Sekitar 13 tahun yang lalu, WordPress berdiri dan hadir ke kalayak warga dunianya. Tapi dalam berkembangannya selama ini, walau banyak sekali pesaing yang datang dan pergi di bidang open-source platform seperti WordPress.

Mereka tetap berdiri kokoh dan mencoba selalu menghadirkan berbagai macam update setiap tahunnya untuk menambah kelayakan untuk para pengguna jasa mereka dan juga terus menerus memperketat keamanan jaringan mereka.

Tim dari WordPress tidak pernah lelah untuk selalu memberikan yang terbaik untuk para penggunannya. Walau dengan semua itu pun, WordPress masih jauh dari kata sempurna untuk para penggunanya. Para penggunanya juga masih kesulitan di beberapa hal yang terdapat di WordPress itu sendiri. Seperti misalnya pengaturan file.

Dan WordPress sendiri tidak memberikan ijin untuk anda mengakses file tersebut langsung dari server anda. Hal ini memerlukan FTP server. Apa itu FTP server?

Sebagai gambaran, era sekarang ini, dimana semuanya serba digital, banyak orang yang bekerja dengan fase yang cukup tinggi agar mereka dapat mengejar segala sesuatu yang perlu dikerjakan.

Dan bagi orang-orang yang bekerja di bidang tertentu, sebuah koneksi internet merupakan suatu keharusan yang ada. Dari situlah muncul penyedia jasa warung internet (warnet) atau cyber café.

Kebutuhan masyarakat akan akses internet menjadi suatu momok yang lumayan penting sehingga sebuah warung internet menjadi primadona di jaman sekarang.

Dan tahukah anda, apabila anda menyimpan file di warung internet tersebut, file itu akan tersimpan ke server di warnet itu agar anda dapat mencarinya dikemudian hari apabila dibutuhkan? Itulah yang disebut sebagai FTP server.

Apa itu FTP?

Sebenarnya, apa itu FTP server ? FTP server adalah singkatan dari File Transfer Protocol server yaitu sebuah protocol yang berfungis untuk tukar-menukar file dalam suatu jaringan TCP. Ibaratnya, FTP ini adalah sebuah jembatan penghubung antara komputer anda dengan server anda.

FTP server membuat anda dapat mengunduh dan mengupload files atau juga mengedit atau merubah nama file apapun kemana pun selama itu masih ada di dalam jaringan anda.

Dan dalam hal ini bahkan di dalam site WordPress anda. FTP server sendiri adalah sebuah komputer yang dipakai sebagai server utama di internet yang menyimpan semua file yang ditransmisikan oleh FTP client. Tujuan dari pemakaian FTP sendiri biasanya untuk :

  1. Untuk sharing data.
    Bagi orang-orang yang menggunakan FTP sebagai mediator agar dapat membagi file mereka kepada orang lain. Biasanya file tersebut berisi data-data yang bersifat umum dan tidak perlu dirahasiakan, namun dapat memberikan manfaat bagi orang lain
  2. Untuk menyediakan indirect atau implicit remote komputer.
    Hal ini biasanya dilakukan oleh para pengusaha penyedia jasa warung internet agar dapat mengkontrol komputer user mereka. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta menjaga keamanan data di penyimpanan lokal. Namun hal ini juga dapat diimplementasikan kepada jaringan yang lebih besar seperti misalnya WordPress kepada penggunanya
  3. Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi pengguna.
    Sebagaimana yang dapat dilakukan di WordPress, FTP dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Di WordPress hal itu dapat dilakukan dengan membackup nya dengan FTP ke dalam Google Drive tanpa perlu adanya Plugin. Untuk lebih jelasnya akan dibahas di lain kesempatan.
  4. Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.
    Salah satu fungsi utama FTP adalah untuk melakukan transfer data, seperti yang sudah dibahas di atas. Dengan demikian user dapat dengan mudah melakukan transfer data dari perangkat satu ke perangkat lain. Atau dalam kasus ini dari satu komputer ke komputer lain yang berada dalam jaringan.
    Sedangkan fungsi dari FTP server adalah :
  5. Untuk melakukan upload halaman suatu website ke dalam web server atau web hosting ke dalam internet.
  6. Untuk menjelajah dan mengunduh file dari situs perangkat lunak publik
  7. Mengirimkan file yang berukuran besar menjadi dua bagian yang biasanya tidak dapat dikirim melalui email.
  8. Mengunduh dan juga melakukan upload konten
  9. Mendistribusikan update terakhir sebuah program yang dilakukan oleh pengembang perangkat lunak

