Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat tua namun memiliki banyak fans berat yang begitu luarbiasa loyalnya hingga saat ini. Ketika ada gonjang-ganjing suatu permasalahan politik, lantas rame-rame masyarakat simpan emas.
Ada isu turunnya nilai mata uang, rame-rame lagi masyarakat membeli emas. Ada isu tentang merosotnya nilai mata uang dollar, lagi lagi pada kembali berjaga diri dengan menyimpan emas. Memangnya apa si kelebihan si kuning ini?
Yuk kita bahas beberapa fakta emas yang harus Anda ketahui berikut ini:

1. Mengenal Benda Unik dan Menarik yang Bernama Emas

Keunikan dari emas

Keunikan dari emas Photo Credit: practicalowl via Compfight cc

Emas berasal dari perut bumi yang digali oleh para penambang emas dan dikumpulkan di permukaan bumi. Emas itu bukan benda yang untuk dikonsumsi. Sehingga jumlahnya semakin bertambah. Meskipun bertambah, emas tetap menjadi barang langka karena seluruh emas yang ada di permukaan bumi diperkirakan hanya berkisar 150.000 ton hingga 160.000 ton saja.

2. Emas adalah Mata Uang yang Tak Lekang Oleh Zaman

Emas adalah mata uang yang sesungguhnya

Emas adalah mata uang yang sesungguhnya Photo Credit: Travis S. via Compfight cc

Bisa dibilang penggunaan emas dalam hal kegiatan ekonomi sejak zaman baheula, dari zaman kakeknya siti nurbaya belum lahir hingga zaman justin biber. Emas tetap dapat dijadikan mata uang yang diterima oleh belahan dunia manapun.
Faktanya selanjutnya adalah bahwa pemerintahan dunia mengendalikan nilai uang kertas mereka dengan mempengaruhi supply emas di pasar. You know what I mean right? Maka bisa dibilang emas lah uang yang sesungguhnya.

3. Emas Tempat Pelarian Mereka yang Tidak Percaya Uang Kertas

Ekonomi Politik sedang goyang kapten mari beralih ke emas

Ekonomi Politik sedang goyang kapten mari beralih ke emas Photo Credit: Su℮ ❥ via Compfight cc

Coba deh perhatiin ketika lagi gonjang-ganjing ekonomi-politik. Rame-rame warga dunia mulai nukerin uang kertas mereka dan beralih untuk membeli emas. Ketika performa dari mata uang kertas yang selalu tergerus inflasi berbeda dengan emas dalam kurun waktu jangka panjang hasilnya lebih menguntungkan dibandingkan mata uang kertas dari negara manapun. Soal ini kita sudah pernah ulas pada tulisan sebelumnya yang berjudul mata uang kertas vs emas.

Yuk bagikan artikel pada sosmed yang Anda miliki agar semakin banyak orang yang mengetahui tentang kemuliaan dari logam mulia emas ini.