Kemarin kita sudah membahas bagaimana persiapan dan latihan sangat mempengaruhi kepercayaan diri. Jika hal tersebut sudah dilakukan namun masih terasa kurang percaya diri. Apa yang perlu saya lakukan?

Saya masih memiliki beberapa tips untuk Anda, agar percaya diri timbul ketika berbicara di depan banyak orang. Butuh sentuhan imajinatif sekarang.

Anda perlu membuat ‘film imajinatif’ di kepala Anda. Apa itu film imajinatif? Film imajinatif adalah serangkaian imajinasi di kepala Anda, sengaja diciptakan guna membangun suasana positif hadir di pikiran dan perasaan Anda. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Mudah sekali. Anda tinggal membayangkan ada orang-orang yang Anda cintai hadir di ruangan ketika Anda akan berbicara di depan banyak orang. Imajinasikan orang-orang yang Anda cintai bisa istri, anak, bapak, ibu, pacar, ataupun siapa saja terserah Anda.

Mereka sedang hadir di ruangan tersebut dan sedang menyaksikan Anda sambil terharu serta bangga memiliki Anda sebagai orang yang di cintainya. Sebagai contoh saya membuat film imanjinasi saya dengan menggambarkan ibu dan bapak saya hadir di ruangan ketika 15-20 menit saya mau berbicara di depan banyak orang.

Saya membayangkan ibu dan bapak saya, sangat bangga terhadap saya. Mereka meneteskan air mata, mereka berdecak kagum karena memiliki anak seperti saya. Film imajinatif tersebut benar-benar saya rasakan hingga saya menjadi bersemangat untuk totalitas memberikan yang terbaik kepada audience yang hadir di ruangan tersebut.

Nah kurang lebih namanya film imajinatif tersebut seperti itu. Anda bisa merubahnya sesuai dengan keinginan Anda. Bagi yang punya pengalaman yang sama. Ayo share di kotak komentar di bawah artikel ini pengalaman tersebut. Saya tunggu ya. ^^