Black Hat SEO vs White Hat SEO Mana yang Lebih Aman dari Penalty Google? Dan Mana yang Bisa untuk Jangka Panjang?

Memiliki sebuah website dalam hal ini adalah WordPress merupakan salah satu cara yang bisa anda manfaatkan sebagai media untuk menyalurkan hobi menulis anda atau sebagai salah satu pekerjaan yang menghasilkan.

Karena tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini banyak sekali iklan-iklan yang dapat bekerja sama dengan beberapa halaman website yang sudah memiliki ribuan pengunjung setiap harinya.

Perlu anda ketahui bahwa mendapatkan traffic pengunjung yang tinggi memang bukanlah hal yang mudah dan cepat untuk diwujudkan. Tingginya pengunjung pada website anda tentunya memiliki dampak positif yang bisa langsung anda rasakan seperti meningkatnya popularitas website dan juga peningkatan dari segi pendapatan anda.

Dibutuhkan konsistensi dan kesabaran dalam mengelola website anda dan membuat konten-konten yang mampu menarik minat pembaca. Sehingga untuk membantu mengoptimalkan jumlah pengunjung tersebut, anda bisa mempelajari sistem SEO atau Search Engine Optimization sebagai salah satu penunjang utama dalam jumlah pengunjung website anda.

Tetapi seiring dengan berjalannya waktu yang disertai dengan perkembangan pesat dalam dunia digital, maka saat ini terdapat sebuah istilah yang dikenal dengan black hat SEO dan white SEO yang ternyata cukup berpengaruh pada website anda. Sehingga penting untuk anda memahami kinerja dari sebuah sistem yang memiliki perbedaan pendekatan tersebut.

Memahami Cara Kerja Black Hat SEO

Pada dasarnya SEO merupakan sebuah sistem yang dapat anda manfaatkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung di halaman website anda melalui kata kunci atau meta deskripsi yang anda gunakan pada setiap konten yang anda buat.

Terdapat sebuah sistem pada mesin pencari misalnya Google yang akan menempatkan konten anda pada daftar teratas hasil pencarian ketika anda tepat melakukan teknik SEO ini.

Selain itu anda juga bisa menambahkan kata kunci yang anda pergunakan di judul konten yang anda tulis. Biasanya penggunaan keyword ini tetap disesuaikan dxengan rangkaian kalimat sehingga tidak terdapat kesan pemaksaan penggunaan kata kunci.

Cara tersebutlah yang merupakan metode white SEO karena merupakan cara yang lumrah digunakan dan tidak menyalahi kode etik apapun. Tetapi ada saja pengguna website yang menggunakan SEO dengan metode-metode yang kurang baik dan tidak sepantasnya untuk dilakukan.

SEO Putih vs SEO Hitam

Sehingga dalam dunia digital metode ini biasanya disebut dengan black hat SEO. Biasanya seseorang yang menggunakan metode ini akan secara sengaja meletakkan beberapa kata kunci yang telah di ranking pada satu konten.

Sehingga konten tersebut terkesan memiliki relevansi dengan semua topik yang menggambarkan kata kunci. Pada beberapa kasus tak jarang sistem mesin pencari berhasil melacak kejanggalan ini dan memberikan penalty atau hukuman pada konten tertentu.

Alhasil konten tidak dapat diakses oleh publik karena isinya yang tidak terlalu sesuai dengan seluruh kata kunci yang digunakan. Pada kasus yang lebih parah lagi, biasanya mesin pencari akan melakukan pemblokiran pada website yang seringkali terdeteksi melakukan metode yang tidak etis ini.

Selain itu, penggunaan metode black hat SEO akan memberikan dampak buruk lainnya yang dapat lebih buruk dari sekedar pemblokiran website. Berikut beberapa dampak buruk yang bisa dialami oleh sebuah website ketika pengelolanya menerapkan metode ini, diantaranya memperburuk peringkat website.

Situs Rentan Terkena Penalty dari Google Saat Menggunakan Black Hat SEO

Seperti yang anda ketahui bahwa mesin pencari pada dasarnya bekerja mengikuti sistem algoritma yang telah dirancang sedemikian rupa untuk meminimalisir kesalahan.

