Komunikasi dengan pelanggan saat ini bisa beragam cara di bisnis online, mulai dari chatting via facebook, ngobrol via whatsapp, line, telegram, google hangout, skype, wechat, twitter, dan BBM.

Eits untuk yang terakhir sepertinya sudah banyak ditinggal oleh penggunanya. Lantaran iklan yang
“tidak sopan” pada aplikasi tersebut. Sedikit menyebalkan memang iklan di aplikasi chatting BBM.

Saya sendiri sudah pernah meng-uninstall aplikasi tersebut, sekarang hanya menggunakan komunikasi melalui beberapa aplikasi di atas. Repotkan jika pelanggan berkomunikasi dengan berbagai aplikasi tersebut.

Anda harus membalas setiap pesan di whatsapp, line, telegram, dan seterusnya. Buka aplikasi, balas pesan, tutup aplikasi, buka aplikasi lain, balas pesan yang lain, tutup, dan begitu seterusnya.

Baca juga: Cara Lapor SMS Sampah ke Pihak Telkomsel

Ada aplikasi yang bisa sangat memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Salah satunya yaitu Aplikasi Franz. Seperti apa aplikasi ini?

Aplikasi ini dapat mengintegrasikan beberapa aplikasi chatting menjadi satu kesatuan (All-in-One). Aplikasi Franz mendukung Slack, WhatsApp, WeChat, HipChat, Facebook Messenger, Telegram, Google Hangouts, GroupMe, Skype, dan masih banyak lainnya lagi.

Jadi Anda hanya perlu menghubungkan setiap akun di aplikasi ini, lalu Anda hanya cukup mengelola setiap pesan yang masuk dari aplikasi ini, tanpa harus melakukan tahap buka tutup aplikasi chatting resminya. Bingung ya?

Semoga gambar di bawah ini bisa memberi gambaran tentang aplikasi Franz:

Contoh pesan yang masuk di aplikasi franz

Contoh pesan yang masuk di aplikasi franz via meetfranz.com

Setiap tab ada aplikasi chatting yang berbeda-beda, Anda tinggal membalas pesan pelanggan Anda satu per satu. Proses mengelola komunikasi pelanggan menjadi lebih mudah dengan aplikasi franz ini.

Anda juga bisa memberikan semacam label nama pada setiap aplikasi yang aktif. Contoh nama pribadi untuk kegiatan yang bersifat personal atau nama perusahaan untuk kegiatan bisnis.

Setiap aplikasi membutuhkan otentikasi yang berbeda-beda. Contoh jika Anda ingin menghubungkan aplikasi WhatsApp dengan aplikasi Franz. Anda perlu melakukan scanning barcode terlebih dahulu.

Baca juga: Waspadai Hacking Email Melalui SMS Phising

Atau aplikasi chatting lain semisal telegram, berarti Anda harus memasukan nomor telegram yang aktif, dan memasukan kode login yang bisa Anda dapatkan pada pesan yang dikirimkan oleh Telegram service notification.

Aplikasi ini dapat berjalan pada sistem operasi Windows 7 ke atas, MacOS versi 10.9 ke atas, dan Linux. Apakah aplikasi ini berbayar? Tenang, sampai hari ini aplikasi franz masih gratis.

Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi ubuntu 16.04 xenial dan ingin menggunakan aplikasi franz ini. Anda tinggal download aplikasi tersebut, extract, dan klik dua kali untuk menjalankan aplikasinya. Mudah kan?

Semoga tulisan sederhana di atas bisa bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis online-nya. Jangan lupa bagikan tulisan ini di sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path.

Apabila Anda ingin mendapatkan artikel dari Situstarget.com secara rutin. Daftarkan nama lengkap dan alamat email Anda di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Gratis!