Informasi Umum Beasiswa LPDP yang Anda Harus Ketahui

Tidak dapat dipungkiri jika hampir semua pelajar di Indonesia ingin sekali mendapatkan bantuan dana dalam menyelesaikan pendidikannya. Terutama bagi pelajar yang sedang menempuh masa studi di perguruan tinggi.

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan karena biaya studi di perguruan tinggi negeri memang sangat mahal terutama untuk beberapa bidang studi. Salah satunya adalah bidang studi di dalam ilmu ilmiah seperti kedokteran, matematika, farmasi, dan lain-lain.

Biaya yang sangat tinggi terkadang membuat semangat para pelajar yang menempuh pendidikan Strata I kehilangan keoptimisannya untuk melanjutkan studi ke pendidikan Strata II.

Padahal di era yang modern ini riwayat pendidikan yang baik menjadi salah satu faktordalam mendapatkan karir yang diinginkan. Selain itu orang tua masa kini juga sangat menginginkan anaknya untuk bisa merasakan kualitas pendidikan yang baik dan menyelesaikan pendidikan hingga ke jenjang tertinggi.

Tetapi tetap saja seringkali keinginan tersebut terhalang dengan masalah biaya yang memang sangat besar. Untungnya pemerintah Indonesia saat ini sudah lebih sadar akan masalah tersebut, sehingga diberlakukan berbagai macam program yang berfokus pada bidang pendidikan masyarakatnya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada.

Persaingan di antara lulusan sarjana Strata I saat ini juga sangat berat karena semakin hari tingkat pengangguran justru semakin meningkat. Salah satu solusi terbaik untuk keluar dari permasalahan tersebut adalah dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sehingga perusahaan akan lebih mempertimbangkan anda untuk dipekerjakan. Selain itu anda juga bisa mencoba mendaftar beasiswa lpdp yang saat ini sangat digemari oleh pelajar Indonesia. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai beasiswa ini.

Sejarah diberlakukannya beasiswa lpdp

Pemberlakuan beasiswa lpdp ini awal mulanya didasari oleh peraturan di dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang menyatakan bahwa setidaknya dua puluh persen dari APBN atau Anggaran Penerimaan dan Belanjan Negara dipergunakan untuk menjalankan fungsi pendidikan secara menyeluruh.

Kemudian dana pendidikan tersebut akhirnya disepakati sebagai DPPN atau Dana Pengembangan Pendidikan Nasional yang memiliki dijalankan mekanisme endowment full atau pengelolaan abadi. Selanjutnya dana pendidikan tersebut akan dikelola oleh BLU atau Badan Layanan Umum.

Seiring berkembangnya waktu, pada tahun 2011 Menteri Keuangan mengeluarkan sebuah PMK atau Peraturan Menteri Keuangan Nomor 252/PMK.01/2011 untuk menetapkan organisasi kelembagaan yang mengelola dana pendidikan tersebut.

Berkat peraturan tersebut terbentuklah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan oada tanggal 28 Desember 2011. Peraturan tersebut menjelaskan bahwa pemanfaatan dana sepenuhnya merupakan tanggung jawab menteri keungan.

Tetapi pejabat dan pegawai yang mengelola dana beasiswa lpdp ini berasal dari gabungan pegawai Kemeterian Keuangan dan pegawai Kementerian Pendidikan dan Budaya.

Lembaga pengelola dana pendidikan ini sendiri di dalam memberikan beasiswa lpdp memiliki visi dan misi sebagai pedoman utama. Visi utamanya yakni menjadi sebagai sebuah lembaga pengelolaan dana terbaik pada tingkat regional yang berperan besar dalam menyiapkan pemimpin bangsa di masa depan.

Selain itu lembaga ini memiliki tujuan untuk mendorong masyarakat Indonesia di dalam berkeadilan dan mengembangkan sikap demokratis agar hidup sejahtera.

Lembaga pengelola dana pendidikan ini juga memiliki empat misi utama yakni mempersiapkan sumber daya manusia melalui pendanaan pendidikan, mendorong inovasi melalui pendanaan riset, menjamin adanya keberlangsungan dari dana pendidikan yang dikelola, dan mendukung rehabilitasi fasilitas negara yang mengalami kerusakan  akibat bencana alam melalui dana cadangan pendidikan.

