Wahai mahasiwa yang sudah memasuki tahun ajaran akhir yang sedang sibuk-sibuknya skripsi dan cari referensi sana-sini. Biasanya mereka yang saat ini sedang sibuk buat ngumpulin data-data sekunder dan lagi sering-seringnya PP perpustakaan kampus.

Masalah yang kadang muncul itu pas lagi nyari referensi buat materi bahan skripsi. Eh yang di dapet malah kebanyakan buku-buku berbahasa Inggris. Butuh sedikit usaha buat nerjemahin memang, kalau buka kamus dan nerjemahin kata satu per satu, bisa jadi malah mampus dan ga jadi ngampus. Wahaha.

Ada aplikasi penerjemah bahasa asing di Android yang sudah familiar sekali, yaitu Google Translate. Yup, pasti udah pada pernah make aplikasi ini via web kan? Tapi klo di android gimana? Bagi yang belum install aplikasi ini di Android, cepet-cepet install deh. Kece banget.

Selain Bahasa Inggris, dengan menggunakan Google Translate untuk Android, kita juga bisa menerjemahkan ke 90 bahasa asing lainnya. Manfaatin juga fitur kamera di HP buat foto buku yang ingin diterjemahin juga bisa! Bingung gimana cara ngucapin bahasa asing? Dengan mengklik tombol bergambar speaker, kita bisa dengerin cara pengucapan bahasa asing itu.

Terus masalah mahasiswa lainnya itu soal kuota internet. Betul ya? Nah Anda bisa men-download paket bahasa asing yang ingin Anda pergunakan dalam mengerjakan skripsi. Misalnya download paket bahasa inggris, nah ketika proses download usai. Kita tidak perlu lagi menggunakan koneksi internet. Jadi lebih irit kuota internet kan? Semoga skripsinya cepet selesai dan di-wis-udah-kan oleh kampus yak. 😀 #Semangat