Aplikasi Kantor Alternatif Gratisan Pengganti Microsoft Office

Setiap pengguna komputer tentunya sangat membutuhkan kumpulan aplikasi kantoran untuk mengerjakan aneka tugas yang berkaitan dengan kebutuhan menulis dan berhitung alias office software.

Bicara masalah software ini, Microsoft Office menempati urutan terpopuler. Padahal, sebenarnya ada beberapa aplikasi kantor alternatif yang tak kalah mumpuni.

Meskipun Microsoft Office adalah office software paling populer, namun pengguna harus membayar dengan harga tertentu untuk bisa memanfaatkannya.

Untuk Anda yang tidak ingin mengeluarkan uang, tapi tetap ingin mempergunakan aplikasi kantor ini, ada baiknya melirik aplikasi alternatif lain yang gratis. Penasaran apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. LibreOffice

Aplikasi Kantor Pengganti Microsoft Office, yaitu LibreOffice

Aplikasi LibreOffice tersedia untuk OS Windows, Mac dan Linux. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah memiliki beberapa program di dalamnya sekaligus.

Hal ini menjadikan LibreOffice sebagai aplikasi kantor yang bisa dibilang sangat lengkap. Untuk para pengguna yang aktif berurusan dengan aneka pekerjaan kantor, aplikasi ini sangat pas.

Ada 6 program di dalam LibreOffice, yaitu Writer, Impress, Calc, Draw, Math dan Base. Ketiga program terakhir berfungsi untuk membuat diagram vektor, mengerjakan fungsi matematika dan membuat basis data. Seluruh program ini kompatibel dengan format dalam Microsoft Office.

2. Google Docs, Sheets, dan Slides

Google docs bisa menggantikan microsoft word

Untuk pengguna yang memiliki OS Windows, jangan lupa untuk mencoba aplikasi kantor gratis yang satu ini. Aplikasi besutan Google ini sangat cocok untuk Anda yang sering berurusan dengan aneka pekerjaan dan harus berhubungan dengan rekan kerja.

Karena bersifat online, Anda bisa berkolaborasi dengan rekan kerja. Software ini juga tersedia dalam versi mobile, yakni smartphone Android.

Anda bisa membuka dan mempergunakan ketiga aplikasi ini lewat semua peramban yang tersedia di ponsel pintar Anda, seperti Google Chrome dan Firefox.

Jadi, Anda tetap bisa mengerjakan aneka tugas sementara Anda berada dalam perjalanan atau di luar kantor. Keuntungan menggunakansoftware ini adalah pekerjaan Anda akan tersimpan secara otomatis dan tersinkronisasi ke dalam akun Google Anda.

Jadi, Anda tak perlu repot memindahkannya, saat berganti perangkat. Kelemahan aplikasi ini yakni proses loading datanya terkadang agak rumit, perlu waktu dan harus menggunakan software lain.

3. Micorosoft Office Online

Microsoft office 365 online

Tak mau kalah dengan Google, Microsoft pun berusaha menyaingi kompetitornya dengan meluncurkan aplikasi berbasis online yakni Office Online.

Aplikasi ini pada dasarnya adalah Microsoft Office dalam versi yang lebih sederhana, dan bisa digunakan secara gratis dan online. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan para pengguna.

Secara umum, tampilan Micorosoft Office Online ini hampir sama dengan Microsoft Office biasa. Hanya, aplikasi gratisan ini tak dilengkapi dengan beberapa fitur canggih seperti pivot table.

Tapi, fitur ini memang jarang sekali tersedia pada berbagai aplikasi kantor versi mobile, bukan? Tak seperti software buatan Google, Anda tak perlu memasang software lain untuk membukanya.

Selain itu, Anda juga bisa berbagi dengan mudah lewat akun Microsoft OneDrive. Fungsinya kurang lebih sama dengan Google Docs, yakni memungkinkan penggunanya berbagi file dengan orang lain.

4. Open Office

Aplikasi open office

Aplikasi ini disebut-sebut merupakan salah satu aplikasi alternatif terbaik untuk menggantikan Microsoft Office karena kecanggihan fitur dan fungsi yang ditawarkan.

Anda bisa mengakses spreadsheet, penyunting kata, perancangan grafis, presentasi, database dan banyak lagi. Kelebihan lain dari aplikasi Open Office ini adalah tersedia dalam banyak bahasainternasional, sehingga memudahkan penggunanya untuk mengakses dan mempergunakan, tanpa takut terkendala bahasa.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga bekerja optimal di hampir semua OS. Cukupmenjanjikan, ya.

5. Softmaker Office

Softmaker Office

SoftMaker Office merupakan salah satu aplikasi kantor yang paling kuat dan andal sertasepenuhnya kompatibel dengan MS Office Suite.

Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi pengguna yang sudah terbiasa dengan aplikasi besutan microsoft tersebut. SoftMaker Office bisa dipasang pada komputer dengan semua sistem operasi seperti Windows, Linux, bahkan di perangkat Android.

Dengan program SoftMaker Office ini Anda bisa mengerjakan file presentasi, dokumen, perhitungan dan masih banyak lagi.

6. Kingsoft Office Suite

Kingsoft Office Suite

Kingsoft Office Suite juga banyak dikenal sebagai aplikasi alternatif terbaik untuk tiga program utama dalam MS Office Suite.

Bagi Anda yang bekerja dari rumah ataupun di kantor, aplikasi ini cukup bisa diandalkan. Tak heran, kini makin banyak pengguna yang memasang aplikasi ini pada perangkat komputer ataupun smartphone-nya.

Aplikasi Kingsoft Office Suite tersedia dalam versi gratis dan berbayar (premium). Meski di program gratisAnda tetap bisa menggunakan tiga fungsi utama yang ditawarkan, namun fungsi-fungsi seperti mengolah kata, presentasi dan spreadsheet akan lebih lengkap pada program berbayar.

7. WPS Office Suite

WPS Office Suite

WPS Office Suite juga salah satu program aplikasi kantor yang menjadi salah satu idola para pengguna. Aplikasi ini dibuat dan dirancang untuk para pengguna rumahan maupun kalangan profesional yang harus banyak berurusan dengan beragam kebutuhan pekerjaan.

Secara singkat, WPS Office Suite berisi program-program yang sama dengan para pendahulunya, yakni spreadsheet, pengolah kata dan program presentasi yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan kerja sehari-hari untuk kantor.

Aplikasi in bisa diunduh secara gratis untuk versi mobile dan dekstop. Anda bisa melakukan hampir semua hal yang ada pada MS Office.

Hanya memang ada beberapa fitur yang tidak tersedia pada fitur mobile, misalnyapage set up yang kurang lengkap. Jika ingin mengaksesnya secara lengkap, disarankan untuk memindahkan file tersebut ke PC atau laptop.

Wah, ternyata ada banyak aplikasi kantor alternatif selain MS Office ya. Mulai sekarang, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk memakai aplikasi-aplikasi tersebut dan menjajal kecanggihan program yang ditawarkan secara gratis.

Selamat mencoba!