Apakah Anda merencanakan untuk memulai bisnis dalam waktu dekat ini? Anda sudah memiliki ide-ide bagus namun belum menemukan cara untuk menerapkannya dalam strategi yang sukses?
Banyak orang tidak ragu berbisnis, tanpa perencanaan. Akhirnya mereka melakukan kesalahan kolosal. Oleh karenanya sebelum memulai bisnis, Anda harus memiliki tujuan, baik berupa konsep dalam pemikiran maupun tertulis dalam selembar kertas.
Mengkaji risiko, merekrut orang terbaik, serta menentukan bujet. Jalan termudah untuk memulai bisnis adalah mendapatkan pengetahuan lebih jauh serta memiliki motivasi.
Baca juga: Berniat Memanfaatkan Bakat? Ini 7 Tips Mengubah Passion Menjadi Rupiah yang Bisa Anda Coba
Membaca buku wajib pengusaha dan motivasi diri akan banyak membantu. Apakah Anda baru akan memulai bisnis ataukah seorang pebisnis pemula, tidak ada salahnya untuk selalu memperbaiki diri.
Saat Anda menjadi seorang pebisnis, selalu ada berbagai aspek yang bisa diperbaiki, dari mengubah mindset hingga pendekatan bisnis. Dari tips marketing hingga bagaimana cara berkomunikasi lebih efektif.
Semua bisa bermanfaat bagi karier Anda sebagai seorang pengusaha. Berikut adalah buku-buku yang banyak mendapatkan pujian serta direkomendasikan oleh banyak orang, situs, dan blog.
Tidak hanya terkenal, namun isinya juga tak lekang oleh waktu.

1. How to Win Friends & Influence People [in the Digital Age] by Dale Carnegie

Carnegie mengklaim bahwa pelajaran yang disampaikannya dalam buku klasik ini, berasal dari kehidupan orang-orang seperti Abraham Lincoln serta dari psikologi modern yang akan membantu Anda bisa lebih disukai dan persuasif.
Selain itu buku wajib pengusaha ini telah membawa ribuan tokoh-tokoh terkenal mencapai tangga kesuksesan, baik dalam bisnis mereka maupun kehidupan pribadinya.
Sejauh ini isi buku ini masih tetap relevan, prinsip-prinsip Dale Carnegie masih bertahan, dan akan membantu Anda mencapai kemampuan maksimal dalam era modern yang kompetitif dan kompleks ini.
Pelajari enam cara untuk membuat orang menyukai Anda, 12 cara untuk membuat orang memahami jalan pikiran Anda, serta 9 cara mengubah orang tanpa menimbulkan kebencian.

2.The 7 Habits of Highly Effective People: Powerful Lessons in Personal Change by Stephen R. Covey

Seperti yang termaktub dalam judulnya, Covey telah meringkas perilaku efektif dalam tujuh kebiasaan yang harus dikembangkan oleh semua orang, agar bisa lebih sukses.
Sebagai contoh, setiap orang harus menjadi lebih proaktif dan selalu mencoba meraih kemenangan dengan win-win solution.
Buku bestseller ini, menjadi buku paling menginspirasi yang pernah ditulis, selama 25 tahun berselang. Buku ini telah mengubah seorang presiden direktur, CEO, para pendidik, maupun para orang tua, singkatnya jutaan orang dari segala usia dan profesi.

3.Think and Grow Rich by Napoleon Hill

Buku perbaikan diri dari Napoleon Hill ini, sangat terinspirasi oleh nasehat Andrew Carnegie, yang merupakan orang terkaya di dunia.
Selain judulnya, buku ini fokus tidak hanya pada bagaimana meningkatkan pendapatan Anda, namun juga bagaimana bisa sukses dalam bisnis apapun.
Dengan sudut pandang unik dari seorang pengusaha yang luar biasa sukses, tidak mengherankan bila sedikitnya buku ini telah terjual 100 juta kopi di seluruh dunia.