Apa itu FTP Client?

Setelah kita membahas FTP server, kita sekarang akan membahas apa itu FTP client. Sederhananya, FTP jenis ini adalah ujung jembatan dari FTP server yang terhubung dengan usernya.

FTP jenis inii adalah sebuah program atau perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan FTP dari komputer pengguna ke FTP server. Biasanya cara menggunakannya pun cukup mudah hanya tinggal di jalankan saja Memang tidak semua FTP client mudah digunakan oleh pemula, tapi cukup mudah untuk dipelajari.

Berikut beberapa FTP client yang menurut kami adalah yang terbaik dan juga mudah untuk digunakan oleh pemula.

1. Cyberduck

Cyberduck adalah satu satu FTP client yang memiliki fitur yang cukup lengkap apabila dibandingkan dengan para pesaingnya. Cyberduck dapat digunakan di kedua platform utama, yaitu Windows dan Mac. Cyberduck juga memiliki interface yang sangat mudah dipahami oleh seseorang yang baru mencobanya. Dan Cyberduck dapat di download secara gratis!

Biasanyaya FTP client yang cross-platform tidak semuanya dapat dijalankan dengan baik di Mac, namun tidak dengan Cyberduck yang bahkan memiliki dukungan penuh ke fitur-fitur Mac, yang menjadikan Cyberduck menjadi salah satu primadona bagi para pengguna Mac.

Cyberduck juga terintregritas dengan baik ke beberapa penyimpanan cloud besar yang ada di internet seperti misalnya Amazon S3, Microsoft Azure, dan juga OpenStack Swift. Semua itu menjadikan Cyberduck berada dapat peringkat tertinggi untuk FTP jenis Client gratis yang bisa anda temui di luar sana.

2. FileZilla

Menjadi salah satu yang tertua di list ini tidak membuat FileZilla kalah populer dibandingkan dengan para penerusnya. FTP yang sudah ada sejak tahun 2001 ini merupakan sebuah FTP yang open-source dan juga kompatibel dengan sebagian besar platform seperti misalnya Windows, Mac, dan juga Linux.

Walau menjadi yang tertua, tapi FTP FileZilla ini merupakan salah satu FTP jenis client yang paling populer serta gratis apabila dibandingkan dengan FTP client lain. Selain itu, dalam pemakaiannya pun FileZilla juga mudah untuk digunakan dan sangat mudah dipelajari.

Namun, saking populernya, FileZilla menjadi tempat bagi orang-orang iseng untuk menaruh adware dan spyware di dalamnya. Terutama bagi pengguna FTP Windows, hal ini sering ditemukan terjadi ketika anda mendownload FileZilla. Pastikan anda tidak mencentang box adware ketika proses instalasi!

3. FreeFTP

Mungkin anda sudah bisa menebak dari namanya. Ya, FreeFTP merupakan sebuah software FTP client dan bersifat gratis tidak dipungut biaya apapun. FTP client yang dikembangkan oleh developer CoffeeHouse ini merupakan FTP jenis client yang paling populer untuk FTP WordPress. Selain mudah digunakan, interface yang ada di dalamnya sangat mudah dimengerti oleh pemula. FTP jenis ini juga mensuport FTP, SFTP, FTPS, dan HTTP. Selain itu FreeFTP juga memiliki fungsi bookmark yang membuat anda tidak akan lupa file apa saja yang telah anda simpan sebelumnya.

