Tips Menghapus File Rahasia di Komputer dengan Aman

Perusahaan menengah-besar pada umumnya memiliki alat penghancur kertas yang bernama paper shredder. Karyawan yang salah printout kertas misalnya kesalahan ketik (typo) pada nama, alamat, maupun hal-hal terkait isi dari sebuah surat resmi perusahaan.

Kertas yang salah tadi akan langsung dihancurkan menjadi potongan kecil-kecil oleh alat yang bernama paper shredder tadi. Tujuannya tidak lain agar orang yang tidak bertanggung jawab, tidak dapat menyalahgunakan, meniru, memodifikasi, menggali informasi penting yang terdapat pada isi surat, baik sebagian maupun secara keseluruhan.

Tidak hanya terkait penghancuran dokumen surat menyurat saja paper shredder dipergunakan. Hal-hal penting lainnya seperti kertas kwitansi, laporan keuangan, dan dokumen kantor lainnya yang menggunakan media kertas juga dapat dihancurkan jika sudah tidak lagi dibutuhkan atau tidak terpakai.

Tahukah Anda bahwa ada salah satu teknik hacking yang memanfaatkan kertas yang dibuang oleh perusahaan tertentu? Ya, sang hacker menggali informasi penting mengenai sebuah perusahaan tertentu melalui tumpukan kertas yang dibuang oleh perusahaan ke tong sampah tanpa proses penghancuran kertas menjadi bagian kecil yang berkeping-keping tadi.

Baca juga: Cara Mematikan Komputer Melalui Smartphone

Informasi yang dikumpulkan bisa menjadi semacam peta petunjuk mengenai sebuah perusahaan, proses bisnis mereka, data klien, dan hal-hal penting dan rahasia lainnya. Ilustrasi di atas merupakan gambaran bagaimana seharusnya apabila kita memiliki file penting yang bersifat rahasia, yang disimpan pada komputer pun perlu mendapatkan perlakukan khusus.

Terkadang kita merasa bahwa file yang telah dihapus dari recycle bin telah benar-benar dihapus padahal seseorang bisa dengan mudah melakukan restorasi file yang dihapus dengan bantuan aplikasi tertentu. Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menghapus file penting dan rahasia dengan aman.

File-file dalam ukuran kecil (memiliki ukuran yang kecil) seperti gambar, dokumen, atau apapun itu akan mudah di recovery oleh orang lain. Cara menghindarinya yaitu dengan menghapus file rahasia tersebut dengan bantuan beberapa aplikasi di bawah ini. Sehingga sulit dan hampir mustahil untuk di recovery kembali.

1. Menghapus File Secara Aman Menggunakan CCleaner Pro

Salah satu aplikasi yang dibilang cukup terkenal dikalangan pengguna windows tidak lain, yaitu CCleaner. Berbeda dengan versi yang gratisnya. CCleaner Pro menawarkan fitur file recovery.

Mungkin saja Anda menghapus file penting tidak sengaja. Lalu bingung bagaimana mengembalikannya lagi setelah dihapus dari recycle bin. Maupun ingin menghapus file rahasia secara aman.

CCleaner Pro mampu melakukannya untuk Anda. Harga dari aplikasi CCleaner Pro itu sekitar $35 atau dikurs ke rupiah per tanggal 5 Januari 2017 sekitar Rp. 467.250 (kurs Bank BCA Rp. 13.350,-).

2. Menghapus File Rahasia Secara Aman Menggunakan Aplikasi WipeFile

Aplikasi kedua yang bisa Anda gunakan untuk menghapus file rahasia secara aman, yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bernama WipeFile. Aplikasi ini bisa dipergunakan untuk menghapus file dan folder rahasia secara aman dan cepat.

Baca juga: Tips Menjaga Privacy Akun Facebook yang Wajib Anda Ketahui

Ada beberapa metode penghapusan yang bisa Anda pergunakan. Misalnya saja two US Navy standards, the standard of the US Department of Defence, US Airforce dan the NATO. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang berbayar. Aplikasi ini berlisensi freeware dan bersifat portabel.

3. Menghapus File Sensitif dengan Aman Menggunakan Zer0 dan File Shredder

Aplikasi berikutnya yaitu Zer0. Aplikasi dengan tampilan sederhana namun memiliki kemampuan high level of security. Di situs resminya tercantum tulisan bahwa hingga saat ini belum ada pengguna yang melaporkan bahwa file yang telah dihapus menggunakan Zer0 dapat di recovery kembali.

File Shredder juga menawarkan kemampuan yang sama, yaitu menghapus data-data penting secara aman dari komputer. Sehingga orang lain tidak bisa me-recovery file yang telah dihapus dari recycle bin. Size aplikasi yang satu ini hanya 2,33 MB saja. Kecil-kecil tapi cabe rawit lho.

4. Menghapus File Sangat Amat Rahasia Pake Banget dengan Aman

Terakhir ini yaitu cara menghapus file sangat amat rahasia pake banget dengan aman klo sebelumnya kita menggunakan bantuan dari beberapa software. Ada salah satu teknik yang ampuh juga untuk menghapus file yang sangat amat rahasia, yaitu dengan cara menghancurkan media penyimpanan datanya.

Baca juga: Tips Print Dokumen dari Halaman Belakang ke Depan

Maksudnya adalah menghancurkan media penyimpanan datanya secara fisik. Misalnya harddisk, yasudah berarti media penyimpanan data tersebut dibakar atau dihancurkan hingga berkeping-keping. Cara ini juga menjadi pilihan di luar negeri untuk menghancurkan data/file yang bersifat amat sangat rahasia pake banget. Haha.  😆

Dari keempat metode atau cara menghapus file rahasia dengan aman, mana pilihan yang Anda sukai? Yuk bagikan tulisan di atas melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path.

Klik tombol share untuk membagikan tulisan di atas. Bagi Anda yang menyukai tulisan ini, tidak ada salahnya untuk bergabung dengan ribuan pembaca Situstarget.com.

Caranya yaitu dengan mendaftarkan nama lengkap beserta alamat email Anda di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Mereka yang mendaftar berkesempatan mendapatkan e-book dari Situstarget.com lho.