Hal yang terkadang suka terlupakan untuk dilatih adalah hal ini, yaitu tentang latihan pernapasan. Apakah ini penting? Jawabannya suangat penting sekali. Hehe kata suangat itu di atas kata sangat yang biasa loh. 😀

Ketika seseorang gerogi, napas juga menjadi cepat dan kurang terkontrol sehingga mudah lelah. Sangat berbeda sekali cara bernapas seseorang yang yang menikmati penampilannya di atas panggung dengan yang gerogi.

Latihan pernapasan bisa menjadi solusi guna menjaga stamina bagi pembicara dan latihan ini juga berfungsi untuk memantapkan setiap pelafalan atau pengucapan dari suara yang dihasilkan. Biasanya orang yang gerogi dalam pengucapan atau pelafalannya suaranya tidak bulat atau tidak jelas.

Maka sebelum tampil dan berbicara di depan banyak orang. Ada baiknya beberapa hari sebelum pelaksanaan acara. Pembicara berolahraga pagi sambil berlatih pernapasan perut. Bagaimana cara pernapasan perut itu?

Coba Anda tarik napas panjang, lalu tekan udara ke perut. Jika perut Anda kencang maka itulah pernapasan perut. Simpel kan? Kalau pernapasan dada maka yang kencang adalah bagian sekitar dada. Untuk melatih pernapasan ini Anda tinggal lakukan tarik napas panjang selama 8 detik, lalu tahan selama 8 detik, dan keluarkan selama 8 detik.

Detik ini bisa ditingkatkan terus ke angka yang lebih besar jika sudah terbiasa dengan 8 detik. Anda dapat meningkatkan hitungan ke 9,10 detik. Ingat, perlu bertahap untuk meningkatkan detik ini. Karena apabila Anda memaksakan diri untuk ke detik besar tanpa latihan terus menerus di 8 detik. Nanti yang ada malah sesak napas. Adapun olahraga yang sangat dianjurkan yaitu lari pagi atau berenang. Sambil lari pagi juga Anda dapat berlatih vokal dengan mengucapkan A, I, U, E, O secara terus menerus dan E, R, S, T, V, W. Agar suara yang dihasilkan nanti bisa jelas atau bulat.

Artikel ini melengkapi tulisan sebelumnya yaitu atasi gerogi dengan film imajinatif. Bagi Anda yang punya pengalaman dalam berlatih napas ini bisa berbagi dengan pembaca lainnya dengan mengirim komentar di bawah artikel ini. Semoga bermanfaat, mention ke twitter saya jika ada pertanyaan mengenai artikel ini. 😉