Tips Sukses Menjalankan Bisnis Bersama Teman

Pernah kepikiran ingin menjalankan bisnis baru bersama teman atau keluarga dekat? Beberapa orang tertarik menjalankan bisnis dengan teman karena alasan kepercayaan dan sudah kenal lama. Tapi apakah hanya faktor itu saja cukup untuk sukses menjalankan bisnis?

Bisnis memang idealnya untuk jangka panjang, dalam perjalanan bisnis terkadang tidak semulus perencanaan di awal. Banyak kegagalan dalam bisnis bukan disebabkan karena faktor eksternal saja, misalnya suatu kompetitor, regulasi pemerintah, dan seterusnya.

Namun bisa saja berasal dari faktor internal, salah satunya tim atau individu di dalamnya. Tidak sedikit loh, omongan yang saya dengar dari keluarga, saudara, dan orang-orang terdekat yang mengatakan bahwa bisnis bersama teman itu tidak mudah.

Baca juga: Tips Memenangkan Kompetisi di Era Internet of Things (IoT) bagi Pengusaha Muda

Banyak bisnis yang kandas meninggalkan luka bagi pertemanan, tidak sedikit juga konflik terjadi ketika bisnis baru saja tumbuh, baru mengalami fase untung sedikit, tapi sudah menimbulkan masalah besar di internal organisasi. Oleh karena itu saya akan membahas kali ini tentang tips sukses menjalankan bisnis bersama teman.

Beberapa tips ini saya ambil dari pengalaman hidup saya, dan saya hubungkan dengan keilmuan administrasi bisnis yang kebetulan saya pelajari di kampus. Semoga bisa menjadi suatu pencerahan bagi Anda dan kita semua. Di akhir artikel ini, jika

Anda ingin menambahkan beberapa poin dari sudut pandang lain, Anda dapat mengirimkan masukan Anda melalui kotak komentar di bawah artikel ini.

1. Tips Sukses Menjalankan Bisnis Bersama Teman Pertama Adalah Kenali Karakter dari Teman Bisnis Anda

Kenali kepribadian dan karakter agar bisnis dengan teman Anda bisa berhasil

Kenali kepribadian dan karakter agar bisnis bersama teman dapat berhasil

Sebelum Anda merumuskan visi dan misi untuk jangka panjang, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengenal karakter dan kepribadian dari teman bisnis Anda. Memang iya, Anda sudah berkenalan lama, tapi sudahkah Anda mengenal karakter dan kepribadiannya lebih jauh?

Suatu bisnis yang dinyatakan berhasil merupakan rangkaian keberhasilan, mulai dari keberhasilan tim pemasaran, keuangan, hrd, dst. Hingga pada tingkatan keberhasilan individu di dalamnya. Karena keberhasilan suatu organisasi atau perusahaan, berasal dari keberhasilan tim di dalamnya, dan keberhasilan tim, berasal dari keberhasilan setiap individu.

Jadi seperti satu rangkaian ya, terus kalau satu gagal bagaimana? Tentunya akan berimbas kepada yang lain. Lantas, bagaimana cara sederhana mengenali karakter dari teman bisnis? Ada banyak sebenarnya cara untuk mengenali karakter dan kepribadian seseorang. Cara-cara berikut bisa Anda coba:

1.1. Kenali kepribadian dan karakter teman Anda dengan test mesin kecerdasan melalui sidik jari

Cara pertama ini yang dapat Anda lakukan yaitu melakukan test mesin kecerdasan dengan cara scanning sidik jari. Tujuannya adalah mengetahui dominan belahan otak yang berfungsi, sehingga dari sana kita bisa mengetahui apakah orang tersebut  termasuk orang Sensing Introvert, Sensing Ekstrovert, Thinking Introvert, Thinking Ekstrovert, Intuiting Introvert, Intuiting Ekstrovert, Feeling Introvert, Feeling Eksrovert, Insting.

Dari informasi mesin kecerdasan yang didapat Anda dapat menyusun strategi untuk bagaimana memotivasi teman bisnis Anda, bagaimana mempengaruhi dirinya, apa yang menjadi tujuan bagi dirinya, dan bagaimana cara belajar yang efektif untuk meningkatkan kualitas SDM teman bisnis Anda, serta apa yang menjadi kekurangan bagi setiap kepribadian.

