Kali ini kita akan membahas tentang cara backup ubuntu menggunakan Dropbox. Dropbox telah saya pergunakan lama untuk menyimpan data-data pribadi baik berupa gambar, video, dan file dokumen. Pernahkah Anda mengalami ketika di detik-detik akhir pengumpulan tugas, ternyata file dokumen kerjaan atau tugas penting kuliah tiba-tiba tidak bisa dibuka karena file tersebut error?

Penyebabnya banyak, ntah karena error ketika proses copy-paste data, terkena virus, flashdisk tidak terbaca di komputer, dan masih banyak lagi faktor penyebab. Kasus serupa pernah terjadi pada salah satu teman saya di kampus. Di detik-detik mau print tugas skripsi, file dokumen yang ia simpan di flashdisk rusak. Sehingga tidak bisa dibuka dan ia harus kembali ke rumahnya untuk copy data file skripsinya.

Klo pulang pergi ke kampus jaraknya deket, ga jadi masalah ya? Tapi klo kampusnya misalnya di Depok, dan harus pulang ke Bekasi? Wah bisa makan waktu banyak ya. Oleh karena itu, saya menyarankan ia untuk menggunakan Dropbox untuk menyimpan file dokumen skripsinya. Sehingga apabila hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Ia sewaktu-waktu bisa mengunduh data yang ada di komputer awan Dropbox ke smartphone yang ia miliki.

Terkait dengan pembahasan kita kali ini, ada hubungan dengan komputer/laptop yang kita gunakan saat ini. Misalnya komputer/laptop rusak sengganya kita sudah memiliki backup yang disimpan di komputer awan. Caranya bagaimana ya backup di sistem operasi Ubuntu ke komputer awan dari layanan Dropbox? Sistem operasi Ubuntu yang saya pakai saat ini adalah versi 14.10 lts. Jangan lupa menggunakan sambungan wifi ya atau internet dengan unlimited kuota. Semakin banyak file ya semakin besar file yang harus di upload ke komputer awan. Berikut ini tips membackup ubuntu ke layanan komputer awan Dropbox:

  1. Sebelumnya, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu di Dropbox

  2. Sesudah itu, Anda download aplikasi Dropbox untuk Ubuntu

  3. Login dengan username dan password yang Anda miliki melalui aplikasi Dropbox untuk Ubuntu

  4. Pilih System Setting > Backup

  5. Storage > Backup Location > Folder Dropbox