Baik kali ini kita akan membahas tentang batas waktu maksimal seseorang dalam fokus mengerjakan sesuatu hal agar hasilnya bisa maksimal dan mendapatkan hasil yang terbaik. Sebagian orang ada yang masih kesulitan dalam hal mengelola waktu, adakalanya ketika harus mengerjakan sesuatu hal yang penting tetapi terganggu dengan hal-hal kecil sehingga sesuatu yang penting itu terbengkalai atau malah terlupakan.
Sebagai contoh misalnya Anda adalah seorang profesional dibidang keuangan. Hari ini misalnya seharusnya jadwal Anda untuk mengerjakan laporan masuk keuangan perusahaan, namun ketika Anda mengerjakan laporan tersebut. Anda mendapatkan gangguan berupa telepon masuk, email masuk, sms masuk, ataupun teman yang mengajak Anda mengobrol.
Alhasil tidak jarang, Anda harus lembur karena yang tadinya waktu yang diperlukan untuk mengerjakan laporan keuangan tadi butuh hanya tiga sampai empat jam. Jadi lebih panjang karena Anda mengerjakan aktivitas lain. Pasti Anda pernahkan mengalami hal tersebut? Oleh karena itu saya akan membahas bagaimana cara sederhana mengatur waktu yang Anda miliki untuk menunjang performa Anda selama bekerja dan tentunya menjaga tingkat fokus Anda dalam berkerja.
Nama teknik ini disebut pomodoro timer, kita akan memanfaatkan kecanggihan smartphone yang Anda miliki untuk menunjang produktivitas diri Anda. Baiklah, sekarang bagi Anda pengguna Android maupun Apple. Silahkan cari dari playstore Anda aplikasi yang bernama Pomodoro Timer. Aplikasinya kurang lebih seperti gambar di bawah ini:

Aplikasi pomodoro timer untuk meningkatkan produktivitas dan fokus kerja via apple.com

Aplikasi pomodoro timer untuk meningkatkan produktivitas dan fokus kerja via apple.com


Terdapat dua versi dari aplikasi, ada yang gratisan maupun ada yang berbayar. Perbedaannya yang berbayar Anda bisa setting kegiatan Anda sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan yang versi gratis, Anda hanya dapat mengakses waktu 25 menit sebagai reminder Anda (Batas Waktu Maksimal Fokus Seseorang). Baik, saya akan jelaskan cara kerjanya. Jika Anda ingin mengerjakan sesuatu hal yang penting. Maka gunakan waktu 25 menit maksimal untuk mengerjakan tugas tersebut tanpa terganggu apapun. Artinya dalam waktu 25 menit Anda harus fokus mengerjakan tugas tersebut (pomodori).
Jika Anda sudah melakukan suatu tugas selama 25 menit penuh, Anda dapat istirahat sebentar atau short break selama tiga hingga lima menit. Dan apabila Anda sudah mengerjakan pomodori sebanyak tiga hingga empat pekerjaan atau tugas. Anda perlu beristirahat sebanyak 15 hingga 30 menit atau disebut long break. Anda bisa mengelompokan tugas atau pekerjaan yang ingin Anda kerjakan. Rata-rata waktu yang diperlukan untuk bekerja itu 8 jam. Anda dapat mengatur waktu 8 jam tadi dengan efektif dan efisien dengan aplikasi Pomodori Timer.
Ketika waktu istirahat hindari penggunaan smartphone, laptop, maupun gadget lainnya. Biarkan mata dan pikiran Anda istirahat. Anda dapat berdiskusi dengan teman kantor, bermain dengan teman kuliah, atau Anda dapat pergi ke teras atau depan halaman rumah Anda untuk refreshing. Maksimalkan waktu istirahat Anda dengan baik. Saya sendiri membagi empat hingga lima podomori dalam waktu satu hari. Bagaimana dengan Anda?