Tips Cara Aman Kirim Emas Batangan

Bro Robi, jika saya ingin membeli atau menjual emas dengan pembeli atau penjual yang beda daerah atau masih satu daerah.

Cara pengiriman emas atau perak yang aman bagaimana ya? Soalnya di kota atau daerah saya, masih sedikit toko emas atau toko emas yang saya percaya, jaraknya jauh dari tempat tinggal saya.

Artikel ini menyambung tulisan saya sebelumnya, yang berjudul hindari pengiriman emas dengan cara ini.

Saya akan berbagi informasi mengenai cara aman mengirim emas dan perak kepada Anda.

Sambil seruput kopi, Anda bisa sambil membaca semua tulisan yang ada di blog ini. Hehe 🙂

Jika Anda ingin membeli emas atau perak secara online. Silahkan baca tulisan saya sebelumnya.

Pada artikel yang berjudul cara mengetahui toko emas online terpercaya. Untuk pengiriman emas dan perak sendiri ada tiga cara yang biasanya dilakukan, yaitu:

1. Pengiriman dengan Metode Self Service

Kirim emas dengan cara COD atau bertemu langsung
Pertama metode self service alias butuh tenaga yang kita keluarkan untuk bertemu penjual atau pembeli emas dan perak.

Metode ini disebut COD (Cash On Delivery). Sebenarnya metode COD ini sama seperti ungkapan ada uang, abang disayang, ga ada uang, abang ditendang. #Eeh!

Maaf salah… Maksud saya ada uang, ada barang. Ibaratnya kita tidak perlu datang ke toko si penjual untuk membeli emas atau perak.

Tinggal kita bertemu di lokasi yang tengah-tengah. Untuk bertransaksi antara penjual atau pembeli. Penjual membawa barang atau emas dan peraknya. Sedangkan pembeli membawa uang cash.

Jika pembelian emas dalam kuantitas yang sedikit. Metode COD ini boleh saja dipakai. Tapi klo emas yang dibeli dalam jumlah banyak atau dalam ukuran besar.

Metode ini sangat rawan sekali untuk dilakukan karena alasan keamanan. Saran saya, jika Anda ingin COD lebih baik ajak teman, jika Anda baru pertama kali melakukan transaksi dengan penjual atau pembeli.

2. Kirim Emas Melalui Karyawan Toko Emas

Pengiriman emas dari karyawan toko emas
Pengiriman emas dan perak cara yang kedua yaitu dengan melalui karyawan penjual dari toko emas, tempat Anda membeli emas atau perak.

Saat ini, layanan antar dan jemput untuk pembelian dan penjualan emas dan perak di beberapa toko emas sudah banyak bisa Anda jumpai.

Anda dapat membeli emas dari sebuah toko emas yang Anda percaya. Dan emas yang Anda beli di antar oleh karyawan toko emas tersebut ke rumah Anda. Ada yang mensyaratkan pembayaran terlebih dahulu.

Pada pilihan pertama ini, baiknya Anda baca juga tulisan saya yang berjudul Cara Mengetahui Toko Emas Online Terpercaya.

Bagi penjual biasanya mereka sudah memiliki karyawan yang amanah untuk mengatar dan menjemput emas dan perak ke pelanggan mereka.

Ada juga toko emas yang memperbolehkan pembayaran dilakukan ketika emas sudah diantarkan ke rumah Anda. Artinya bayar di rumah Anda.

Asik kan? 😀

3. Kirim Emas Melalui Pihak Ekpedisi

Kirim emas melalui RPX Logistic
Cara aman pengiriman emas dan perak selanjutnya adalah dengan menggunakan layanan dari pihak ketiga.

Pihak ketiga di sini maksud saya adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman barang yang mendukung pengiriman emas dan perak.

Pada pilihan ketiga ini, carilah perusahaan yang amanah, profesional, terpercaya, serta memiliki perlindungan atau proteksi asuransi.

Adapun perusahaan yang mendukung pengiriman emas dan perak. Salah satunya adalah RPX Holding, Pos Indonesia, dan JNE.

Karena penggunaan layanan dari pihak ketiga ini. Anda dikenakan biaya tambahan untuk pengiriman barang.

Besaran biaya bervariasi, tergantung dari berat barang, jarak kota tempat pengiriman, dan nilai asuransi barang.

Ya, kurang lebih itulah tiga macam cara pengiriman emas dan perak yang aman. Baca juga artikel saya yang berjudul Waspadai Peredaran Emas Palsu.

Selamat Berinvestasi! 😀