Foto di studio cukup satu kali, untuk mengganti background tidak perlu lagi datang ke tukang fotokopi. Kenapa foto di studio? Karena foto menggunakan kamera HP saja terkadang kurang memuaskan.

Kurang cahaya, kurang tajam hasil gambarnya, ya kurang profesional jadinya. Nah, kali ini saya mau memberikan tips cara mudah mengganti background foto tanpa harus instal aplikasi.

Kalau dahulu kamu perlu instal aplikasi  di komputer, saat ini tidak perlu dan selesai dalam hitungan detik. Foto background saat foto di studio bisa menggunakan latar belakang putih saja.

Sehingga ketika misalnya butuh background foto merah buat daftar CPNS atau buat akte nikah dengan latar belakang foto berwarna biru, kita bisa edit dengan menggunakan tools online yang bernama remove.bg

Cara mengganti background fotonya pun mudah tinggal klik dan klik saja.

1. Upload Foto yang Hendak Diubah Background-nya

Pilih foto yang akan diubah latar belakang warnanya, setelah berhasil di upload, tunggu beberapa detik untuk proses penghapusan latar belakang foto sebelumnya. Setelah itu klik tombol edit.

Cara Mengubah Backgroud Foto Tanpa Harus Menginstal Aplikasi di Komputer dan HP

Wajahnya sengaja saya sensor, karena bukan foto saya, dan dapat dari Google Image. Gambar hanya sebagai pemanis dan untuk media pembelajaran saja.

Setelah itu, pilih background warna foto sesuai dengan kebutuhan. Warna yang biasa digunakan yaitu background merah, biru, dan putih. Sekali editing, bisa download foto dengan berbagai macam warna background yang berbeda.

2. Pilih Warna Background

Cara mengubah backgroud foto menggunakan remove.bg

Nah, contoh di atas saya hanya ingin mengubah latar belakang foto untuk keperluan akademis. Sehingga yang perlu dilakukan yaitu klik tombol Color (warna), lalu pilih warna background foto sesuai dengan kebutuhan.

Setelahnya tinggal download gambarnya. Kamu bisa download dengan berbagai background warna sekali editing. Lain ceritanya kalau kamu mau melakukan editing background untuk keperluan promosi, katalog, dst.

Tombol yang digunakan kalau pilih Color tentu tidak akan menarik, gunakan fitur yang satunya lagi yaitu klik pada tombol Photo. Misalnya untuk photoshoot produk sebuah gelas, berikut cara editing backgroundnya.

3. Cara Menggunakan Fitur Photo Pada Remove.Bg 

Cara Menggunakan Remove.Bg untuk Mengganti Background Foto

Proses yang dilakukan sama, yaitu upload gambar yang hendak diubah background-nya, lalu pilih Photo ya bukan Color. Kamu juga bisa mengupload sebuah gambar yang hendak dijadikan background jika pilihan di remove.bg dirasa masih kurang pas.

Setelah usai, klik tombol download untuk menyimpan gambar di komputer. Tools remove.bg juga menyediakan aplikasi untuk Windows, Mac, dan Linux, serta tersedia addon untuk aplikasi Photoshop.

Bagi pengguna WordPress yang membangun toko online menggunakan WooCommerce, tersedia juga plugin yang dapat digunakan untuk foto produk, fungsinya sama yaitu untuk mengganti latar belakang foto.

Aplikasi remove.bg juga tersedia untuk pengguna Android, namun beberapa pengguna melaporkan bahwa aplikasi yang ada di Android masih memiliki bug seperti lambat saat diunduh dan adanya kesalahan selection pada gambar.

Yuk sharing di kotak komentar apakah kamu juga termasuk yang menggunakan remove.bg untuk mengubah background foto? Jangan lupa bagikan tulisan di atas melalui Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, dan Line ya.

5 1 vote
Bantu berikan rating untuk artikel Ini...