Tugas kantor yang menumpuk, deadline pekerjaan yang mendesak, dan sejuta permasalahan lainnya akan membuat stress. Waktu 24 jam sehari di rasa tidak cukup lagi untuk rutinitas pekerjaan.

Efektivitas merupakan salah satu kunci penyelesaianya. Berikut akan diulas beberapa tips bekerja dengan cerdas dalam menyelesaikan tugas di kantor.

10 Tips Bekerja Cerdas untuk Menyelesaikan Tugas di Kantor

Bekerja cerdas merupakan salah satu langkah strategis dalam mengatasi berbagai persoalan di kantor. Berikut adalah 10 tips bekerja cerdas untuk menyelesaikan tugas di kantor.

1. Buat Skala Prioritas dan Fokuslah

Tugas yang menumpuk dan deadline yang mendesak akan membuat pusing, stress, bahkan depresi. Lalu kamu akan bekerja keras untuk menyelesaikannya satu persatu.

Bekerja tanpa strategi merupakan sesuatu kegiatan yang sia-sia. Sebelum bekerja hendaklah merencanakan setiap kegiatan yang akan dilakukan.

Buatlah list to do serta berikanlah skala prioritas terhadap setiap pekerjaan yang akan dikerjakan. Semua pekerjaan penting namun pekerjaan yang mana yang terlebih dahulu harus diselesaikan.

Skala prioritas akan membuat pekerjaanmu lebih terarah dan jelas. Fokuslah menyelesaikan satu per satu dan jangan terpengaruh terhadap tumpukan tugas lainnya.

Utamakanlah kualitas daripada kuantitas namun kualitasnya buruk. Fokuslah dalam suatu bidang yang paling urgent dan mendesak.

2. Fokus kepada Hasil Bukan Waktunya

Hasil pekerjaan dan waktu pengerjaan merupakan salah satu hal yang sangat berbeda. Hasil menentukan produktivitas dalam bekerja dan banyaknya waktu merupakan kebalikanya.

Fokuslah pada hasil dari pekerjaan bukan lama waktu pengerjaan suatu pekerajaan. Seringkali kita tertipu dengan pemikiran sendiri dengan mengganggap sudah bekerja ekstra.

Sebagai contoh kamu membuat sebuah tulisan dengan 1000 kata selama 5 jam. Hal itu berarti dalam setiap jam dihasilkan 200 kata untuk membuat sebuah tulisan.

Cobalah berpikir untuk lebih fokus kepada hasil yang diperoleh bukan waktu pengerjaanya. Hal tersebut akan membuat pekerjaan menjadi lebih terlihat ringan untuk dikerjakan.

3. Memiliki Sikap Positif

Memiliki sikap positif membuat kamu mudah untuk menyesuaikan diri terhadap rekan kerja, tekanan, dan ritme kerja di perusahaan. Pekerjaan akan lebih mudah dan cepat terselesaikan.

Bahkan kamu akan dengan sukarela mewarkan diri membantu pekerjaan rekan kerja lainnya. Hal itu karena pikiran akan selalu positif dalam melihat sesuatu.

Lihatlah segala permasalahan sebagai peluang untuk pengembangan diri menjadi lebih baik. Janganlah cepat terbebani akan setiap masalah yang datang silih berganti.

Sikap positif hanya akan dimiliki oleh seseorang yang berjiwa pemenang. Jadi cobalah untuk menjadi seorang yang positif dalam menyikapi segala hal.

4. Tingkatkan Kemampuan Komunikasi

Komunikasi merupakan sebuah kunci dalam menjalin sebuah relasi. Komunikasi yang baik akan berdampak kepada kemudahan untuk memahami dan dipahami oleh orang lain.

Kemampuan komunikasi hal yang sangat penting di dalam bisnis. Tidak perduli siapa kamu, cepat atau lambat pasti akan berinteraksi dengan oranglain meskipun seorang freelance sekalipun.

Oleh sebab itu, mutlak harganya untuk meningkatkan skill komunikasi. Pelajarilah etiket berkomunikasi dengan rekan, atasan, vendor, dan lainnya.

Keterampilan komunikasi akan membuatmu lebih mudah mengerjakan pekerjaan. Kamu akan lebih cepat mengetahui maksud dan keinginan dari client, rekan, maupun atasan.

5. Bekerja Cerdas dengan Membuat Jadwal Kegiatan

Pekerjaan yang sulit akan lebih mudah dikerjakan ketika kamu memiliki jadwal yang jelas pada setiap harinya. Otak akan lebih cepat fokus terhadap rutinitas yang sudah tersusun rapi.

