sebuah aplikasi yang dapat membuat komunikasi lebih mudah selain mengunakan telepon dan sms.

Cara mengunakan aplikasi untuk berkirim pesan adalah dengan cara menggunakan ID adalah no telepon pelangan yang kemudian di klik.

Lalu kita menuliskan pesan pada bok pesanya lau setelah selesai tinggal di klik send.

Untuk fitur video call anda tinggal klik ID yang dituju dan klik tombol video dan whatsapp kita bisa video call langsung.

Tidak jauh beda untuk mengunakan whatsapp di komputer atau laptop kita tinggal menscan barkode pada komputer yang muncul.

Setelah kita masuk di web aplikasi whatsapp lalu aplikasi yang ada di gawai kita bisa disingkronkan dengan aplikasi yang ada di komputer.

Sayangya untuk fitur video call belum dapat di jalankan dengan menggunakan komputer.

Kesimpulan Sederhana

Adanya platform android dan IOS semakin memudahkan kita berkomunikasi dengan orang lain tanpa ada batasan jarak.

Terlebih lagi adalah tanpa batasan pulsa. Di era berkembangnya aplikasi BBM, LINE, Telegram, dan whatsuapp membuat yang jauh terasa dekat.

Sehingga bisa mengupulkan teman lama dan keluaraga yang terpisah jauh.

Komunikasi setelah berkembangnya teknologi seluler awalnya masih terkendala dengan pulsa telephone.

Namun sering waktu berjalan dengan berkembangya teknologi internet yang terintegrasi dengan teknologi smarthone.

Pulsa telephone bukan lagi kendala. Paket kuota internet semakin murah, teknologi aplikasi massaging semakin berkembang menjadikan komunikasi semakain lancar.

Sharing data dan informasi semakin murah, mudah dan meriah maka orang semakin dapat berkomunikasi dengan intens.

Namaun disisi lain muncul berbagai masalah sosial baru berkembang.

Aplikasi messaging menjadikan yang jauh serasa dekat dan yang dekat berasa jauh.

Mengapa hari-hari ini orang terpaku dengan gawai mereka untuk berkomunikasi dengan orang yang jauh dan melupakan komunikasi dengan orang terdekat.

Tahap selanjutnya adalah muncul kasus perselingkuhan diawali dari chating-cahating nyasar.

Lebih jauh akibatnya dari mudahnya berkomunikasi dan menyebarnya informasi menjadikan hoax merebak dan berakibat luas.

Tidak hanya secara pribadi melainkan juga secara luas dikalangan negara atau bahkan dunia.

Sehingga tidak heran ada negara yang memblokir beberapa aplikasi ini. Selaian dengan alasan mempersempit peredaran hoax ada juga untuk melindungi produk lokal sebuah negara.

Menjadi bijaksana untuk mensikapi perkembangan aplikasi messaging adalah hal paling penting untuk memproteksi diri dari akibat buruk seperti radikalisme, perselingkuhan, hoax, kegiatan makar, transaksi narkoba, pornografi dan perjudian.

Kata kuncinya adalah pengendalian diri dan moralitas menjadikan pengguna aplikasi media sosial ini terhindar dari masalah-masalah tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan kita semakin bijaksana.