Tata Cara Beli Emas di Kantor Pegadaian

Belajar investasi itu tidak mengenal usia, semakin muda semakin lebih baik. Tantangan kebanyakan anak muda ada pada penghasilan mereka. Tapi tahukah Anda orang dewasa juga mengalami tantangan yang sama.
Kalau Anda bisa terhubung dengan koneksi internet dan membaca blog TheGold.Asia ini, selama itu juga Anda memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Sekarang dengan media online seperti youtube, facebook, twitter, instagram, whatsapp, bbm bisa dijadikan alat marketing untuk jualan online.
Pembahasan di atas insyaallah kita bahas pada artikel berikutnya ya. Sekarang kita bahas topik yang sesuai dengan judul, yaitu cara beli emas di kantor pegadaian. Salah satu produk yang ditawarkan oleh kantor pegadaian adalah tabungan emas, arisan emas, dan jual beli emas.
Ada tiga poin, pembahasan kali ini lebih kepada poin ketiga, yaitu mengenai tata cara beli emas melalui kantor pegadaian. Hal-hal yang perlu Anda siapkan sebelum membeli emas dari kantor pegadaian diantaranya membawa KTP atau kartu identitas lainnya dan uang tunai sesuai dengan emas yang Anda ingin beli (cek terlebih dahulu harga emas terkini di pegadaian melalui website resmi mereka).
Baca juga: 9 Cara Menjual Kembali Emas Perhiasan
Harga terbaru dari emas yang dijual oleh kantor pegadaian dapat Anda cek melalui website resmi di www.pegadaian.co.id. Pada halaman website di sebelah kiri terdapat informasi harga emas pegadaian. Informasi  yang tersedia pada tabel harga emas, yaitu denominasi: emas 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 1 kilogram; harga dasar; buyback; dan tanggal update dari harga emas.
Tahap pertama setelah Anda mengetahui harga terkini emas dan lokasi kantor pegadaian yang terdekat dari tempat Anda. Berikutnya Anda bisa ke loket tempat pembelian emas, selanjutnya petugas akan memberitahukan harga dasar emas yang kita inginkan dan margin keuntungan yang diperoleh oleh pihak pegadaian. Kemudian Anda tinggal membayar sesuai dengan harga yang diberikan oleh petugas.
Selanjutnya petugas akan meminta Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu identitas lainnya untuk dicatat pada tanda terima atau kwitansi tanda bayar. Pada kwitansi tanda bayar ditandatangani oleh petugas dan Anda sebagai pembeli. Anda akan diberi kwitansi yang asli dan lembar kedua akan disimpan oleh petugas sebagai arsip pegadaian.
Baca juga: Aplikasi Ponsel Pintar untuk Update Harga Emas Terkini
Tahap akhir, emas (termasuk sertifikat keaslian emas) yang anda beli dan kwitansi bukti pembelian akan diserahkan oleh petugas. Apabila Anda hendak ingin menjual emas kembali ke kantor pegadaian, bukti berupa kwitansi pembelian emas dari pegadaian perlu Anda bawa. Prosesnya beli emas di pegadaian tidak lama, kurang dari lima menit Anda sudah bisa membawa pulang emas yang Anda inginkan.

Bantu sebarkan tulisan di atas apabila Anda mendapatkan manfaat dari tulisan ini melalui sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path untuk teman-teman Anda yang ingin atau baru mau memulai untuk investasi emas.
Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari TheGold.Asia? Masukan alamat email dan nama lengkap Anda melalui kotak berlanggan artikel di bawah tulisan ini. Setiap minggunya tim kami akan mengirimkan artikel terbaru dari TheGold.Asia melalui email Anda.