Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Memiliki pendidikan yang berkualitas dan tuntas sampai jenjang pendidikan tinggi merupakan salah satu impian hampir semua orang di dunia ini. Sebab tak dapat dipungkiri jika riwayat pendidikan yang baik akan mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam aspek sosial dan ekonomi di masa yang akan mendatang.

Hal tersebut dikarenakan hampir seluruh perusahaan saat ini mencari karyawan yang memiliki pengalaman non akademik dan akademik yang baik, sehingga mengikuti program beasiswa unggulan menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kemampuan tersebut.

Program beasiswa unggulan dalam bidang pendidikan sendiri memang menjadi salah satu program yang sepertinya sudah wajib untuk dimiliki oleh setiap negara. Karena seperti yang anda ketahui bahwa terjadinya pemerataan ekonomi pada suatu negara bukanlah hal yang mudah.

Sehingga tersedianya beasiswa pendidikan membantu pelajar yang kurang mampu dalam segi ekonomi untuk tetap bisa mewujudkan cita-citanya. Biasanya sistem yang diberlakukan dalam beasiswa bisa saja memberikan biaya secara keseluruhan atau sistem subsidi.

Beasiswa unggulan memang pada awalnya hanya diperuntukkan untuk para pelajar yang kurang beruntung dari segi finansial. Tetapi seiring berkembangnya zaman, beasiswa saat ini bisa saja diikuti oleh setiap orang yang memenuhi persyaratan dan lolos dalam setiap tahapan tesnya.

Beasiswa pendidikan menjadi salah satu program pendidikan yang memang wajib untuk diterapkan karena memiliki dua fungsi utama. Fungsi pertama adalah tentunya membantu para pelajar yang tidak memiliki cukup biaya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau bagi pelajar yang ingin menimba ilmu di luar negeri.

Selain itu fungsi kedua adalah untuk menyaring pelajar yang memang benar-benar memiliki kemampuan yang baik dalam bidang akademik atau non akademik. Sehingga saat ini pelajar yang pernah mengikuti program beasiswa unggulan akan mendapatkan nilai plus ketika mendaftar pekerjaan karena dianggap memiliki kemampuan yang lebih.

Oleh karena itu pada artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai program beasiswa ini.

Menilik lebih jauh beasiswa unggulan Kemendikbud

Hingga saat ini masih banyak yang belum mengetahui bahwa beasiswa unggulan merupakan salah satu program utama yang dijalankan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Program ini telah menjadi fokus utama Kemendikbud sejak diterbitkan pada tahun 2006.  Program beasiswa ini pun bisa diikuti oleh semua pelajar di Indonesia khususnya yang sedang menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi.

Pada awalnya beasiswa ini memiliki fokus utama untuk membantu memenuhi biaya SPP atau Sumbangan Pengembangan Pendidikan dan juga biaya hidup bagi yang berkuliah di luar negeri.

Pada dasarnya program beasiswa unggulan ini memili satu tujuan utama yakni untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di Indonesia yang diselenggarakan melalui beragam pelatihan atau bantuan pendidikan.

Berdasarkan fokus utama tersebut beasiswa ini akhirnya semakin melebarkan cakupan penerima beasiswa agar bisa dinikmati oleh semua penduduk Indonesia dan tak terbatas hanya pada pelajar saja.

Beasiswa unggulan Kemendikbud ini dijalankan berdasarkan program Nawacita terkait pendidikan dalam masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Program tersebut pada dasarnya berfokus pada empat hal yakni peningkatan kualitas hidup penduduk Indonesia serta produktivitas masyarakat agar dapat bersaing dengan pasar global.

Selain itu program Nawacita juga mentargetkan adanya revolusi karakter bangsa dan memperteguh sisi ke-bhinneka-an dalam setiap diri penduduk Indonesia.

Saat ini beasiswa unggulan memiliki tiga bidang penerimaan yakni beasiswa masyarakat berprestasi yang merupakan program pendidikan dalam negeri dan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat yang berstatus calon mahasiswa atau mahasiswa maksimal semester 2 di segala bidang pendidikan.