Sehingga beasiswa lpdp yang diberikan bisa benar-benar bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Di dalam mengelola beasiswa lpdp, lembaga ini juga berpegang teguh pada lima nilai dasar dan kebudayaan, yaitu :

  1. Nilai pertama yakni integritas yang dipegang teguh sehingga seluruh kebijakan yang diberlakukan harus bersesuaian dengan nilai-nilai moral yang berlaku di Indonesia semata-mata untuk menciptakan tata pikir, perilaku, dan tutur kata yang baik serta benar.
  2. Nilai selanjutnya yakni profesionalisme sehingga dapat menjalankan tanggung jawab pengelolaan dana dengan komitmen yang tinggi dan selalu akurat.
  3. Selain itu nilai selanjutnya yang dipegang teguh adalah sinergi yang berguna untuk menciptakan lingkungan kerja yang harmonis sehingga hubungan kerja sama internal dan mitra berjalan dengan baik.
  4. Lembaga beasiswa lpdp juga memegang teguh sebuah nilai pelayanan sehingga mampu untuk memberikan pelayanan sepenuh hati dan bekerja tanpa keluhan.
  5. Nilai terakhir yang selalu ada adalah sebuah kesempurnaan yang berguna untuk menciptakan kinerja yang terbaik di segala bidang.

Kelebihan dan kekurangan beasiswa lpdp

Seperti yang anda ketahui bahwa beasiswa lpdp ini merupakan salah satu program penunjang pendidikan yang sangat digemari oleh pelajar pasca sarjana di Indonesia.

Hal tersebut tentunya bukanlah tanpa alasan, dimana beasiswa ini memang memiliki sisi positif yang sangat berguna bagi para pencari beasiswa.

Beasiswa lpdp saat ini fokus untuk memberikan pendanaan bagi mahasiswa Strata II yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Beasiswa ini juga termasuk ke dalam beasiswa penuh karena selain memberikan biaya pendidikan juga memberikan biaya hidup.

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh program beasiswa ini :

  1. Memiliki mekanisme pendanaan yang jelas. Seperti yang anda ketahui bahwa beasiswa lpdp ini merupakan tanggung jawab langsung oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Sehingga badan kelembagaan yang mengelola dana beasiswa juga sangat jelas dan tentunya menjunjung tinggi kesetaraan. Oleh karena itu anda tidak perlu mengkhawatirkan kejelasan birokrasi dari program beasiswa ini.
  2. Cakupan biaya yang besar. Di dalam praktik pemberian dana bantuan pendidikan, beasiswa lpdp ini bahkan mampu memberikan dana lebih dari 17 juta rupiah. Dana yang diberikan tentunya mencakup keseluruhan kebutuhan umum seperti SPP universitas, biaya hidup, biaya penelitian, dan bahkan tunjangan keluarga jika anda sudah menikah. Selain itu beasiswa ini juga memberikan anggaran khusus untuk keperluan pengurusan administrasi kepindahan seperti  visa. Sehingga tak heran jika beasiswa ini banyak diminati.
  3. Proses pencairan dana beasiswa yang cepat. Seperti yang anda ketahui bahwa di Indonesia memiliki beberapa program beasiswa selain beasiswa lpdp. Tetapi dari segi waktu pencairan dana, beasiswa ini lebih unggul dibandingkan yang lainnya karena dana yang dipergunakan berasal dari dana deposito abadi.

Selain memiliki kelebihan, beasiswa lpdp di sisi lain juga memiliki kekurangan yang sulit untuk dihindari calon penerima beasiswa, yakni beasiswa lpdp merupakan satu-satunya program penunjang kualitas pendidikan di Indonesia yang dikelola menggunakan dana abadi yang khusus.

Sehingga dari segi pendanaan yang diberikan cenderung lebih besar dan mencakup seluruh aspek. Oleh karena itu beasiswa ini sangat diminati yang selalu diikuti oleh puluhan ribu calon penerima beasiswa di setiap gelombang pendaftarannya.

Tetapi hanya ribuan orang saja yang dapat diterima dan lolos pada tahap seleksi. Sehingga anda harus benar-benar melakukan persiapan yang baik dan panjang agar memiliki peluang lebih besar untuk lolos beasiswa ini.

