Kamu bisa memiliki alamat email dengan @namakamu atau @namabrand dengan menyewa layanan hosting, yang terdapat fitur cPanel + beli domain. Keren kan klo nama email ga terus-terusan pakai @gmail dan @yahoo.

Berapa harga sewa hosting? Berkisar antara Rp. 25.000,- hingga Rp. 150.000,- untuk custom email sudah lebih dari cukup. Sedangkan untuk harga domain itu pertahun. Kisarannya Rp. 70.000,- hingga Rp. 150.000,-.

Domain itu bisa sangat mahal sekali tergantung dari nama domain dan ekstensi yang kamu ambil itu apa. Umumnya kan .com tapi kamu juga bisa membuat dengan ekstensi lain seperti .id, co.id, atau .me.

Secara kepentingan kamu bisa custom email dengan nama domain sendiri, tujuannya selain agar terlihat lebih profesional. Custom email memudahkan orang lain untuk mengingat dan terlihat lebih autentik dan resmi.

Custom email. Cocok untuk mereka yang saat ini sedang membangun personal branding, bisnis online, perusahaan baru, rebranding, meluncurkan produk baru, website baru, dsb.

Proses pembuatannya mudah kok. Bagaimana cara membuat akun email custom dengan domain sendiri di Cpanel?

Cara Membuat Email di cPanel

  1. Login dahulu ke akun cpanel
  2. Scroll ke bawah sampai menu email
  3. Klik email account, klik tombol create untuk membuat yang baru
  4. Isi semua data-data kamu, setelah semua berhasil klik create.
  5. Balik lagi ke halaman email account.
  6. Klo mau cek email, kirim pesan, dst, klik check email.
  7. Kamu akan login ke webmail antara aplikasi roundcube dan horde.
  8. Pilih salah satunya saja, setelahnya akan otomatis login ke webmail.

Secara garis besar seperti poin-poin yang ada di atas. Kurang dari lima menit sudah bisa membuat email yang kece. Tutorial selengkapnya bisa kamu lihat pada video di thumbnail artikel ini.

Jika ada pertanyaan bisa kamu sampaikan di kotak komentar atau di channel Youtube Situstarget.com ya. Bagikan juga tulisan ini jika kamu rasa bermanfaat.

Catatan:

Artikel di atas penjabaran dari tutorial di channel Youtube Situstarget. Makanya sedikit, tapi klo kamu rasa perlu dijabarin lebih lengkap, please info kita ya.