Selanjutnya yakni beasiswa daerah 3T yakni daerah tertinggal, terdepan, dan terluar yang  terdiri dari 122 wilayah di Indonesia. Jenis beasiswa terakhir adalah beasiswa yang diberikan kepada Pegawai  Negeri Sipil yang berada di dalam lingkungan keja Kemendikbud.

Kelebihan dan kekurangan beasiswa unggulan Kemendikbud

Saat ini seperi yang anda ketahui bahwa peminat beasiswa unggulan semakin meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut sudah mulai terlihat semenjak 6 tahun yang lalu dimana sebanyak 10.000 pelajar mendaftar beasiswa ini.

Namun hanya 1000 pelajar saja yang mampu untuk melewati keseluruhan tahap seleksi yang disediakan. Pada saat itu pemerintah telah mengeluarkan anggaran sebanyak 94 milyar rupiah untuk menjalankan program tersebut.

Jumlah peminat program beasiswa unggulan yang semakin banyak setiap tahunnya bukanlah tanpa alasan. Sebab akan ada keuntungan yang akan didapatkan penerima beasiswa yang saat ini tampaknya telah menjadi alasan utama mengapa hampir semua pelajar ingin mendapatkan program ini.

Berikut beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan jika terdaftar sebagai penerima beasiswa, diantaranya :

  1. Mudah untuk fokus. Fokus disini tentunya fokus dalam artian menempuh jenjang pendidikan. Pelajar yang mendapatkan beasiswa unggulan tentunya lebih santai dalam menjalani kesehariannya sebagai pelajar. Hal tersebut dikarenakan tidak ada lagi beban pikiran tentang biaya pendidikan yang tinggi yang harus selalu dibayarkan. Sebab keseluruhan biaya pastinya sudah ditanggung dalam program beasiswa.
  2. Mendapatkan pendidikan yang terjamin. Beasiswa unggulan saat ini akan memprioritaskan para pelajar penerima beasiswa untuk menempuh pendidikan pada universitas negeri yang terakreditasi A. Dengan begitu anda dapat menikmati kualitas dan fasilitas pendidikan yang baik ditunjang dengan biaya hidup seperti biaya makan dan transportasi.
  3. Meningkatkan kepercayaan diri.  Saat ini pelajar penerima beasiswa  unggulan memiliki stigma yang baik ditengah-tengah masyarakat. Sebab tahapan seleksi yang diberlakukan cenderung lebih sulit sehingga biasanya hanya pelajar yang benar-benar serius saja yang bisa mendapatkan beasiswa. Oleh karena itu hal tersebut tentunya berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri.
  4. Lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan. Bagi perusahaan-perusahaan besar saat ini, calon karyawan yang pernah menerima beasiswa unggulan dianggap memiliki kualitas yang lebih baik. Tentunya karena tahapan seleksi yang diberlakukan lebih ketat dan sulit jika tidak dipersiapkan dengan baik. Oleh karena itu riwayat penerimaan beasiswa mampu untuk mempermudah anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.
  5. Koneksi pertemanan yang lebih baik. Tidak dapat dipungkiri jika para penerima beasiswa unggulan memiliki kualitas yang lebih baik terutama dari segi pendidikan. Sehingga tentunya akan terjalin koneksi yang baik karena  hubungan pertemanan yang tepat.
  6. Memiliki peluang yang lebih baik. Peluang yang dimaksud dalam hal ini adalah peluang untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Sebab universitas luar negeri lebih menyukai  pelajar yang pernah mendapatkan beasiswa unggulan karena hal tersebut menunjukkan kualitas diri yang lebih baik.
  7. Memiliki kesempatan menjadi motivator. Lolos dalam seleksi beasiswa unggulan menjadi salah satu seleksi yang sulit untuk dilalui dengan baik. Oleh karena itu motivator yang memberikan bimbingan dan tips beasiswa sangat diperlukan saat ini.