Diharapkan Anda dapat menutupi kekurangan tersebut. Sehingga tercipta tim yang memiliki integritas, solid, dan kuat Bagaimana prosesnya? Prosesnya cukup sederhana, sidik jari Anda akan di scanning dengan alat fingerscanning atau yang biasa disebut juga dengan fingerprint scanning.

Lalu, data-data sidik jari tersebut di upload ke server, server akan melakukan identifikasi sidik jari selama beberapa menit, setelah itu, data tersebut dapat diunduh, lalu Anda dapat mengetahui informasi tentang mesin kecerdasan atau sistem operasi otak dominan Anda.

Berapa biaya yang perlu dipergunakan untuk test fingerprint scanning ini? Biayanya berkisar antara Rp. 250.000,- hingga Rp. 850.000,-.

1.2. Kenali kepribadian dan karakter teman bisnis Anda dengan test Myers-Birggs Type Indicator (MBTI)

Anda googling banyak sekali website yang menyediakan test MBTI Online, MBTI adalah psikotes yang didesain dan dirancang untuk tujuan mengukur kecenderungan psikologis seseorang dalam melihat lingkungan dan membuat keputusan.

MBTI sendiri dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers sejak tahun 1940. Psikotes tersebut dirancang untuk mengetahui kecerdasan individu, bakat terpendam, dan tipe kepribadian seseorang.

Jika cara pertama itu kita dengan cara scanning, kalau ini Anda perlu mengisi beberapa pertanyaan-pertanyaan. Test MBTI saat ini banyak yang sudah diberikan cuma-cuma alias gratisan.

Kelebihan dari poin pertama, Anda hanya perlu duduk manis dan menunggu hasilnya keluar. Kalau poin kedua ini, Anda perlu mengisi soal psikotes. Adapun durasi test berkisar antara 10-15 menit.

Berapa biaya yang perlu dibayarkan untuk mengikuti test MBTI? Biayanya berkisar antara Rp. 350.000,- hingga Rp. 850.000,-.

1.3. Mengenali kepribadian seseorang juga bisa melalui tulisan tangan

Tahukah Anda jika seseorang menulis di kertas dengan menggunakan media kertas, pulpen, pensil, atau alat tulis lainnya dengan cara manual tanpa bantuan teknologi, setiap goresan itu memiliki makna dan arti yang tersembunyi. Lantas dengan cara apa kita bisa mengetahui kepribadian orang tersebut?

Ada namanya keilmuan graphology, yang mempelajari tulisan tangan seseorang. Saat ini sudah banyak jasa yang menawarkan baca tulisan tangan. Kekurangan dari motode ini dibandingkan yang pertama, yaitu faktor mood seseorang sangat berpengaruh terhadap hasil test.

Berapa biaya yang perlu dibayarkan untuk mengikuti test graphology? Besaran biayanya yaitu antara Rp. 850.000,- hingga Rp. 1.500.000,-.

1.4. Cobalah berpergian jauh dengan teman bisnis Anda

Cara keempat untuk mengetahui kepribadian dan karakter teman bisnis Anda, bisa juga melalui travelling ke tempat-tempat yang jauh, bisa juga naik gunung, petualangan, dan seterusnya. Melibatkan unsur kemandirian, kebersamaan, tantangan dan rintangan, dan aspek lainnya.

Terkadang ketika naik gunung misalnya, karakter dan kepribadian seseorang akan terlihat. Bagaimana ia memimpin suatu tim, bagaimana cara ia menyelesaikan masalah jika ada hambatan yang menghadang, bagaimana ia dapat berpikir taktis dan strategis ketika menemui masalah, dan seterusnya.

Jadi jika Anda belum pernah berpergian jauh dengan teman bisnis Anda, cobalah cara yang satu ini.