4. The Lean Startup: How Today’s Entrepreneurs Use Continuous Innovation to Create Radically Successful Businesses by Eric Ries

Banyak ide-ide bisnis saat ini kurang cukup bagus untuk dapat bersaing dengan kondisi perusahaan yang ada saat ini. Banyak orang berani mengambil risiko konyol, mereka tidak memikirkan konsekuensinya, dan akhirnya harus kehilangan uang yang bukan miliknya.
Salah satu kendala yang harus Anda hadapi dalam membangun bisnis milik Anda adalah mengatur cash flow. Anda tentunya mengenal ungkapan, “Uang adalah raja”.
Baca juga: Business Model Canvas untuk Penggiat Startup Indonesia
Tidak ada seorangpun yang bisa menjelaskan sebaik buku ini, tentang pentingnya manajemen cash flow bagi seorang pengusaha baru.
Lean Startup adalah buku yang dirancang bagi Anda sebagai petunjuk untuk bisa melalui berbagai perubahan saat membangun bisnis baru.
Buku ini akan mengajarkan Anda bagaimana mengatur bujet secara efektif, memberikan kebebasan berinovasi, serta membuka jalan bagi Anda di dunia bisnis.
Jika Anda menginginkan bisnis Anda bisa berkembang, Anda harus memiliki manajemen bujet yang efektif dan akurat.

5. The Personal MBA: Master the Art of Business by Josh Kaufman

Personal MBA menganggap bahwa sekolah bisnis hanyalah membuang waktu dan uang. Buku ini menawarkan alternatif sebuah sekolah bisnis dan berbagi pelajaran bisnis yang berharga.
Dalam buku Personal MBA ini, Josh Kaufman berbagi strategi yang esensial tentang penjualan, marketing, negosiasi, dan banyak lagi.
Pemimpin sebenarnya tidak dilahirkan dari sekolah bisnis, melainkan membentuk diri sendiri, mencari pengetahuan, skill, dan pengalaman yang mereka butuhkan untuk bisa sukses.
Bacalah buku yang menjadi buku wajib pengusaha ini dan dalam seminggu, Anda akan mempelajari prinsip-prinsip yang bagi sebagian besar orang, membutuhkan waktu seumur hidup untuk bisa menguasainya.

6. Peter Principle: Why Things Always Go Wrong, by Laurence J. Peter and Raymond Hull

The Peter Principle adalah sebuah buku yang luar biasa, yang membantu para pebisnis untuk memahami bahwa tidak ada model bisnis yang seratus persen aman dan sukses.
Kegagalan bisa saja terjadi di luar perkiraan Anda sebelumnya dan sebagai pebisnis harus menyadari kenyataan ini. Bekerja sama dengan orang yang bisa membantu dan tepercaya, merupakan hal yang fundamental untuk mencapai sukses.
Karyawan menjadi hal yang paling penting, ibarat perekat yang mempertahankan perusahaan Anda bersama-sama. Jadi agar Anda bisa unggul dalam kompetisi dan mencapai profit maksimal, Anda harus merekrut orang-orang terbaik.

7. The 4-Hour Workweek: Escape 9-5, Live Anywhere, and Join the New Rich, by Tim Ferris

Buku yang diterbitkan tahun 2007 ini, menggunakan pendekatan yang inovatif dalam mengatur gaya hidup bisnis dan pribadi Anda.
Sebagai buku bisnis yang paling banyak dibicarakan, buku ini telah banyak memberikan pengaruhnya pada kehidupan para pebisnis.
Baca juga: 9 Tips Membangun Bisnis Meskipun Sambil Bekerja
Lupakan konsep lama tentang rencana pensiun, karena Anda tidak perlu menunggu untuk pensiun lagi, khususnya saat kondisi ekonomi tidak dapat diprediksi lagi seperti saat ini.
Jika impian Anda adalah bisa bepergian keliling dunia kelas atas, mendapat penghasilan bulanan tak terbatas, atau hanya menikmati hidup dan tidak perlu lagi bekerja keras, buku inilah jawabannya.