Tak jarang seseorang menggunakan cermin sebagai alat untuk membantu menunjang performa pada saat public speaking. Mereka menyakini bahwa dengan menggunakan cermin seseorang dapat memperoleh gestur tubuh terbaik. Apakah cara ini benar?

Jawabannya mungkin benar, mungkin juga tidak. Mengapa demikian? Izinkan saya memberi sudut pandang yang lain mengenai hal ini. Ketika Anda menggunakan cermin untuk berlatih gestur atau body language.

Pertama, pada saat menggunakan cermin yang hanya satu arah dari depan saja misalnya. Anda akan mendapati pantulan dari diri Anda hanya dari satu sudut pandang. Sehingga hasilnya gerakan Anda akan menjadi kaku.

Kedua, cermin bisa memberikan gambaran visual tentang mimik ekspresi Anda, gerakan tangan, dan gerak tubuh. Namun, kekurangannya adalah cermin tidak bisa memberi masukan kepada Anda. Hal-hal yang kurang dari diri Anda.

Kesimpulannya adalah cara terbaik berlatih public speaking adalah dengan cara Anda mempresentasikan materi apa yang akan Anda sampaikan kepada teman-teman dekat atau keluarga. Mintalah mereka untuk mendengarkan dan melihat penampilan Anda. Setelah itu minta masukan mereka tentang penampilan Anda.

Tentunya akan menjadi berbeda situasinya pada saat Anda bertatap muka dengan cermin dan pada saat Anda bertatap muka dengan orang lain. Perasaan dalam hati juga berbeda bukan? Bagaimana pendapat Anda mengenai Berlatih di depan cermin untuk public speaking ini?