Alasan mengapa banyak pemburu beasiswa yang tertarik dengan beasiswa lpdp

Bagi anda yang sampai saat ini masih heran mengapa beasiswa lpdp sangat diminati dan laku dipasaran pelajar Indonesia, maka ada beberapa hal yang menjadi alasannya. Berikut beberapa alasan yang seringkali dikemukakan oleh calon penerima beasiswa, diantaranya :

  1. Bebas biaya sepenuhnya. Beasiswa lpdp merupakan program bantuan pendidikan yang termasuk ke dalam jenis beasiswa penuh. Sehingga pada dasarnya beasiswa ini akan menanggung keseluruhan biaya yang dibutuhkan selama proses studi anda. Selain itu anda akan mendapatkan tunjangan tambahan seperti biaya hidup dan tunjangan keluarga. Pembiayaan tersebut akan terus dibayarkan selama masa studi normal pada jenjang Strata II. Sehingga para penerima beasiswa tidak perlu pusing memikirkan biaya hidup selama menuntut ilmu di luar negeri. Bahkan sebagian besar penerima beasiswa masih bisa menyisikan dana beasiswa untuk ditabung karena memang jumlahnya yang cukup besar.
  2. Berpeluang masuk ke universitas ternama. Seperti yang anda ketahui bahwa beasiswa lpdp merupakan program yang langsung dibawahi oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Sehingga seluruh penerima beasiswa memiliki peluang besar untuk setidaknya masuk ke dalam salah satu 200 universitas yang paling baik di dunia. Sebab program ini merupakan program resmi langsung dari pemerintahan pusat. Sehingga sangat mungkin anda bisa masuk ke salah satu kampus seperti Oxford, Harvard, Cambridge, MIT, dan seterusnya.
  3. Link pertemanan yang berkualitas. Saat anda menerima sebuah program beasiswa lpdp dengan kredibilitas yang baik, maka tentunya anda juga akan bertemu dengan penerima beasiswa lainnya. Dengan kata lain maka anda akan memiliki lingkaran pertemanan yang berkualitas dengan orang-orang yang memiliki kemampuan yang baik. Sehingga hal tersebut akan memberikan dampak positif yang baik untuk anda.

Tips mudah lolos beasiswa lpdp

Jika anda berminat untuk mendaftar beasiswa lpdp maka ada beberapa hal yang  harus anda lakukan agar bisa bersaing dengan pendaftar lainnya, diantaranya :

  1. Perkirakan durasi waktu dengan benar. Pada umumnya waktu pendaftaran beasiswa lpdp hanya dibuka selama 3 sampai 4 bulan saja. Di sisi lain program ini membutuhkan berkas-berkas tertentu yang harus dipersiapkan oleh pendaftar beasiswa. Umumnya kebutuhan administrasi akan terselesaikan selama kurang lebih 2 bulan. Oleh karena itu jangan pernah menunda waktu sehingga anda masih sempat untuk mendaftar.
  2. Urus berkas yang paling rumit terlebih dahulu. Persyaratan administrasi yang dibutuhkan oleh beasiswa lpdp ini setidaknya terdiri dari 20 sampai dengan 21 berkas penting. Sehingga anda perlu untuk mengurus berkas-berkas yang membutuhkan waktu yang lama di awal persiapan seperti surat keterangan domisili, surat rekomendasi, sertifikat bahasa asing, surat keterangan berbadan sehat, skck, dan masih banyak lagi. Di sela-sela mengurus berkas yang rumit maka anda bisa sembari menyiapkan berkas yang mudah seperti ktp, kk, akte kelahiran, dan lain-lain.
  3. Lakukan persiapan dengan matang. Beasiswa lpdp dalam proses seleksinya memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Sehingga disarankan bagi setiap calon pendaftar untuk memberikan keterangan detail mengenai kemampuannya di setiap tahapan administrasi. Jangan lupa untuk mencantumkan semua pengalaman anda baik akademik atau non akademik selama pendidikan Strata I. Dengan begitu peluang anda untuk lolos beasiswa ini semakin besar.

Dengan demikian artikel mengenai 9 hal yang harus anda ketahui dari beasiswa lpdp yang mencakup nilai yang dianut serta kekurangn dan kelebihan beasiswa ini. Semoga informasi di dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.