1.5. Menginaplah beberapa hari di rumah teman bisnis Anda

Kalau keempat cara di atas, rata-rata berbiaya tinggi. Ada satu cara terakhir guna mengetahui kepribadian dan karakter dari teman bisnis Anda, yaitu dengan cara menginap selama beberapa hari di rumahnya. Melalui keseharian, cara ia berinteraksi dengan keluarga, tetangga, saudara, dan seterusnya. Anda dapat mengenali karakter dan kepribadiannya.

Tidak perlu hingga satu minggu menginap di rumahnya, itu mah namanya ngungsi kalau kelamaan. Cukup tiga hingga empat hari saja, dan Anda sudah dapat mengetahui karakter dan kepribadian seseorang.

Cara lainnya, jika Anda sering diskusi dengan banyak orang, bertemu dengan orang baru, belajar dan memperhatikan pola tingkah laku seseorang di sekitar Anda. Hal ini juga akan mempermudah Anda untuk mengenali kepribadian dan karakter teman bisnis Anda.

2. Tips Kedua Agar Bisnis Bersama Teman Itu Berhasil Adalah dengan Mencari Teman Bisnis yang Satu Visi dan Misi

Tips agar bisnis bersama teman berhasil yaitu dengan mencari teman bisnis yang memiliki kesamaan visi dan misi hidup

Tips agar bisnis bersama teman berhasil yaitu dengan mencari teman bisnis yang memiliki kesamaan visi dan misi

Sebelum jauh melangkah dalam perumusan visi dan misi perusahaan. Pada poin yang saya maksud di sini adalah visi misi hidup. Ya, masa perusahaan saja yang hanya beberapa tahun waktu dunia saja punya visi misi, sedangkan orang yang hidup nantinya bakal diminta pertanggungjawaban setelah mati, ga punya visi misi hidup?

Menemukan teman bisnis yang benar-benar komitmen itu sulit! Sekali lagi sulit! Tidak mudah. Menemukan teman bisnis yang benar-benar berkualitas itu tergantung dari kapasitas diri Anda. Layaknya seperti jodoh, kualitas iman pasangan hidup Anda, kurang lebih sama dengan kualitas iman yang Anda miliki.

Baca juga: Yuk Belajar On Time dari Solat Lima Waktu

Bagaimana mungkin Anda bisa memiliki teman bisnis, dengan pengalaman atau track record yang bagus. Sedangkan Anda sendiri kualitas hidupnya belum memiliki pengalaman yang banyak atau track record yang bagus juga di bisnis. So, selalu upgrade diri Anda, seiring semakin besar kapasitas ilmu pengetahuan, keimanan Anda, pengalaman, dan seterusnya.

InsyaAllah, pertemanan dan relasi Anda juga semakin tinggi kelas dan derajatnya.
Berikut ini beberapa tips agar Anda mendapatkan teman bisnis yang berkualitas:

2.1. Ikutlah berbagai macam komunitas pengusaha atau asosiasi usaha yang ingin Anda geluti

Gabung dan ikuti berbagai macam komunitas pengusaha, perluas jaringan pertemanan Anda. Di tempat-tempat seperti ini Anda bisa mendapatkan orang-orang berkualitas, yang dapat Anda jadikan teman bisnis. Jika ada, pengusaha di bidang usaha yang ingin Anda geluti dan ia telah berhasil sukses duluan.

Tugas Anda tidak perlu iri hati, dengki, atau dongkol. Jadikan ia sebagai role model Anda. Pelajari bagaimana ia menjalankan bisnisnya, ambil dan duplikasi proses ketika ia menjalankan bisnis dengan cara-cara yang halal, dan tidak perlu diikuti apabila ia menghalalkan secara cara untuk sekedar mendapatkan keuntungan.

Ingat, di hari akhir nanti. Ada hari perhitungan, di mana harta Anda akan menjadi suatu asset yang bernilai atau sebagai beban (liabilities).

2.2. Pastaskan diri Anda untuk bertemu orang-orang hebat di Seminar, Kajian Bisnis, Workshop, dan Training

Sesekali ikutlah seminar, kajian bisnis, workshop, dan training yang berbayar mahal. Semakin mahal tiket yang perlu dibayarkan, semakin tersaring orang-orang yang komitmen belajar tentang suatu hal yang baru, dan biasanya mereka adalah para pelaku bisnis.

