Wahai pengguna wordpress di mana pun Anda berada? Termasuk saya. Hehe. Sudah pernah manfaatin backup file WordPress di Cloud Server belum? Saya izin bertanya, biasanya klo backup file wordpress di mana? Di server hosting? Saya pernah punya pengalaman buruk nih terkait backup file wordpress di server hosting. Jadi dahulu kala sebelum negara api menyerang desa konoha. Eh maaf salah cerita. Hehe 😀

Jadi ceritanya gini, waktu itu saya rajin sekali backup wordpress setiap minggu. Namun karena space hosting yang saya miliki itu kecil. Ketika backup ya terpaksa beberapa file di wp-content tidak dimasukan semua. Jaman dulu saya belum tau tentang backup remote, semacam backup di cloud server gitu. Singkat cerita, The Target Community dihack oleh tetangga sebelah. Karena ribet delete-delete file, alhasil jadi males backup file wordpress.

Dan tamatlah data-data yang ada di The Target Community. Tidak ada yang bisa diselamatkan. Sedih ya? Ya, jadi harus bangun dari nol lagi. Kejadian serupa pernah di alami juga oleh salah satu rekan blogger saya. Dia jarang backup wordpress-nya secara berkala. Pas kejadian dihack, semua data-data dihapus oleh attacker yang baik hati itu. Wah jangan sampai ya kejadian itu berulang pada diri Anda kan…

Sebagai pencegahan, Anda bisa memanfaatkan sistem cloud computing semacam Dropbox untuk membackup file wordpress Anda. Berikut ini ada tips untuk membackup wordpress pada Dropbox:

  1. Jika Anda belum memiliki akun dropbox daftar dulu di sini www.Dropbox.com

  2. Lalu Anda buka menu Plugin > AddNew

  3. Download plugin yang bernama WordPress Backup to Dropbox

  4. Setelah itu Anda perlu otorisasi dengan akun Dropbox

  5. Selesai

Anda bisa mengatur waktu untuk backup file wordpress di Cloud Server Dropbox Anda. Misalnya perminggu atau perbulan pada tanggal dan waktu tertentu, serta Anda juga bisa memilah milih file yang perlu Anda backup pada Dropbox. Semua dapat Anda lakukan pada menu WPB2D > Backup Setting. Sangat mudah bukan?