4. FireFTP

FireFTP merupakan ‘ekstra’ dari sebuah browser internet yang pasti anda semua kenal, Mozzila FireFox. Ya, web browser dengan logo rubah yang memiliki ekor api ini membuat FireFTP sebagai sebuah open-source klien untuk WordPress yang dapat didownload secara gratis dan sekaligus mendapatkan tambahan seperti FTP, SSL, TLS, dan juga SFTP.

Plugin ini bekerja dengan baik di browser FireFox anda. Selain itu FireFTP juga memiliki fitur drag and drop yang begitu baik sehingga membantu anda dapat mengatur file anda. Selain itu, dengan menggunakan FireFTP, apabila anda mengalami diskonek jaringan internet, transfer file yang ada akan otomatis terputus dan kembali tersambung apabila jaringan internet kembali lancar.

5. CuteFTP

Lucu ya namanya, Cute. FTP Client ini tidak ada hubungannya dengan hal-hal yang lucu, hanyalah sekedar nama. Tapi dibalik itu, CuteFTP merupakan FTP client terbaik Wodpress dibandingkan semua FTP jenis client yang ada.

CuteFTP kompatibel dengan platform Windows dan juga Mac walau hanya saja software keduanya berbeda. Terdapat masing-masing CuteFTP client baik untuk Windows dan Mac, sehingga anda perlu memastikan platform anda serta CuteFTP yang akan anda download.

Selain itu, CuteFTP juga mendukung berbagai macam protokol yang diperlukan selayaknya sebuah FTP client, termasuk FTP/S,HTTP/S, dan juga SFTP. Dan di versi Windowsnya terdapat sebuah fitur yang dinamakan TappIn. Itu membuat anda dapat mengshare file antara komputer anda dengan perangkat smartphone ataupun perangkat tablet anda.

Adanya text editor di dalamnya membuat anda leluasa untuk mengedit konten anda dengan cepat dan mudah. Namun, dibalik itu semua, salah satu kekurangan CuteFTP adalah dia tidak gratis. Dan walau kompatibel dengan dua jenis platform, Windows dan Mac, keduanya harus membayarnya dengan harga yang berbeda.

Untuk CuteFTP versi Windows, anda perlu mengeluarkan uang sebesar $59.99 untuk aksesnya dan mendapatkan 1 tahun maintenance. Sedangkan untuk versi Macnya sendiri diberandol lebih murah, hanya $39.99 saja. Walau demikian, tidak membuat CuteFTP kalah populer dibanding FTP client lain yang gratis diluar sana

6. DirectFTP.

DirectFTP adalah FTP client yang ekslusif hanya untuk Windows saja. Dan FTP jenis client satu ini sebenarnya adalah versi berbayar dari FreeFTP yang sebelumnya telah kita bahas.

Dengan membayar uang sebesar $39 anda akan mendapatkan FTP client yang komplit dengan berbagai macam fitur yang ditawarkan seperti HTML, CSS, dan PHP. Selain itu, DirectFTP juga gampang digunakan oleh penggunanya dan memiliki tampilan yang mudah dimengerti.

Selain itu, DirectFTP juga memiliki snippet library yang memudahkan anda untuk menyimpan code favorit snippets anda. Dengan adanya editing gambar dan editor tulisan yang ada di dalamnya membuat DirectFTP menjadi salah satu FTP jenis client terbaik diluar sana.

7. Transmit

Nama Transmit cukup populer di kalangan pengguna WordPress, terutama apabila mereka menggunakan Mac sebagai platform mereka. Karena Transmit merupakan FTP MacOS untuk WordPress yang hanya mensupport satu platform saja, yaitu Mac.