Menemukan teman bisnis yang komitmen dan berkualitas, seperti yang sebelumnya saya katakan tidak mudah. Datangi mereka dan temukan mereka di tempat-tempat yang mulia, seperti seminar, kajian bisnis, workshop, dan training.

Kalau Anda berkesempatan untuk mengikuti sebuah kegiatan seminar, kajian bisnis, workshop, dan training. Jangan lupa selalu membawa kartu nama, berkenalan dengan banyak orang, bahkan kalau bisa dengan panitia penyelenggara, MC, pembicara, venue hotel, dan seterusnya.

Jaga hubungan baik dengan mereka setelah acara, bikin grup diskusi WhatsApp, BBM, Line, dan seterusnya. Silaturahmi tetap dijaga, karena siapa tahu teman bisnis Anda bisa dari orang-orang ini.

2.3. Miliki daftar nama teman-teman yang berkualitas sejak zaman SD, SMP, SMA, Kuliah, Kerja

Daftar nama di sini bukan kepengen memilah-milih teman, pertama luruskan niat dulu. Memang kita tidak pernah tahu masa depan seseorang akan secerah apa atau sekelam apa di masa depan. Namun apabila Anda memiliki teman-teman yang berprestasi secara akademik, maupun non-akademik.

Tidak ada salahnya, teman-teman berprestasi tersebut Anda tandai. Tujuannya satu, teman tersebut bisa jadi motivator bagi Anda, role model agar berprestasi juga, atau mentor bagi Anda.

Kenapa dari SD sampai Dunia Kerja? Biasanya rumusnya gini, mereka yang berprestasi di dunia kerja, biasanya berprestasi juga pada saat kuliah, nah orang-orang yang berprestasi di perkuliahan, biasanya berprestasi juga di SMA-nya, dan seterusnya.

Ga mutlak si, namun beberapa ada yang seperti itu.

2.4. Tantang diri Anda untuk berprestasi di sebuah kompetisi lokal, nasional, maupun internasional

Berharap ingin mendapatkan teman bisnis yang berkomitmen dan berkualitas kan? Tantang diri Anda untuk menjuarai suatu kompetisi lokal, nasional, maupun internasional. Kalau di kantor ada kompetisi, karyawan terbaik. Cobalah meraih prestasi itu.

Jika di kampus, ada kompetisi menjadi mahasiswa berprestasi, cobalah untuk memenangkan kompetisi itu. Para pemenang biasanya akan diberi sebuah reward atau insentif, lalu pemenang akan di adu dengan pemenang yang lain, untuk mendapatkan orang nomor satu yang paling berkualitas.

Sadar atau tidak, di posisi ini teman-teman Anda adalah orang-orang pilihan yang sama-sama sedang berkompetisi dengan Anda. Sesudah perlombaan atau kompetisi tadi, Anda dapat mengajak mereka untuk berkolaborasi dalam menjalankan bisnis atau usaha bersama.

2.5. Jaga hubungan relasi orangtua, keluarga, dan saudara, para angel investor rata-rata berasal dari sini

Pernah mendengar kata angel investor? Mereka adalah orang-orang baik, yang berasal dari relasi orangtua, keluarga, dan saudara. Bisa dibilang tanpa ngomong ba-bi-bu dan panjang lebar. Mereka dengan senang hati membantu bisnis Anda, terutama dalam segi pemodalan.

Mereka adalah golongan orang-orang dengan finansial yang cukup mapan, terkadang mereka membantu Anda bukan lantaran tertarik dengan bisnis yang Anda sampaikan. Tetapi lebih karena mereka ingin menjaga relasi dengan orangtua, keluarga, dan saudara-saudara Anda.

Karena bisa jadi dahulu orangtua, keluarga, dan saudara Anda telah membantu mereka pada masa-masa sulit. Sehingga hari ini ketika mereka berhasil dan sukses, mereka mau berbalas budi dengan keluarga Anda. Salah satunya mungkin dengan cara menjadi angle investor untuk Anda.