Pada umumnya seluruh mesin pencari ingin menampilkan data-data atau informasi-informasi yang berkualitas dan selalu terbaru. Oleh karena itu biasanya konten yang teratas akan selalu berkaitan erat dengan kata kunci yang anda cari.

Tetapi ketika pengelola website menggunakan tekni black hat SEO ini, maka bisa saja kontennya tidak akan muncul pada daftar teratas lagi sebab ada beberapa ketidaksesuaian antara isi konten dan kata kunci yang terdeteksi oleh mesin pencari.

Dapat menghilangkan traffic pengunjung. Pada umumnya dalam jangka waktu tertentu mesin pencari akan selalu melakukan pembaharuan algoritma dan sistem yang dilakukan secara teratur.

Hal ini dapat berdampak buruk pada website yang menggunakan teknik ini karena kemungkinan besar akan terkena hukuman dari sistem terbaru yang digunakan.

Sehingga seringkali ditemui traffic pengunjung yang menurun drastis atau tiba-tiba hilang dalam waktu yang singkat karena mesin pencari telah melakukan pemblokiran akses ke halaman website anda.

Kualitas konten yang buruk. Pada dasarnya mengembangkan sebuah website membutuhkan waktu yang cukup lama karena membuat konten yang menarik dan berkualitas serta sesuai dengan kata kunci yang digunakan bukanlah hal yang mudah.

Tetapi bagi para pelaku black hat SEO, kualitas konten bukanlah hal yang dituju melainkan traffic pengunjung yang tinggi. Sehingga biasanya website-website tersebut memiliki konten yang sangat rendah dari segi kualitas sehingga tidak nyaman untuk dibaca.

Cara Kerja SEO Si Topi Hitam

Bagi anda yang masih sedikit bingung dalam memahami cara kerja black hat SEO ini maka kali ini akan diberikan sedikit perumpamaan yang mudah untuk anda pahami.

Pada dasarnya anda bisa memposisikan diri sebagai pemilik dan pengelola dari dua buah website toko online yang sama-sama membahas mengenai peralatan olahraga. Di website A dengan metode white SEO yang membahas tentang peralatan olahraga anda berikan konten-konten yang memuat berbagai informasi terkini sesuai fakta, beberapa review dan testimoni sungguhan, dan data-data pendukung lainnya.

Sehingga jumlah konten anda di website A ini lebih sedikit secara kuantitas tetapi memiliki informasi yang lebih detail.  Sedangkan pada website B dengan metode black hat SEO yang juga menggunakan peralatan olahraga sebagai tema pembahasan utama tidak memberikan konten-konten yang dapat dipertanggungjawabkan.

Sehingga pada keseluruhan konten anda hanya akan memasukkan kata kunci sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan kesesuaian bahasan dan kalimat yang dipergunakan.

Selain itu anda mungkin juga akan meletakkan komen spam pada blog lain yang akan mengarah pada laman website B ini. Selain itu anda juga bisa saja membeli tautan yang tidak dapat dipertanggungjawaban dari website lainnya.

Pada akhirnya, dalam proses perjalanannya website B mungkin saja akan memiliki jumlah pengunjung yang lebih banyak setiap harinya. Tetapi jumlah pengunjung tersebut cenderung fluktuatif karena pengunjung akan merasa salah tujuan website karena tidak ada informasi penting yang bisa didapatkan.

Sementara itu pengunjung pada website A anda akan lebih sedikit tetapi jumlah peningkatannya akan jauh lebih stabil karena informasi yang anda berikan benar-benar jelas.

Berbagai Metode SEO dengan “Ilmu Hitam” Yang Harus Dihindari

Jika anda ingin membuat sebuah website yang berkualitas dan memiliki kredibilitas yang baik, maka anda perlu menghindari penggunaan metode black hat SEO. Berikut beberapa taktik metode yang tidak etis ini yang sering dipergunakan, diantaranya :

1. Metode Keyword Stuffing

Metode ini memiliki nama lain sebagai metode penjejalan kata kunci. Sebagai contoh, ketika anda menulis sebuah konten berupa artikel yang membahas mengenai sepatu lari, maka anda akan memasukkan kata kunci sebanyak-banyaknya di setiap kalimat yang anda tulis.

