Ini Dia Cara Belajar Bahasa Arab Gratis via Whatsapp

Kursus atau les bahasa saat ini bisa dari mana saja. Banyak komunitas baik offline maupun online yang memberikan semacam kursus gratis. Mulai dari e-book, tulisan artikel, audio, maupun video edukatif.

Kelebihan belajar bahasa arab dengan mengikuti kursus dari komunitas online adalah fleksibilitas waktu dan tempat Anda belajar. Selama ada akses internet dan aplikasi whatsapp dan email saja sudah cukup.

Bagi mereka yang punya jadwal kuliah super sibuk atau teman-teman yang saat ini bekerja di kantor mungkin sedikit sulit menyesuaikan waktu dan tempat. Apalagi jika harus ketemuan di sebuah tempat.

Kursus online tidak perlu melakukan hal-hal di atas. Anda akan diberikan materi belajar yaitu berupa tulisan, audio, dan video setiap minggunya. Ada 2 tugas wajib yang harus diselesaikan setiap pekan.

Baca juga: Kursus Online Gratis dari IndonesiaX

Setiap minggu juga ada kuiz, bedanya kuiz dengan tugas wajib yaitu Anda boleh tidak mengerjakan soal kuiz. Namun tugas wajib harus diselesaikan atau jika berturut-turut tidak dikerjakan. Anda bisa dikeluarkan dari grup.

Kenapa belajar bahasa arab? Bahasa arab selain merupakan bahasa internasional yang banyak dipergunakan oleh banyak orang di berbagai penjuru dunia selain dari bahasa Inggris.

Ada keistimewaan lainnya yaitu bahasa arab adalah bahasa Al-Quran. Ada nilai plus ketika Anda belajar bahasa arab, selain untuk media berkomunikasi dengan masyarakat internasional.

Anda juga bisa mempelajari al-Quran dan hadits, termasuk sangat berguna pada saat menghafalkannya. Ketika Anda mengerti sebuah arti kata dari sebuah kalimat beserta pola bahasanya.

Baca juga: 7 Manfaat Google Docs Bagi Mahasiswa

Secara otomatis akan lebih mudah otak dalam merekam kalimat dan suku kata bahasa asing tersebut. Dibandingkan Anda tidak mengetahuinya sama sekali arti dan cara pembentukan kalimatnya.

Kursus ini diberikan secara cuma-cuma dari Yayasan BISA. Syarat mengikuti kursus hanya butuh komitmen dan self-discipline yang tinggi. Teknisnya yaitu memiliki akses jaringan internet, aplikasi WhastApp, dan email.

Terkadang pengumpulan tugas maupun pemberitahuan resmi mengenai kursus diberitahukan melalui alamat email. Sedangkan aplikasi whatsApp sebagai media atau sarana belajar dan diskusi online belajar bahasa arab.

Bagi pembaca yang ingin mendaftarkan diri dan mengikuti program di atas. Anda bisa buka situs official Yayasan BISA tersebut di alamat berikut ini : www.bisa.id/program/bisa.