3. Tips Selanjutnya agar Bisnis Bersama Teman Berhasil yaitu Tentukan Seperti Apa Bisnis yang Akan Dijalankan Bersama

Buatlah gambaran besar tentang bisnis yang akan Anda kerjakan

Buatlah gambaran besar tentang bisnis yang akan Anda kerjakan

Bisnis itu bukan sekedar ucapan, tapi tindakan. Tindakan juga tidak asal langsung action, action, action. Tanpa suatu perencanaan yang matang. Jika Anda ingin berhasil menjalankan bisnis bersama teman. Anda perlu membuat perencanaan terkait bisnis yang akan Anda jalankan.

Caranya dengan membuat konsep bisnis, agar memudahkan proses brainstroming untuk menyatukan ide Anda dan teman bisnis, cobalah untuk membuat Business Canvas Model (BCM). Apa saja poin-poin yang perlu dibahas pada BCM? Berikut ini hal-hal yang perlu Anda buat di BCM:

  1. Customer Segment. Siapakah pelanggan yang akan ditargetkan atau dilayani?
  2. Customer Relationship. Dengan cara apa hubungan dengan pelanggan dipelihara?
  3. Distribution Channel. Melalui saluran apa pelanggan dapat dijangkau?
  4. Value Proposition. Apa nilai yang Anda tawarkan kepada pasar? Apa nilai pembeda yang Anda berikan dengan tawaran nilai yang diberikan oleh kompetitor?
  5. Key Assets. Aset apa saja yang dibutuhkan agar dapat memproduksi barang atau jasa sehingga Anda dapat memberikan Value Proposition kepada pelanggan Anda.
  6. Key Activities. Aktivitas apa yang dibutuhkan untuk dapat memproduksi barang atau jasa sehingga Anda dapat memberikan Value Proposition kepada pelanggan Anda.
  7. Key Partners. Siapa mitra utama yang Anda butuhkan agar produk barang atau jasa yang ditawarkan, bisa di-deliver ke pelanggan.
  8. Cost Structure. Biaya-biaya apa saja yang Anda keluarkan selama proses kegiatan produksi secara keseluruhan?
  9. Revenue Streams. Dari mana usaha Anda akan mendapatkan pemasukan? Seberapa besar dan kapan waktunya?

4. Tips Keempat supaya Bisnis Bersama Teman Berhasil yaitu Tentukan Bagaimana Modal Bisnis Diperoleh

Tentukan bagaimana modal bisnis diperoleh

Tentukan bagaimana modal bisnis diperoleh

Modal bisnis idealnya ditentukan pada saat bisnis belum benar-benar jalan. Modal bisa didapatkan dari artikel berikut ini cara mendapatkan modal usaha yang mudah. Besarnya modal biasanya memiliki pengaruh terhadap pengambilan keputusan secara tidak langsung, pengaruh, dan pembagian keuntungan.

Baca juga: Cara Evaluasi Diri Ketika Bisnis Bangkrut

Anda harus memikirkan juga resiko apa yang akan dihadapi, bagaimana jika bisnis mengalami kerugian apakah ditanggung oleh salah satu pemilik modal atau didistribusikan ke seluruh pemilik modal, bagaimana seandainya bisnis mengalami kegagalan atau failed, langkah seperti apa yang nantinya akan diambil. Buatlah perjanjian tertulis mengenai pemodalan di awal bisnis.

5. Tips Kelima agar Bisnis Bersama Teman Sukses, yaitu Susunlah Tugas dan Tanggung Jawab Sesuai dengan Kemampuan Masing-masing

Tugas dan tanggung jawab setiap individu harus jelas, memiliki target, dan mendukung agar tercapainya visi misi bersama

Tugas dan tanggung jawab setiap individu harus jelas, memiliki target, dan mendukung agar tercapainya visi misi bersama

Setelah Anda melakukan pada tahap satu hingga empat, berarti Anda sudah mempunyai kerangka seperti apa bisnis nantinya yang akan Anda jalankan. Anda juga telah mengenal karakter dan kepribadian teman bisnis Anda.

Supaya bisnis bersama teman Anda berhasil, buatlah tugas dan tanggung jawab sesuai dengan kemampuan masing-masing.
Sebenarnya poin kelima ini adalah penjabaran dari poin keenam pada tips ketiga.