Walaupun untuk mendapatkannya anda harus mengeluarkan uang sebesar $34 tapi itu tidak meredam kepopuleran mereka di kalangan pengguna FTP Wordress. Kenapa? Karena Transmit terkenal dengan kecepatan upload dan download mereka. Di versi terbaru mereka yaitu Transmit 4, kecepatan mereka begitu gila dan bahkan di klaim sebagai FTP client tercepat diantara semuanya.

Sebagai gambaran, Transmit 4 memiliki kecepatan 25 kali lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya, Transmit 3. Didukung dengan terhubungnya Transmit dengan 11 server penyimpanan cloud baru, membuat transmit semakin lebih cepat dan mulus dalam menjalankan fungsinya.

Selain itu, Transmit juga memiliki fitur-fitur yang membuat mereka lebih ‘terlihat’ dibandingkan para pesaingnya. Seperti misalnya mendukung FTP, SFTP, dan Amazon S3 Cloud Transfers. Ditambah dengan user interface yang lebih unik dan mudah digunakan, Transmit jelas menjadi salah satu pilihan terbaik FTP client diluar sana.

8. WinSCP

WinSCP adalah FTP client untuk WordPress yang paling to the point yang ada saat ini. Mengapa demikian? Karena software ini begitu simpel namun juga sangat efektif digunakan. Ini memiliki segala hal yang anda inginkan di dalam sebuah FTP jenis client.

Ukuran file yang ringan, serta mudah digunakan dan dapat diandalkan menjadi salah satu alasan mengapa WinSCP disebut-sebut sebagai FTP yang paling simpel saat ini. Ditambah lagi untuk mendownloadnya anda tidak perlu membayar sepeserpun alias gratis! WinSCP juga mendukung FTP, SFTP, SCP, dan juga protokol untuk WebDav.

Selain itu dia juga memiliki interface yang bersih dan rapi, tidak membingungkan serta adanya built-in text editor yang membantu apabila anda memerlukan perubahan dalam text yang anda miliki.Tidak diragukan lagi, WinSCP merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi anda yang mencari FTP client yang tidak berbayar alias gratis diluar sana.

9. WS_FTP Profesional.

WS_FTP profesional menjadi FTP client terakhir di dalam list ini. Nama yang sedikit rumit, memang, tapi tidak dengan interface yang mereka miliki. Pada awalnya WS_FTP profesional ini adalah iklan yang populer yang digunakan oleh Windows untuk FTP client mereka.

Ia menawarkan tingkat keamanan yang cukup canggih dengan SSH dan juga 256-bit AES, FIPS 140-2 yang valid dengan cryptography dan juga enkripsi untuk file OpenPGP. WS_FTP profesional memiliki fitur file search yang baik, serta didukung dengan fitur drag and drop untuk file yang perlu di transfer dan juga memiliki kecepatan yang baik, walau tidak sebaik Transmit.

Selain itu anda dapat menjadwalkan transfers file dikemudian hari dan akan terproses secara otomatis tanpa harus anda lakukan lagi secara manual. Seperti yang telah kami beritahukan, WS_FTP profesional ini hanya mendukung satu platform saja, yaitu Windows sehingga dinamakan FTP Windows.

Untuk mendapatkan WS_FTP profesional ini anda perlu mengeluarkan uang dari nominal sebesar $49.95 yang paling murah. Tapi dengan semua fitur yang ditawarkan, harga senilai itu amat sangat pantas untuk FTP client satu ini.

Dengan berbagai macam list yang ada diatas, semoga membantu anda untuk menentukan FTP client mana yang akan anda gunakan dalam WordPress anda.

Setiap FTP memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, memang ada baiknya apabila anda menggunakan lebih dari satu FTP agar lebih terjaga kinerjanya serta terjaminnya kebutuhan anda akan suatu FTP.

Beruntunglah karena hampir semua CMS yang ada di dunia adalah open-source sehingga membuat para developer dapat memberikan berbagai macam solusi untuk bermacam-macam situasi. Pilihlah FTP client anda sesuai dengan kebutuhan dan pemakaian anda.