Ketika mati gaya dan bosen di rumah saat work from home, kamu bisa nih manfaatin beberapa situs website ini untuk mempelajari desain.

Salah satu posisi penting di dunia startup adalah UI/UX Desainer, buat pemula yang mau belajar terkait dunia desain secara gratis.

Kamu bisa manfaatin beberapa situs berikut ini:

1. Website Cantunsee.space

Can't Unsee - cantunsee.space - 1

Menurut saya, cantunsee.space ini website yang recommended banget buat belajar desain, di situs ini kamu hanya perlu menjawab mana desain yang benar dan mengapa desain tersebut dikatakan benar.

Setelah menjawab soal misalnya benar, kamu bisa klik tombol compare untuk membandingkan antara gambar yang benar dengan yang salah, lalu akan muncul tombol centang yang berisikan penjelasannya.

Jawaban benar dan salah akan mempengaruhi skor, yang ada di sebelah pojok kanan atas. Soal akan semakin sulit dan kamu harus jeli melihat setiap perbedaan.

Makanya situsnya disebut dengan “can’t unsee”.

2. KERNTYPE a kerning game

Kern Type, the kerning game - type.method.ac

Pada situs ini, kamu diharuskan membuat desain dengan penyusunan font yang presisi. Jadi pada tulisan WAVE di atas huruf W dan E tidak bisa digeser.

Sedangkan huruf A dan V perlu digeser-geser agar menjadi sebuah tulisan yang presisi. Klik compare jika sudah selesai melakukan editing.

Kamu akan lihat hasil dan skornya. Terlihat pada tulisan WAVE di gambar di atas ternyata skor saya hanya 47 dari 100. Kalau benar bagaimana? Nilainya 100/100.

3. The Bézier Game

The Bézier Game - bezier.method.ac

Salah satu alat yang berguna saat desain yaitu pen tool, bagi newbie pen tool ini mungkin rada sulit pengaplikasiannya apalagi saat seleksi gambar.

Terkadang mencong sana sini, akhirnya hasil gambar pun kurang maksimal. Di situs ini, kamu akan mempelajari cara menggunakan pen tool sampai mahir.

Kalau seleksi gambar kotak mungkin kamu sudah jago, gimana kalau misalnya gambar bulat seperti gambar di atas? Well, layak nih situs ini untuk dicoba dan dipelajari.

Oh ya, ada batasan node yang bisa dipakai ya. Asli, sepertinya saya tidak bakat, beberapa kali coba tetap gagal padahal masih tahap tutorial. Hehe.

4. Game Pembelajaran Tipografi Web

FireShot Capture 144 - Triangle - Better Web Type - betterwebtype.com

Salah satu alasan mengapa pengunjung blog itu betah membaca website atau blog kamu adalah karena tipografi website kamu itu nyaman dimata.

Coba deh kalau pakai font yang alay, ukuran font yang tidak beraturan, warna yang macem-macem ga kakuran, ditambah huruf yang terlalu berdempetan.

Dijamin pengunjung website bakal kabur dengan cepat. Karena bagaimanapun tampilan itu penting, situs ini mengajarkan bagaimana cara membuat tipografi website sesuai dengan teori The Equilateral Triangle of a Perfect Paragraph.

Situs ini cocok buat kamu yang punya passion sebagai web desainer atau web developer.

5. Belajar Membuat Bentuk

FireShot Capture 145 - Shape Type, the letter shaping game - shape.method.ac

Game ini lebih kepada gimana caranya kamu membuat bentuk yang presisi dari sebuah huruf. Klik compare untuk membandingkan hasil karya kamu dengan karya original.

Permainan nomor lima ini mirip dengan yang di nomor tiga, namun kalau dinomor tiga itu lebih kepada untuk seleksi gambar, ini lebih bagaimana membuat bentuk.

6. Permainanan Menyamakan Warna

FireShot Capture 146 - Color — Method of Action - color.method.ac

Ini menurut saya permainan yang sulit berikutnya. Mungkin para cewek akan lebih mudah menyelesaikan setiap soal yang ada di website ini.

Jadi, di tengah-tengah gambar ada sebuah hitungan detik yang memiliki warna, yang akan berubah-ubah, kamu harus menyamakan warna yang ada di hitungan tersebut.

Umumnya para kaum hawa, lebih terbiasa membedakan sebuah warna. Entah itu, warna lipstik, baju, sepatu, wallpaper tembok, boneka, dst.

Game seperti ini mungkin too easy buat mereka.

7. Game Menyamakan Warna Kedua

FireShot Capture 147 - KOLOR - Color Guessing Free Game - kolor.moro.es

Game ini hampir sama dengan permainan dipoin kelima, bedanya penyamaan warna dengan cara mengklik, bukan geser-geser seperti di poin keenam.

Pertanyaan akan semakin sulit, opsi pilihan akan terus bertambah seiring dengan tingkat kesulitan soal.

Warna pada opsi pilihan juga sangat mirip, kamu harus menjawab dengan cepat, karena ada timer, dan setiap jawaban salah atau benar berpengaruh pada score kamu.

8. Tebak Font

FireShot Capture 148 - typewar - typewar.com

Saat kamu membuka website yang satu ini, cuma ada satu pertanyaan yaitu “jenis font apa ini? “. Huruf B seperti pada gambar apakah termasuk font Verdana atau Optima?

Ini berguna sekali sih, misalnya kamu lagi jalan lalu lihat poster bagus, desainnya keren. Lalu temen nanya itu font-nya pakai apa ya?

Nah situs ini, bisa ngebantu banget. Minimal kamu bisa jadi sedikit ngeh dengan perbedaan font, karena setiap font memiliki ciri khasnya masing-masing.

Jenis font apa yang saat ini paling banyak digunakan di dunia? Kamu bisa lihat statistiknya pada font.google.com.

9. Permainan Mencari Titik Tengah

FireShot Capture 149 - It's Centred That - Test Your Designer Eye - www.supremo.co.uk

Hal yang perlu kamu lakukan adalah mencari titik tengah pada sebuah gambar. Sehingga kamu bisa mengetahui apakah gambar sudah sesuai atau belum.

Pilihannya cuma dua yaitu IYA dan TIDAK. Gambar orang senyum diartikan sebagai IYA sedangkan gambar sebelahnya diartikan sebagai tidak.

Saat ragu, kamu bisa coba tarik gambar sehingga di layar komputer ada pergerakan garis. Pergerakan gambar ini lebih mempermudah penilaian di otak kamu.

Susah, susah, gampang sih.

10. Permainan Membuat Persegi

FireShot Capture 150 - Pixel Game_ A Pixels Test to Quiz Your Knowledge - Pixactly - www.pixact.ly

Jadi kamu disuruh membuat sebuah persegi, bisa kotak atau persegi panjang. Semua tergantung dari instruksinya, panjang dan lebarnya telah ditentukan.

Ukurannya yaitu pixel, menurut saya rada absurd sih, tapi buat mereka yang sudah terbiasa dengan desain. Secara kecerdasan spasial mereka, pasti bisa bikin kotak yang diperintahin.

Karena beberapa soal sepertinya ada standar default untuk web banner yang saya ketahui, selebihnya saya ga tau ukuran yang lain itu kegunaannya untuk apa.

Dari sekitar sepuluh permainan di atas, kira-kira yang menarik untuk kamu yang mana?

Yuk sharing di kotak komentar di bawah artikel ini.

0 0 vote
Bantu berikan rating untuk artikel Ini...