Tiga kemampuan dasar yang dibutuhkan biasanya yaitu Sales & Marketing, Finance, dan Business Development. Apakah langsung hire karyawan baru untuk di awal?

Anda jangan buru-buru sewa kantor, ruko, dan seterusnya, apa lagi rekrut karyawan baru secara langsung. Alami saja, jika memang ketika proses menjalankan bisnis Anda dan tim banyak mendapatkan good problems.

Lalu, waktu tidur Anda terganggu karena kebanjiran order. Mungkin Anda bisa menambah karyawan baru. Apa itu good problems dan bad problems sudah pernah saya bahas pada tulisan ini.

6. Tips Keenam agar Bisnis Bersama Teman Sukses, yaitu, dengan cara pembagian keuntungan yang adil dan merata

Bisnis bersama teman bisa kandas lantaran pembagian keuntungan yang tidak adil dan merata

Bisnis bersama teman bisa kandas lantaran pembagian keuntungan yang tidak adil dan merata

Berbicara bisnis, pasti berbicara juga keuntungan dan kerugian. Idealnya semua baik suka maupun duka ditanggung bersama. Bisnis bersama teman banyak sekali yang kandas lantaran, bisnis baru untung sedikit tapi setiap individunya bersikap “itu berkat usaha gue”, “Itu karena usaha gue”, dan seterusnya.

Baca juga: Belajar Excellent Service dari Orangtua

Seperti yang sudah saya sampaikan di poin tips keempat, bahwasannya modal di awal berpengaruh terhadap besar-kecilnya keuntungan yang akan didapat. Tapi ada tidak cara lain yang lebih adil?

Ada. paid by performance. Mereka yang bekerja lebih gigih, berprestasi, banyak menghasilkan revenue. Maka ia lebih berhak mendapatkan keuntungan yang lebih.

7. Manajemen Konflik, Evaluasi Diri, dan Tim Itu Diperlukan agar Bisnis Bersama Teman Dapat Berjalan dengan Baik

Bisnis bersama teman itu tidak boleh ada kata ga enakan ketika proses evaluasi diri dan tim

Bisnis bersama teman itu tidak boleh ada kata ga enakan ketika proses evaluasi diri dan tim

Proses evaluasi ada tiga, yaitu evaluasi mingguan, bulanan, tiga bulanan, dan tahunan. Ketika evaluasi diri dan tim, Anda harus dapat menghilangkan rasa tidak enak menegur, takut teman bisnis tersinggung, dan seterusnya. Itu dapat diminimalisir dengan cara komunikasi yang baik.

Konflik dalam proses bisnis itu wajar dan bagus malah kalau dapat di manage dengan baik. Konflik yang bersifat menjatuhkan atau menghancurkan itu yang harus dihindari atau sangat diminimalisir. Adanya konflik mengindentifikasikan bahwa bisnis Anda bergerak, tumbuh, maju atau mundur, dan seterusnya.

Baca juga: Manfaat Silaturahmi Dalam Dunia Bisnis

Jangan sampai konflik yang tidak dapat di manage dengan baik, merusak hubungan pertemanan Anda. Semua masalah bisa diselesaikan kok dengan kepala dingin, komunikasi yang baik, dan masing-masing individu berusaha mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah.

Semoga ketujuh tips cara sukses bisnis bersama teman di atas, dapat bermanfaat. Jika Anda memiliki masukan atau pendapat yang berbeda. Mohon sampaikan masukan Anda melalui form kotak komentar di bawah artikel ini. Tulisan tentang tips berbisnis lainnya dapat Anda baca pada halaman berikut ini.

Suka dengan artikel di atas? Bagikan juga tulisan ini melalui sosial media Facebook, Twitter, Google Plus, Path, dan LinkedIn untuk teman-teman Anda yang baru memulai usaha.

Jika Anda menginginkan artikel dari blog.situstarget.comsetiap minggunya. Daftarkan email Anda di kotak form yang ada di bawah artikel ini. Masukan nama lengkap dan email Anda, tim kami akan mengikrimkan artikel terbaik di blog.situstarget.com rutin melalui email Anda.