Di balik beragam keuntungannya program beasiswa unggulan ternyata juga memiliki kekurangan, diantaranya :

  1. Butuh persiapan. Tahapan seleksi  beasiswa unggulan yang tidak mudah tentunya menuntut setiap pelajar untuk melakukan persiapan yang tidak sebentar. Hal-hal yang dipersiapkan pun sangat banyak karena harus memahami dan menguasi berbagai macam materi pembelajaran yang terdiri dari berbagai konsep. Oleh karena itu ketekunan dan komitmen sangat dibutuhkan pada tahap persiapan ini.
  2. Adanya pengeluaran biaya. Biaya yang dimaksud dalam hal ini adalah biaya yang dikeluarkan dalam tahap persiapan beasiswa unggulan. Dimana tidak menutup kemungkinan anda harus membeli buku-buku latihan soal yang harganya tidak murah demi bisa menjawab soal seleksi dengan baik. Selain itu biaya juga diperlukan dalam rangka mempersiapkan dokumen pendaftaran beasiswa untuk tahap seleksi administrasi.

Mengapa memilih beasiswa unggulan

Alasab utama banyak pelajar dan calon pelajar perguruan tinggi negeri memilih program beasiswa unggulan ini adalah karena kemudahannya. Seperti yang anda ketahui bahwa saat ini tidak banyak program beasiswa yang memiliki persayaratan yang mudah.

Bahkan tak jarang persyaratan administrasi yang dibutuhkan terlampau banyak sehingga calon pendaftar tak memiliki waktu yang cukup untuk sekedar mempersiapkan kelengkapan dokumen pendaftaran. Selain itu beberapa program beasiswa juga tidak memberikan beasiswa pendidikan penuh dan hanya menanggung biaya pendidikan sebesar 50% saja.

Tetapi beasiswa unggulan dalam hal ini menawarkan fasilitas yang berbeda kepada seluruh calon penerima beasiswa. Pertama, cakupan penerima beasiswa ini lebih besar mulai dari masyarakat berprestasi, calon mahasiswa dan mahasiswi, hingga pegawai negeri sipil yang berada di lingkungan kerja Kemendikbud.

Hal tersebut tentunya menjadi alasan utama mengapa banyak orang yang memilih program beasiswa unggulan ini. Selain itu proses pendaftaran yang lebih mudah juga membuat orang semakin tertarik untuk mengikuti program beasiswa ini.

Alur pendaftaran yang tersedia secara online juga memudahkan setiap calon penerima beasiswa unggulan. Beasiswa ini juga memberikan cakupan biaya yang cukup besar dimana penerima beasiswa bebas dari biaya SPP dan mendapatkan biaya hidup bagi yang melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Tips lolos beasiswa unggulan dengan mudah

Sebenarnya tidak ada tips khusus agar bisa lolos beasiswa unggulan ini dimana anda hanya perlu melengkapi dan mempersiapkan kedua proses seleksi dengan baik.

Pada seleksi yang pertama yaitu tahap seleksi administrasi tentunya anda harus mengupload semua kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Kelengkapan tersebut wajib diisi dengan sejelas mungkin agar penyeleksi mampu untuk mengetahui kemampuan anda secara lengkap.

Apabila anda lolos dalam tahap administrasi beasiswa unggulan, maka selanjutnya anda harus melakukan persiapan agar bisa melalui proses wawancara dengan baik.

Pada dasarnya saat wawancara berlangsung tentunya anda harus menerapkan sikap tubuh yang baik dan cara komunikasi yang jelas. Selain itu ketahui kelemahan dan kelebihan diri anda dengan baik agar bisa menjawab pertanyaan dengan jelas.

Perlu anda ingat bahwa jangan pernah menjabarkan kelemahan anda secara detail tanpa memberikan jawaban solusi atas kelemahan tersebut. Pewawancara akan menganggap anda sebagai seseorang yang sulit mencari solusi apabila anda langsung memberikan kalimat sanggahan atas kelemahan tersebut.

Selain itu jaga kontak mata anda selama proses wawancara berlangsung, tatapan mata yang tidak fokus ke pewawancara bisa memberikan cerminan bahwa anda kurang percaya diri.

Cara berkomunikasi juga harus diperhatikan selama proses wawancara beasiswa unggulan ini. Sebab cara bertutur yang terbata-bata mencerminkan bahwa anda kurang bisa mengontrol rasa gugup tersebut.

Demikian artikel mengenai beasiswa unggulan ini, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.