Kita tidak perlu memirkan terlebih dahulu mengenai tugas yang akan di kerjakan. Tidak melakukan itu berarti kita telah membuang buang waktu yang berharga di kantor.

Penyusunan jadwal tidak perlu repot dan menghabiskan biaya yang besar. Lakukanlah standart dengan instrumen yang kamu kuasai.

Manusia pada hakikatnya adalah makhluk rutinitas, di mana setiap pekerjaanya mengikuti standart tertentu. Jadi, segeralah membuat jadwal kegiatan untuk mempermudah pekerjaanmu.

6. Mengotomatisasi Lebih Banyak Tugas

Mengambil sebuah keputusan merupakan salah satu hal yang paling sulit di dunia ini. Jangankan untuk mengambil keputusan yang sulit menentukan model pakaian saja membuat kita kebingungan.

Memilih sesuatu memang menyebalkan serta membuang waktu dan tenaga. Kita diharuskan memilih salah satu hal yang sederhana namun sulit diputuskan.

Manusia memiliki berbagai pertimbangan untuk memutuskan sesuatu hal. Oleh sebab itu, otomatisi menjadi sebuah solusi untuk digunakan.

Bekerja cerdas berarti mengotomatisasi lebih banyak tugas akan membuat kamu tidak perlu banyak berpikir tentang pilihan. Energi untuk memilih dapat disalurkan kepada kegiatan yang lebih penting lainnya.

Itulah mengapa Mark Zuckerberg hanya menggunakan pakaian yang sama selama beberapa tahun. Hal tersebut karena dirinya ingin mengotomatisasi dari memilih model baju.

Fokuskanlah pikiran kamu terhadap hal yang penting dan otomatisasilah berbagai jenis tugas dengan membuat pola rutinitas dan kebiasaan. Rasakanlah manfaatnya.

7. Bekerja Ceras Berarti Menghentikan Multitasking?

Mungkin multitasking memiliki definisi yang baik karena dianggap mampu mengerjakan semua hal di waktu yang bersamaan. Namun apakah manusia dapat melakukan itu dengan sangat baik.

Faktanya semua manusia menipu dirinya sendiri dengan mengatakan dapat melakukan multitasking. Padahal di dalam hati dan pikiranya kesulitan sehingga akan menurunkan kualitas pekerjaan.

Cobalah untuk menghentikan kebiasaaan ini. Lakukanlah setiap pekerjaan satu per satu dengan menerapkan standar kualitas pekerjaan yang tinggi.

8. Tundalah Pekerjaan Kamu

Mungkin point ini membuat kamu kebingungan karena hal tersebut sangat kontradiktif dengan judul yang ditampilkan. Namun fakta berikutnya akan membuatmu memahami maksudnya.

Pernahkah kamu mengerjakan tugas kuliah di dini hari ? Sedangkan esok hari merupakan deadline pengumpulan dan ternyata keesokan hari kamu bisa menyelesaikannya juga. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Terdapat sebuah istilah yang cukup populer yaitu “the power of kepepet”. Mungkin istilah tersebut sangat relevan dan riil dengan kondisi saat ini.

Otak akan semakin kreatif dan solutif ketika mendapat tekanan. Kamu akan dapat mengeluarkan ide-ide brilian yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Tugas akan lebih cepat selesai dengan teknik ini. Namun metode ini tidak dianjurkan bagi kamu yang belum terbiasa karena akan berisiko terbengkalainya pekerjaan.

9. Hilangkanlah Stress

Stress akan menurunkan produktivitas dalam bekerja. Oleh sebab itu, stress harus dihilangkan segera untuk meningkatkan produktivitas.

Stress membuat otak berhenti untuk berkreasi dan membuat kamu membenci pekerjaan. Tugas yang ringan akan menjadi sangat berat.

Manajemen stress sangat diperlukan. Luangkanlah sedikit waktumu sejenak untuk berileksasi di ruang kerja maupun berolahraga kecil-kecilan akan membantu mengurangi stress.

10. Nikmatilah Pekerjaanmu

Pekerjaan akan terasa berat ketika kamu berpikir bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan keingingnmu. Cobalah sedikit untuk menikmati setiap pekerjaan yang diberikan.

Menikmati pekerjaan merupakan langkah yang paling efektif dalam menyelesaikan tugas kantor. Beban pekerjaan akan seketika hilang.

10 Tips bekerja cerdas untuk menyelesaikan tugas di kantor merupakan salah alternatif solusi dalam mengatasi pekerjaanmu. Semoga informasi di atas dapat berguna untuk semua orang.