Meskipun kalimat tersebut tidak bersinkronisasi dengan baik dengan kata kunci, tetap saja anda sisipkan kata kunci di dalamnya. Hal ini justru membuat pembaca anda merasa sangat tidak nyaman dengan artikel yang anda suguhkan.

Mesin pencari bekerja berdasarkan seringnya kata kunci dipegunakan, tetapi tetap saja cara ini sangat tidak etis diaplikasikan jika anda menginginkan kualitas artikel yang baik. Sehingga pastikan untuk menggunakan kata kunci dengan bijak dantidak berlebihan.

2. Salah Memilih Tempat Membeli Backlink

Salah satu hal yang menggambarkan kualitas sebuah halaman website adalah banyaknya backlink yang dimiliki oleh situs tersebut. Backlink sendiri merupakan sebuah sistem dimana website lainnya menautkan link anda dengan tujuan untuk memberikan informasi yang lebih lengkap kepada pembaca dengan mengarahkan kembali ke website anda.

Sistem penautan kembali ini juga menjadi salah satu kriteria yang digunakan oleh mesin pencari untuk menempatkan sebuah website dalam daftar teratas dari hasil pencarian.

Tetapi para pelaku black hat SEO memanfaatkan hal ini dengan tidak baik yakni menggunakan layanan penempatan link website pribadi pada website lainnya. Hal ini bisa berujung kepada pemblokiran website karena banyaknya tautan balik yang dianggap spam oleh mesin pencari.

3. Melakukan penjiplakan konten

Metode ini merupakan teknik black hat SEO yang paling buruk dan merugikan pengguna website lainnya. Sebab para pelaku teknik ini akan menjiplak beberapa konten dengan jumlah pengunjung terbanyak.

Setelah itu, kontenyang dijiplak hanya akan dirubah secukupnya sehingga memiliki sedikit perbedaan. Tetapi secara umum pembahasan artikel tidak ada yang diubah sehingga hal ini tentunya merugikan penulis asli konten.

Anda tetap bisa menulis konten dengan menggunakan tema yang sudah pernah dibahas tetapi dengan alur dan cara pembahasan yang berbeda.

4. Menerapkan Markup Skema

Sebenarnya metode ini umum dipergunakan sebagai salah satu metode white SEO jika pergunakan dengan bijak dan benar. Markup skema sendiri merupakan sebuah kode unik yang anda sisipkan pada artikel anda.

Sehingga nantinya mesin pencari akan memahami isi konten anda dengan baik dan meletakkannya pada daftar teratas di hasil pencarian. Tetapi ketika metode ini digunakan pada meta deskripsi yang disertai dengan pemaksaan keyword maka tentunya sudah berubah ke arah black hat SEO.

5. Mengatur Web Rings

Teknik ini merupakan salah satu black hat SEO yang paling menyalahi kode etis. Dimana pelakunya akan bekerja sama dengan beberapa website yang akan membentuk sebuah lingkaran tautan.

Sehingga disetiap website anda akan diarahkan kembali ke website awal atau website lainnya yang berada di dalam lingkaran. Sehingga sulit untuk anda menjangkau situs web yang benar-benar berkualitas jika sudah masuk ke dalam lingkaran ini.

6. Melakukan spam komen

Merupakan salah satu taktik black hat SEO yang paling umum dilakukan. Anda akan menemukan jenis komen ini di halaman blog anda, biasanya disertai dengan tautan yang akan mengarahkan anda pada link website yang memanfaatkan metode ini. Meskipun bisa sedikit bermanfaat, kehadirannya terkadang mengganggu pengguna website lainnya.

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa menerapkan black hat SEO hanya akan mendatangkan kerugian pada website yang sudah anda kelola dengan susah payah.

Oleh karena itu sebaiknya gunakan metode-metode white SEO yang lebih aman dan juga menjanjikan. Demikian artikel ini, semoga memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.